Fungsi Safe Mode Android & Cara Mengaktifkan / Mematikannya

Apa itu Safe Mode Android ? Apa fungsinya ? Bagaimana cara mengaktifkan dan mematikannya ? 3 pertanyaan ini akan Sultan jawab di artikel ini. Sistem operasi Android sama seperti sistem operasi pada umumnya. Semakin lama digunakan dan semakin banyak aplikasi diinstal maka semakin banyak pula service atau layanan yang harus dijalankan. Semakin banyak layanan dilakukan akan memperbesar kemungkinan  sistem operasi error. Hal ini menyebabkan performa hp jadi lebih lambat dibanding saat pertama kali dibeli.

Safe Mode Android

Cara untuk memperbaiki hp lemot biasanya dengan melakukan factory reset atau format ulang. Langkah ini akan mengembalikan pengaturan hp ke pengaturan pabrik. Namun sayangnya, factory reset dapat menghapus semua data dan aplikasi yang dipasang di hpmu. Ada cara lain untuk memperbaiki hp lemot yaitu dengan Safe Mode.

Pengertian dan Fungsi Safe Mode Android

Safe Mode adalah sebuah kondisi di mana sistem operasi Android hanya menjalankan fungsi dasar yang penting dan utama saja. Ketika hp Android kamu masuk ke Safe Mode, semua aplikasi pihak ketiga tidak bisa digunakan. Fungsi Safe Mode adalah untuk memeriksa apakah ada aplikasi tertentu yang menyebabkan masalah pada sistem operasi Android. Selain bisa untuk memperbaiki hp error atau lemot, Safe Mode juga bisa digunakan untuk memperbaiki hp yang sering restart sendiri atau sulit booting.

Saat masuk ke dalam Safe Mode, tampilan hp kita akan sama saja. Namun bedanya ada tanda air (watermark) bertuliskan “Safe Mode” di pojok kiri bawah. Saat masuk ke Safe Mode kamu bisa memperbaiki kinerja sistem operasi yang sering restart sendiri dan uninstal aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan hp Android lemot. Lalu bagaimana caranya mengaktifkan Safe Mode di hp Android ? dan bagaimana cara mematikan Safe Mode Android ?

Cara Mengaktifkan Safe Mode Android

Cara mengaktifkan Safe Mode Android di beberapa merk dan tipe hp itu berbeda-beda. Kombinasi tombol yang digunakan juga berbeda. Untuk mengaktifkan Safe Mode di beberapa tipe hp lawas bisa dengan cara mematikan hp terlebih dulu. Setelah itu nyalakan kembali dengan tombol Power, lalu tekan dan tahan kedua tombol volume selama booting berlangsung. Namun untuk hp Android tipe terbaru, kamu bisa mengaktifkan Safe Mode dengan cara berikut ini:

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Hp Stock Android

Cara ini bisa kamu lakukan di hp dengan Android murni atau stock Android, seperti: Google Pixel, Android One, Nexus, dan lain sebagainya. Cara ini bisa dilakukan di beberapa model hp Android yang menjalankan sistem operasi Android 6.0 atau versi terbaru. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan di hp merk, LG, HTC, Sony, dan beberapa merk hp Android lainnya.

  1. Tekan dan tahan tombol power
  2. Setelah muncul opsi Power Off dan Restart, tekan dan tahan Power Off hingga muncul pop up “Reboot to Safe Mode”
  3. Pilih opsi OK dan tunggu sampai hp restart dan masuk ke dalam Safe Mode.

Safe Mode Android

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Hp Samsung Galaxy & HTC

Cara ini bisa dilakukan untuk masuk ke Safe Mode di hp Samsung Galaxy, HTC, atau beberapa model hp Android lainnya.

  1. Matikan hp dengan tombol Power dan pilih Power Off
  2. Setelah mati, tekan dan tahan tombol Power sampai muncul logo Samsung atau HTC
  3. Lepas tombol Power dan tekan dan tahan tombol volume down (bawah)
  4. Terus tekan dan tahan sampai proses boot up selesai
  5. Lepaskan tombol ketika hp sudah masuk ke dalam Safe Mode.

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Hp Xiaomi

  1. Matikan hp dengan tombol Power dan tekan Power Off
  2. Nyalakan kembali dengan tombol Power
  3. Setelah muncul logo Mi tekan sensor sidik jari (fingerprint scanner) berulang-ulang
  4. Tekan terus sampai masuk ke Safe Mode.

Jika hp kamu tidak bisa masuk ke Safe Mode dengan cara pertama, coba dengan cara kedua. Perlu dicatat, ada beberapa model dan merk hp yang baru bisa masuk ke Safe Mode jika sudah masuk dalam mode pengembang (Developer Mode). Untuk masuk ke mode pengembang, kamu harus pergi ke Setting > About lalu ketuk beberapa kali pada keterangan opsi “Build Number.”

Cara Mematikan Safe Mode Android dengan Mudah

Cara mematikan Safe Mode dan mengembalikan hp ke mode normal jauh lebih mudah. Yang perlu kamu lakukan hanya Restart hp kembali. Caranya tekan dan tahan tombol Power sampai muncul opsi Power Off dan Restart. Pilih Restart dan biarkan hp booting ulang secara otomatis.

Safe Mode Android banyak manfaatnya. Beberapa manfaat Safe Mode adalah memungkinkan Anda bisa mengecek aplikasi pihak ketiga mana yang membuat hp lemot, mengubah setingan ke setingan standar atau bawaan pabrikan, dan menghapus atau mengubah aplikasi atau setingan yang tidak dibutuhkan. Biasanya Safe Mode digunakan ketika ada penggunaan Mod berlebihan. Kelebihan lain dari Safe Mode adalah menghapus aplikasi yang sering memunculkan iklan atau mengandung malware.

Leave a Comment