Cara Cepat Memblokir Hp yang Hilang Dicuri Pakai Aplikasi

Bagaimana cara memblokir Hp yang hilang karena dicuri ? Hp hilang karena dicuri memang sangat merugikan. Selain rugi secara materil, kamu juga akan mengalami kerugian lainnya seperti kehilangan data kontak penting, tak bisa mengakses pesan atau email, dan kebocoran privasi karena foto, video, dan akun rekening bank yang sifatnya rahasia tersimpan di dalam Hp tersebut. Bagaimana caranya memblokir Hp yang hilang dengan cepat? Cara yang paling cepat adalah dengan bantuan aplikasi. Aplikasi apa itu?

Cara Memblokir Hp yang Hilang dengan Android Device Manager

Android Device Manager adalah aplikasi berbasis web yang disediakan Google untuk memudahkan pengguna Android untuk mencari perangkatnya yang hilang. Android Device Manager bisa digunakan untuk mencari smartphone, tablet, atau Wearable Gadget dengan sistem operasi Wear OS. Android Device Manager punya fitur unggulan bernama Find My Device. Dengan fitur ini, kamu bisa melacak perangkat Androidmu di seluruh dunia, mengunci perangkat, dan menghapus semua data di dalam Hp dari jarak jauh.

Cara Memblokir Hp yang Hilang

Sebelum menggunakan Find My Device, kamu harus terlebih dulu memasang aplikasi Android Device Manager di Hp. Maka dari itu, ada baiknya kamu pasang aplikasi ini sebelum Hp kamu hilang dicuri. Setelah aplikasi diinstal, kamu bisa menambahkan akun Google ke aplikasi tersebut dan biarkan fitur Find My Device aktif. Supaya Hp kamu bisa dilacak lewat fitur Find My Device, ada beberapa kondisi (persyaratan) yang harus dipenuhi yaitu:

  • Hp harus dalam keadaan nyala (aktif/ON)
  • Aplikasi Android Device Manager sudah terdaftar disinkronisasi dengan akun Google di Hp Androidmu
  • Hp terhubung ke jaringan internet baik selular maupun WiFi
  • Status Hp terdaftar di Google Play, atau bisa mengakses Google Play
  • Fitur GPS aktif
  • Fitur Find My Device aktif.

Oleh karena itu, untuk mencegah Hp kamu hilang dan semua data-data pribadimu bisa diakses bebas orang lain, lebih baik pasang aplikasi Android Device Manager di Hpmu. Setelah itu, pastikan fitur aplikasi sudah disinkronisasi dengan akun Google dan biarkan fitur Find My Device. Jangan lupa untuk memastikan fitur GPS selalu aktif.

Cara Memblokir Hp dengan Find My Device (Dari Browser)

Selain bisa melacak posisi Hp, fitur Find My Device juga bisa digunakan untuk mengunci Hp dan menghapus semua data di dalam Hp Androidmu dari jarak jauh. Kamu bisa melakukan itu semua dari browser di laptop atau PC. Jika Hp Androidmu hilang, ikuti langkah berikut ini:

  1. Dari browser, masuk ke alamat web www.android.com/find dan sign in ke akun Google yang ada di Hpmu. Catatan penting: Pertama, jika kamu punya lebih dari perangkat Android, sign in ke akun Google yang ada di Hp yang hilang. Kedua, jika Hp kamu yang hilang punya lebih dari satu akun Google, sign in ke akun Google utama
  2. Setelah Sign In, kamu bisa melihat posisi terakhir Hpmu melalui peta. Akurasi lokasi mungkin tidak tepat namun setidaknya kamu bisa mengetahui di mana posisi terakhir Hpmu
  3. Selain bisa melacak posisi terakhir Hp, kamu juga bisa melakukan 3 hal berikut ini: Pertama: membunyikan nada dering dari jarak jauh, ini artinya Hp kamu akan terus menerus berdering selama 5 menit, walaupun disetting dalam mode Silent atau Vibrate. Kedua: mengunci Hp dari jarak jauh, kamu juga bisa mengirim pesan ke pencuri melalui layar kunci. Ketiga: kamu bisa menghapus semua data di dalam Hp Android dari jarak jauh untuk mencegah kebocoran data atau privasi. Setelah semua data dihapus, fitur Find My Device tidak akan berfungsi lagi.

Cara Memblokir Hp yang Hilang

Cara Memblokir Hp dengan Find My Device (Dari Hp Lain)

Selain bisa dicari dari browser, kamu juga bisa melacak, mengunci, dan menghapus semua data di dalam Hp Android yang hilang dari Hp temanmu atau Hp keduamu. Berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi Find My Device atau Android Device Manager dari Hp temanmu (atau Hp keduamu)
  2. Setelah itu, sign in ke akun Google di Hp yang hilang, misalnya Hp yang hilang dan Hp keduamu memiliki akun Google yang sama tinggal klik Continue as (nama akunmu), namun jika kamu akses Find My Device dari Hp teman klik Sign in As Guest
  3. Setelah itu ikuti langkah yang sama seperti di poin nomor 2 di atas (cara blokir Hp dari Browser).

Cara Memblokir Hp yang Hilang dengan nomor IMEI

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. IMEI adalah nomor identitas unik setiap barang elektronik. Karena sifatnya unik, nomor IMEI setiap perangkat elektronik berbeda-beda, meskipun merk dan tipenya sama. Nomor IMEI juga bisa kamu gunakan untuk memblokir Hp lho. Sebelum memblokir Hp yang hilang dengan nomor IMEI, kamu harus tahu dulu bagaimana cara mengetahui nomor IMEI Hp.

Cara Memblokir Hp yang Hilang

Memang cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan mengecek nomor IMEI yang ada di dus pembelian (produk). Maka dari itu, usahakan jangan buang dus produk Hp yang kamu beli karena suatu saat pasti bermanfaat. Setelah kamu mengetahui nomor IMEI Hp yang hilang, segera hubungi layanan konsumen dari merk Hp yang kamu beli. Minta supaya mereka memblokir Hp dengan nomor IMEI yang kamu miliki kepada customer service yang melayanimu. Setelah diblokir, Hp kamu tidak akan bisa digunakan sama sekali, karena statusnya sudah terkunci oleh provider.

Cara memblokir Hp yang hilang dicuri di atas cukup mudah kamu lakukan. Namun tentunya kamu tak ingin dong Hp kesayanganmu dicuri begitu saja. Oleh karena itu tetap waspada di manapun kamu berada. Jangan keluarkan Hp saat di tengah keramaian. Lebih baik simpan Hp di saku baju atau diikat dengan tali pengaman supaya tidak mudah dicuri orang lain. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment