8 Kelebihan iPhone dan Kekurangannya dibanding Hp Android

Apa kelebihan iPhone dibanding hp Android ? Apa pula kekurangan iPhone dibanding Android ? 2 pertanyaan itu akan Sultan jawab di artikel ini. iPhone dan Android adalah 2 jenis hp pintar atau smartphone yang paling banyak digunakan di dunia. Baik iPhone maupun Android tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Walaupun dari segi jumlah iPhone kalah banyak dibanding hp Android, namun iPhone selalu menjadi kiblat teknologi telepon selular dunia. Sebagai contohnya adalah tren layar berponi yang mulai menjamur di hp Android setelah iPhone terlebih dulu mengeluarkan iPhone X sebagai hp berponi pertama di dunia.

Kelebihan iPhone dibanding Android

Sebagai salah satu merk hp terbaik di dunia, kelebihan iPhone dibanding hp Android tentu ada banyak. Apa saja kelebihan iPhone dibanding Android ? Berikut ini daftarnya.

1. Build Quality dan Desain Lebih Baik

Desain iPhone selalu memiliki ciri khas tersendiri. Karena tampilan iPhone selalu konsisten, maka tidaklah sulit untuk mengenali iPhone dari jarak jauh. Kualitas produk iPhone juga tak main-main. Karena dibuat dengan standar kualitas tinggi, sangat jarang ditemukan cacat produksi pada produk iPhone. Kelebihan iPhone dari segi desain adalah selalu menjadi trend setter bagi banyak hp Android. Kamu tentu masih ingat setelah Apple meluncurkan iPhone X sebagai hp berlayar poni pertama di dunia, semua hp Android ikut berbondong-bondong mengikuti tren tersebut.

Kelebihan iPhone

2. Performa Lebih Tinggi

Chipset besutan Apple untuk iPhone selalu jadi yang terbaik dibanding chipset atau processor hp Android. Bahkan Chipset terbaru Apple yaitu Apple A12 Bionic mampu mengungguli processor Snapdragon 845 yang biasanya dipakai di hp Android kelas flagship. Chip Apple selalu menghantarkan iPhone menjadi rajanya hp terkencang selama beberapa tahun ini. Ketangguhan Chipset buatan Apple terbukti dari performa iPhone lawas yang gak gampang lemot meski sudah dipakai bertahun-tahun.

3. Hasil Kamera iPhone Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kelebihan iPhone ada di sektor kameranya. Kamera adalah salah satu faktor yang paling diperhatikan Apple saat membuat iPhone. Karena kamera mendapat porsi perhatian yang cukup besar dari produsen, maka dari itu kualitas jepretan kamera iPhone selalu jadi salah satu yang terbaik. Bahkan menariknya walau di atas kertas spesifikasi kamera Android lebih tinggi, namun ketika disandingkan dengan kamera iPhone tetap terasa kurang sempurna.

Kelebihan iPhone

4. Punya Koleksi Aplikasi Ter-Up to Date

Walaupun jumlah pengguna iPhone tidak sebanyak Android, namun para pengembang atau developer biasanya lebih suka merilis versi terbaru aplikasi untuk pengguna iPhone lebih dulu. Salah satu alasannya adalah karena pendapatan aplikasi di AppStore lebih baik ketimbang di Play Store milik Android. Selain itu, alasan kenapa aplikasi lebih cepat update di App Store adalah karena pengembang lebih mudah mengatur tampilan aplikasi karena variasi ukuran layar iPhone lebih sedikit ketimbang Android. Kelebihan iPhone inilah yang membuat pengguna iPhone betah

5. Lebih Aman

Instal aplikasi di hp Android jauh lebih mudah dibanding iPhone. Walau lebih mudah, namun justru hal tersebut malah merugikan pengguna hp itu sendiri. Karena bisa instal aplikasi tanpa Play Store, pengguna hp Android lebih rentan terkena serangan virus dan malware. Hal ini berbeda jauh dengan iPhone. Kelebihan iPhone yang cukup mencolok adalah dari segi keamanannya. Untuk memasang aplikasi di iPhone hanya bisa melalui App Store. Sistem download aplikasi satu pintu ini juga didukung oleh pengawasan yang dilakukan terus menerus untuk mencegah masuknya aplikasi yang mengandung virus atau malware.

Kelebihan iPhone

6. Layanan Purna Jual Lengkap Terpercaya

Jika iPhone kamu rusak, kamu tak perlu pusing memperbaikinya. Layanan service center atau purna jual Apple di Indonesia sudah cukup banyak tersebar di beberapa kota. Jadi untuk memperbaiki iPhone yang rusak kamu tak perlu pusing mencari pusat service terpercaya. Karena pusat servis produk Apple bersifat resmi, kamu bisa lebih tenang karena jika ada sparepart yang harus diganti, kamu tak perlu khawatir diganti oleh spare part bekas yang tak karuan kualitasnya.

