Review Samsung Galaxy Z Flip: Hp Lipat dengan Desain Terbaru

Samsung Galaxy Z Flip adalah Hp terbaru yang meluncur ke pasaran awal tahun 2020. Hp dengan desain ala “jadul” tapi kekinian ini sempat menghebohkan seluruh dunia karena desainnya yang unik. Seperti namanya, Galaxy Z Flip adalah ponsel lipat dengan layar panel full touchscreen yang bisa ditekuk. Hp flagship Samsung ini masuk jajaran Hp yang cukup laku di Indonesia, diberitakan bahwa ketika PO bahwa Hp ini ludes terjual dalam waktu singkat.

Hal ini berkat desain uniknya, ditambah SoC yang mumpuni untuk kegiatan sehari-hari kamu menggunakan Hp ini. Bisa dibilang Hp ini cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan nggak suka ribet. Dengan sokongan prosesor Snapdragon 855+, sudah kebayang kan gimana performa Hp ini ditangan kamu? Dari pada makin penasaran berikut review Samsung Galaxy Z Flip.

Review Samsung Galaxy Z Flip HPSULTAN

Harga Samsung Galaxy Z Flip

Hadir dengan layar full touchscreen yang bisa dilipat jadi terobosan baru. Wajar saja Samsung melabeli harga mahal untuk Hp terbarunya ini. Samsung Galaxy Z Flip dijual dengan harga Rp 21.888.000. Saat ini, hanya ada satu varian hp yang dijual Samsung. Mengapa harga Galaxy Z Flip lebih mahal dari Samsung S20? Tentunya karena desain Hp Samsung terbaru ini hanya ada di Galaxy Z Flip sendiri. Harga masih lebih murah dibanding Samsung Galaxy Fold yang dijual di harga 30 jutaan.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip

Ukuran167.3 x 73.6 x 7.2 mm
Berat183 g
ProsesorSnapdragon 855+ Octa Core (1x 2.95 GHz + 3x 2.41 GHz + 4x 1.78 GHz)
GPUAdreno 640
RAM8GB
ROM256 GB
Baterai3300 mAh
LayarIPS LCD, 6.26 inci FHD+ 1080 x 2280 piksel
Kamera Belakang12MP F1.7 Main + 12MP F2.2 Ultrawide
Kamera Depan10MP F2.4
NFCYes
WiFiWiFi 802.11a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothBluetooth 5.0
GPSAGPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Port AudioNo
Port ChargingUSB Type C

Desain dan Ukuran Galaxy Z Flip

Meski sama-sama mengusung layar tekuk, Hp Samsung ini berbeda dari seri Galaxy Fold. Z Flip adalah Hp yang memiliki desain compact saat ditutup dan ramping saat dibentangkan. Mengusung desain cangkang kerang dengan lipatannya yang dibuat vertikal. Berbeda dengan lipatan horizontal pada Galaxy Fold.

Review Samsung Galaxy Z Flip HPSULTAN

Samsung pun membedakan segmentasi dari kedua Hp ini. Galaxy Fold ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan Hp dan tablet dalam satu perangkat. Sementara Z Flip cocok untuk mereka yang nggak suka ribet. Hal itu karena Galaxy Z Flip memiliki ukuran yang sangat kecil saat dilipat, dimensinya hanya 87,4 x 73,6 x 17,3 mm. Sementara ketika dibentangkan, ponsel ini punya ukuran layar sebesar 6,7 inci. Tersemat sensor sidik jari di pinggiran bodinya. Memiliki port USB Type C, NFC dan speaker stereo. Ponsel ini tidak memiliki jack audio 3,5 mm.

Hp flagship terbaru Samsung ini didesain dengan teknologi Infinity Flex Display yang mendukung tampilan fitur Ultra Thin Glass (UTG) dengan lima lapisan layar yang bisa ditekuk. Samsung menyebut Galaxy Z Flip bisa dipakai buka-tutup sebanyak 200 ribu kali. Sementara bagian luarnya, Hp ini dibalut lapisan kaca halus dengan pemrosesan khusus sehingga menghasilkan lapisan warna berbeda tergantung pada sudut di mana perangkat dilipat.

Performa dan Kapasitas Baterai

Prosesor Snapdragon 855+ jadi dapur pacu Galaxy Z Flip. Yang merupakan prosesor terkencang tahun 2019. Meski baru diluncurkan tahun 2020, tapi kinerjanya jangan dipandang sebelah mata. Kinerja prosesornya mampu berjalan hingga kecepatan 2.95 GHz yang kencang dan disokong oleh RAM 8GB dengan memori internal 256 GB. Sayangnya, kamu nggak bisa perluas ukuran memorinya karena Samsung tidak menyediakan slot Micro SD/ slot memori tambahan di Z Flip ini.

Review Samsung Galaxy Z Flip HPSULTAN

Hp flagship Samsung ini dibekali baterai sebesar 3000 mAh. Meski nggak besar layaknya Hp Samsung terbaru lainnya, hal ini karena semua komponen memang dibuat agar cukup di pasang pada Hp dengan layar di lipat ini sehingga harus lebih ramping. Namun, jangan khawatir boros karena prosesor Snapdragon 855+ hemat energi. Selain itu, Z Flip juga mendukung pengisian cepat 15W.

Kamera Depan dan Belakang

Galaxy Z Flip punya kamera depan beresolusi 10 MP. Tidak ada fitur istimewa di kamera depannya. Selain bisa untuk selfie, kamera depan juga bisa untuk video call. Kemudian, kamera belakang ada dua kamera 12 MP dengan fungsi berbeda. Kamera 12 MP pertama berfungsi sebagai lensa utama untuk foto dan rekam video. Sementara itu, kamera kedua berfungsi sebagai kamera dengan lensa ultrawide. Tak ada fitur lain yang Samsung berikan.

Saat mengoperasikan kamera, layar akan terbagi dua untuk menampilkan tangkapan gambar dan area menu dan fitur kamera. Yang menarik, saat melakukan video call kamu bisa tekuk layar dalam sudut 90 derajat dan letakan dalam posisi stand supaya memudahkan kamu melakukan video call.

Review Samsung Galaxy Z Flip HPSULTAN

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

Setelah melihat penjelasan dari berbagai sisi Hp Samsung Z Flip ini, berikut kelebihan dan kekurangannya,

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip

  • Desain unik dan baru
  • Ringkas dan bisa dimasukkan ke kantong kecil
  • Performa tangguh dengan kapasitas memori besar
  • Konsumsi baterai efisien

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip

  • Tidak ada port audio jack 3.5 mm
  • Desain agak ringkih dan tidak cocok outdoot
  • Kurang fitur menarik, hanya layar lipat yang unik

Kesimpulan

Untuk masalah unik, Galaxy Z Flip memang juaranya. Sebagai Hp layar lipat kedua dari Samsung, Hp ini cukup bisa digunakan untuk kamu anak muda yang aktif setiap hari. Meski memang harganya kurang ramah dikantong, tapi kamu bisa mendapatkan pengalaman menarik dengan Samsung Galaxy Z Flip sebagai Hp Samsung terbaru.

Leave a Comment