Review Nokia 5.3: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Terbaru

Nokia 5.3 adalah jawaban dari brand ponsel asal Finlandia akan eksistensinya di tahun ini. Seri ini merupakan penerus seri Nokia 5 yang dirilis sekitar tahun lalu. Nokia beberapa tahun lalu sempat tenggelam karena mereka belum mau beradaptasi dengan menggunakan sistem operasi Android. Namun, kesalahan tersebut dimaafkan dan Nokia kembali lagi dengan gebrakan baru yakni dengan smartphone Android. Kini Nokia sudah siap bertarung dengan brand-brand pesaingnya yang dulu pernah Nokia kalahkan dan kini malah merajai pasar ponsel.

Nokia 5.3

Nggak hanya sekedar muncul dengan sistem operasi Android, Nokia tampil dengan teknologi yang bersaing. Pada seri Nokia 5.3 ini, hadir dengan kamera dengan konfigurasi 4 kamera belakang. Seri 5.3 ini sudah bisa kamu dapatkan di e-commerce. Kamu penasaran dengan performa dan spesifikasi yang ditawarkan oleh Nokia 5.3? Pada kesempatan kali ini Sultan akan membahas smartphone terbaru Nokia yang baru saja dirilis di tahun 2020 ini. Ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga Nokia 5.3

Nokia seri ini masuk ke dalam jajaran smartphone kelas menengah. Hp satu ini dibekali dengan spesifikasi yang bersaing dengan kompetitornya. Smartphone ini dibekali dengan 4 buah kamera belakang dengan konfigurasi 13 MP (f/1.8), 5 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth sensor). Selain itu, untuk dapur pacunya, smartphone besutan Nokia ditenagai oleh chipset Snapdragon 665. Sebagai smartphone kelas menengah, harganya pun masih terjangkau. Apabila kamu tertarik dengan smartphone satu ini, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp 2,999,000.

Spesifikasi Nokia 5.3

Berikut ini spesifikasi lengkap Hp Nokia 5.3 terbaru.

ChipsetQualcomm Snapdragon 665
CPUOcta-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
RAM3GB, 4GB, 6GB
Memori Internal64 GB
Memori EksternalmicroSDXC
Kamera Depan8 MP, f/2.0, (wide)
Kamera Belakang13 MP, f/1.8, (wide), PDAF
5 MP, 13mm (ultrawide)
2 MP, (macro)
2 MP, (depth)
Format Video[email protected], [email protected]
Teknologi LayarIPS LCD Display
Ukuran Layar6.55 inci, 20:9
Resolusi LayarHD+, 1600 x 720 piksel
Dimensi164.3 x 76.6 x 8.5 mm
Berat185 g
Baterai4000 mAh
WiFiWLAN 802.11b/g/n/ac
BluetoothBluetooth 4.2
NFCYes
GPSGPS, AGPS, GLONASS, BDS
Audio JackYes, 3.5 mm Audio Jack Standard
Port2.0, Type-C 1.0 reversible connector

Ukuran dan Desain

Menurut perancangnya, Raun Forsyth, seri Nokia kali ini menggunakan desain bergaya Skandinavia. Desain smartphone satu ini mengutamakan craftsmanship dan juga kualitas. Hal ini bisa dibuktikan dari kenyamanan yang digenggam. Gaya smartphone ini sayangnya agak jadul dan lumayan ketinggalan zaman. Seri Nokia satu ini masih mengusung desain bodi dengan waterdrop yang mana merupakan desain yang populer beberapa tahun lalu. Untuk ukurannya, smartphone satu ini tergolong besar, meski ketebalannya cukup tipis. Bobotnya pun nggak terlalu berat. Hal ini karena ponsel ini menggunakan material plastik komposit pada bagian back cover-nya. Kalau bukan brand yang cukup legendaris, smartphone besutan Nokia ini, bagi Sultan nggak terlalu spesial.

Nokia 5.3

Spesifikasi Kamera Depan dan Belakang

Untuk kualitas kameranya, kamu nggak bisa berekspektasi tinggi mengingat ponsel ini masuk ke kelas menengah. Konfigurasi smartphone ini masih menggunakan sensor 13 MP f/1.8 untuk kamera utama, 5 MP f/2.4, 2 MP f/2.4, dan sensor 2 MP yang memiliki fitur bokeh. Ini yang membuat smartphone satu ini kurang greget.

Hasil kameranya kurang konsisten. Kamu akan melihat hasil kamera yang terlihat agak pucat. Selain itu, ketika di luar ruangan, foto yang dihasilkan akan kurang cerah ketika kamu membidik langit. Meski begitu, kamera ponsel ini bukan berarti nggak punya keunggulan. Kamera Nokia 5.3 ini mampu melakukan separasi antara objek utama dengan background.

Performa, Skor AnTuTu, dan juga Baterai

Untuk performanya, smartphone kelas menengah dari Nokia ini ditenagai dengan chipset kelas menengah yang cukup populer yakni Qualcomm Snapdragon 665 dengan konfigurasi prosesor octa-cote dengan 4-core Kryo 260 Gold 2GHz & 4-core Kryo 260 Silver 1.8 GHz yang dirancang dengan fabrikasi 11nm. Sementara itu untuk GPU-nya, chipset ini menggunakan GPU Adreno 610. Chipset ini sudah cukup mumpuni untuk kamu yang ingin mabar bareng PUBG atau pun Mobile Legends. Ketika diuji coba atau benchmark dengan AnTuTu v8, Nokia 5.3 menghasilkan skor sebanyak 171,000 poin.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.3

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan Nokia 5.3.

Kelebihan Nokia 5.3

  • Sistem Operasi Android one
  • Sensor NFC
  • Desain Stylish
  • Performa yang cukup memuaskan.

Kekurangan Nokia 5.3

  • Hasil kamera kurang memuaskan
  • Audio nirkabel belum mendukung standardisasi AAC
  • Kualitas layar kurang baik.

Kesimpulan

Sebagai smartphone kelas menengah Nokia 5.3 cukup memuaskan di segi performa. Namun, sayangnya beberapa aspek seperti kamera bagi Sultan, masih sangat kurang. Bagi kamu fans Nokia, smartphone ini sudah cukup lumayan meski ada kekurangan di beberapa aspek.

Leave a Comment