7. Harga Jual iPhone Bekas Cukup Tinggi

Jangan buang iPhone lama kamu jika kondisinya masih mulus. Karena harga jual iPhone masih cukup tinggi meski kondisinya bekas atau second. Apalagi jika kondisi iPhone masih mulus dan tidak ada cacat sama sekali, harga jualnya bisa lebih tinggi dibanding harga iPhone bekas lain di pasaran. Selain itu, jika kondisi iPhone masih mulus, pembeli rela membelinya dengan harga mahal karena banyak orang yang percaya performa iPhone masih tetap bagus meski kondisinya sudah bekas.

8. Update Software Cepat dan Merata

Inilah salah satu kelebihan iPhone sangat disukai banyak orang. Untuk sebuah hp pintar atau smartphone, update sistem operasi sangat diperlukan. Melalui update sistem operasi, pengguna hp bisa menikmati fitur baru dan keamanan yang lebih baik. iPhone selalu rutin menggulirkan update ke sistem operasinya tidak hanya untuk tipe hp terbaru, namun juga untuk iPhone lawas sekalipun. Dengan begini, walaupun kamu memiliki iPhone yang keluar 2 atau 3 tahun lalu, kamu tetap bisa mencicipi fitur terbaru dari sistem operasi iOS andalan iPhone.

Kelebihan iPhone

Hal ini tentu berbeda dengan Android yang hanya menyediakan update sistem operasi ke tipe hp terbaru saja. Selain itu, karena Android bersifat open source maka urusan update sistem operasi adalah tugas para vendor. Sialnya, jika kamu membeli hp Android dari vendor yang malas update sistem operasi. Maka untuk mencicipi sistem operasi Android terbaru mau tidak mau harus beli hp baru.

Kekurangan iPhone dibanding Android

Di balik banyaknya kelebihan iPhone, ternyata ada juga kekurangan iPhone dibanding hp Android. Apa saja kekurangan iPhone dibanding Android ?

1. Harga Jauh Lebih Mahal

Alasan harga jual iPhone bekas tinggi adalah karena harga jual perdana iPhone baru sangat tinggi. Bahkan dengan spesifikasi yang sama kita bisa membeli hp Android dengan harga yang 2 atau 4 kali lipat lebih murah. Masalah harga menjadi kenapa Sultan menempatkan beberapa produk iPhone terbaru di daftar hp termahal di Indonesia. Penyebab harga iPhone sendiri adalah karena brand image yang menginginkan produk ini ditempatkan sebagai produk kelas premium. Selain itu, biaya iklan dan riset serta pengembangan jadi alasan kenapa iPhone mahal.

Kekurangan iPhone

2. Tidak Punya Slot Memori Eksternal

Mulai dari iPhone generasi pertama hingga terbaru semuanya tidak punya slot memori eksternal. Tambahan slot memori eksternal tentu sangat penting fungsinya untuk menambah kapasitas penyimpanan internal iPhone yang terkenal kecil. Memori eksternal di hp Android juga biasanya digunakan untuk menyimpan data berukuran besar yang tidak ada kaitannya dengan sistem seperti misalnya foto, video, dan musik.

3. Tampilan UI Tidak Bisa Dikustomisasi

Tampilan antarmuka sistem operasi iOS pada iPhone cenderung monoton. Pengguna iPhone tidak bisa dengan bebas mengutak atik tampilan UI iPhone seperti di Android. Buat sebagian orang mungkin hal ini bukan jadi masalah, namun tetap saja karena banyak hal yang dibatasi, kamu jadi tidak bisa mengkustomisasi iPhone sesuai gaya dan kepribadianmu.

4. Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Meskipun kelebihan iPhone ada banyak, namun kekurangannya yang selama ini tidak kunjung diperbaiki adalah masalah kapasitas baterai. Bayangkan saja tipe iPhone tertinggi saat ini yaitu iPhone X saja hanya dibekali baterai 3174 mAh. Kapasitas baterai yang kecil tentu menyulitkan Anda yang punya intensitas tinggi saat menggunakan hp. Kapasitas baterai yang kecil juga membuat kamu sulit lepas dari charger hp.

3 thoughts on “8 Kelebihan iPhone dan Kekurangannya dibanding Hp Android”

  1. Banyak kelemahannya Bung, iPhone lama seperti iPhone 4 dan iPhone 3 jadi kaya HP Nokia jaman dulu, cuma bisa telepon dan sms. Fitur canggih sudah hilang, Aplikasi banyak yang tidak mendukung.

Leave a Comment