7 Penyebab Baterai Hp Cepat Habis & Cara Menanganinya

Baterai hp cepat habis pasti bikin kesel dong. Apalagi sekarang hp adalah salah satu perangkat yang penting untuk dibawa. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, hp juga berfungsi untuk mengusir rasa bosan. Karena peran hp yang sangat penting untuk aktivitas kita, tentu saja baterai hp yang cepat habis tentu akan sangat menggangu.

Untuk berjaga-jaga kadang beberapa orang juga sering membawa charger atau powerbank saat berpergian. Tentu saja ini tidak simpel bukan ? Membawa banyak peralatan sekaligus tentu merepotkan. Nah, buat kamu yang sering mengeluh kenapa baterai hpnya cepat habis padahal baru dicharge, berikut ini Sultan rangkum 5 penyebab baterai cepat habis.

1. Pemakaian yang Berlebihan

Penyebab utama kenapa baterai hp cepat habis adalah karena penggunaan yang berlebihan. Memakai hp terlalu berlebihan (overload) dan banyaknya aplikasi yang digunakan dalam waktu bersamaan bisa menguras baterai. Hal ini tentu akan membebani kinerja hp sehingga kapasitas baterai kamu akan terkuras habis dalam waktu cepat. Aplikasi berat seperti game akan menyedot baterai lebih banyak saat dimainkan. Oleh karena itu, kalau kamu suka main game, selalu siap sedia charger atau powerbank.

penyebab baterai hp cepat habis

2. Setingan Layar Terlalu Terang

Alasan kedua kenapa baterai cepat habis adalah karena kamu menyeting kecerahan layar terlalu tinggi. Menaikan level kecerahan layar mungkin dibutuhkan saat kamu ingin melihat layar dengan lebih jelas. Misalnya saat lihat layar di bawah sinar matahari. Namun, perlu diingat bahwa pengaturan kecerahan yang tinggi bisa menguras baterai dengan cepat. Oleh karena itu, jangan lupa kembalikan setingan kecerahan ke level standar untuk menghemat baterai hp kamu.

3. Pengisian Daya Kurang Optimal

Penyebab lain dari baterai cepat habis adalah karena sering menggunakan charger yang tidak sesuai kebutuhan. Menggunakan charger yang memiliki daya output lebih kecil dari kebutuhan hp membuat proses pengisian ulang daya kurang optimal. Akibatnya, baterai jadi cepat habis. Disarankan untuk menggunakan charger bawaan atau charger original yang sesuai dengan kebutuhan hp kamu.

4. Menggunakan Hp di Suhu Udara yang Panas

Cuaca dan suhu udara juga jadi penyebab baterai hp cepat habis dan hp cepat panas. Selain bisa menyebabkan hp dan baterai cepat panas, cuaca panas atau sorotan sinar matahari langsung bisa menguras baterai lebih cepat. Selain itu, suhu panas membuat kinerja hp jadi semakin berat. Komponen hp di dalam jadi cepat panas sehingga performa hp kurang maksimal.

5. Baterai Cepat Habis Karena Sinyal Tidak Stabil

Sinyal selular yang tidak stabil membuat baterai cepat habis. Alasannya karena saat sinyal tidak stabil, hp kamu terus menerus berusaha mencari sinyal. Hal inilah yang menyebabkan hp terus-menerus meminta pasokan daya dari baterai. Akibatnya, baterai jadi lebih cepat habis dan hp jadi cepat panas.

penyebab baterai hp habis

6. Bug pada Aplikasi

Aplikasi yang baru diinstal atau diupdate terkadang memiliki bug. Salah satu bug yang sering terjadi pada aplikasi bisa membuat aplikasi tersebut berjalan terus-menerus di latar belakang. Selain itu, bug pada aplikasi juga bisa membuat hp terus menerus dipaksa bekerja sekuat tenaga. Hal inilah yang membuat kinerja hp semakin berat dan baterai cepat habis.

7. Baterai Hp Rusak

Penyebab utama baterai hp cepat habis bisa jadi karena baterainya sendiri sudah rusak. Baterai hp kembung, daya melemah, atau rusak bisa menyebabkan daya yang dikeluarkan dari baterai berlebihan. Selain itu, baterai yang rusak juga sudah tidak mampu menampung secara maksimal sehingga walaupun sudah dicharge sampai penuh, tapi daya baterai bisa cepat habis atau hilang begitu saja.

baterai hp cepat habis

Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis

Setelah mengetahui apa saja penyebab baterai cepat habis, selanjutnya Sultan akan kasih tahu bagaimana cara mengatasinya. Tidak peduli berapa kapasitas baterai hp kamu, pada dasarnya baterai hp bisa dihemat dengan beberapa cara berikut ini:

  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan. Jangan matikan aplikasi dengan menekan tombol Home karena itu hanya akan menyembunyikan aplikasi. Matikan dengan tombol Back atau tutup secara manual melalui menu atau tombol yang disediakan
  • Matikan GPS, WiFi, Bluetooth Saat Tidak Digunakan. Fitur-fitur tersebut memang sangat berguna jika sedang dibutuhkan. Namun dalam kondisi tidak mendesak atau saat tidak dibutuhkan lebih baik matikan saja untuk menghemat baterai
  • Seting Pencahayaan Layar Sewajarnya. Selain membuat baterai cepat habis, layar yang terlalu terang juga tidak baik untuk mata kamu. Selain itu, atur screen timeout agar bisa mati otomatis dalam waktu sesingkat mungkin, misalnya 15 detik
  • Kurangi Penggunaan Vibrasi atau Mode Getar. Mode getar atau fitur vibrasi dapat memakan banyak daya baterai. Lebih baik matikan saja fitur getar agar konsumsi baterai jadi makin irit
  • Hindari Menggunakan Wallpaper bergerak (animasi). Lebih baik gunakan wallpaper statis (hanya gambar) dan lebih baik lagi gunakan wallpaper yang didominasi warna hitam
  • Pakai Aplikasi Seperlunya. Saat tidak membawa charger atau powerbank lebih baik hindari menggunakan aplikasi yang berat untuk menghemat baterai
  • Gunakan charger original. Gunakan pengisi daya yang original dan kompatibel dengan kebutuhan hp kamu. Tujuannya agar pengisian daya lebih optimal dan baterai hp tidak cepat rusak
  • Matikan Sinyal Selular. Terutama saat kamu kesulitan mendapat sinyal selular. Tujuannya agar hp tidak terus menerus mencari sinyal sehingga membuat baterai cepat habis
  • Hindari menggunakan hp saat cuaca panas. Tujuannya untuk mencegah hp cepat panas dan baterai cepat habis
  • Perbarui Aplikasi. Terutama pada aplikasi dengan bug yang dapat menguras baterai hp kamu
  • Ganti Baterai. Jika baterai hp kamu sudah rusak, kamu bisa pergi ke Service Center resmi brand hp yang kamu gunakan. Ganti baterai yang sudah rusak dengan yang baru. Pastikan pergi ke Service Center resmi agar unit baterai pengganti yang kamu terima terjamin keasliannya.

Itulah 7 penyebab baterai hp cepat habis. Supaya tidak cepat habis, kamu bisa beli hp dengan baterai besar. Beberapa cara mengatasi baterai cepat habis bisa kamu praktekan untuk memperbaikinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment