Ukuran Foto & Video Instagram yang Paling Pas dan Terbaru

Jika ditanya apakah media sosial paling favorit belakangan ini? Jawabannya pasti adalah Instagram. Instagram adalah aplikasi media sosial yang diakuisisi oleh Facebook pada April 2012 dengan nilai sekitar 1 miliar Dollar. Yang membuat media sosial digemari banyak orang adalah karena Instagram memungkinkan kita bisa berbagi foto dan video ke pengguna lain dengan menambahkan filter digital dan stiker supaya lebih menarik. Foto-foto yang dipajang di Instagram memiliki ukuran persegi sama seperti hasil jepretan kamera Polaroid. Oleh karena itulah, kenapa pada awalnya Instagram menggunakan ikon kamera Polaroid sebagai logo resminya. Nah, jika ingin posting foto dan video di instagram, kamu harus tahu ukuran foto dan video Instagram supaya gambar pas, tidak terpotong, dan pecah.

Ukuran foto Instagram

Ukuran Foto & Video Instagram Terbaru

Instagram adalah aplikasi media sosial yang memiliki pengguna lebih dari 300 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Instagram tak hanya dipakai oleh orang umum, namun juga selebriti, tokoh masyarakat, pejabat, dan publik figur supaya bisa lebih dekat penggemarnya. Tak hanya itu, Instagram juga dipakai oleh banyak orang untuk menjual produknya secara online. Saat posting foto atau video di Instagram pastinya kamu tidak mau dong gambar yang diposting terpotong atau pecah. Nah oleh sebab itu, kamu harus tahu dulu berapa ukuran foto dan instagram terbaru.

Ukuran foto & video Instagram pada awalnya adalah 612 x 612 piksel namun setelah itu ditingkatkan menjadi 640 x 640 piksel. Pada Juli 2015, Instagram kembali memperbarui ukuran gambar pada aplikasinya menjadi 1080 x 1080 piksel. Ukuran resolusi gambar yang semakin tinggi bertujuan untuk mengkomodasi layar Retina atau layar beresolusi tinggi pada smartphone, tablet, dan laptop. Meskipun resolusi gambar semakin tinggi, namun rasio gambar tetap dipertahankan yaitu format 1:1. Ukuran rasio gambar Instagram tetap persegi sama seperti saat pertama kali diluncurkan.

Cara Mengetahui Ukuran Foto Instagram

Jadi kesimpulannya, ukuran foto & video Instagram yang pas adalah 1080 x 1080 piksel jika dilihat di perangkat dengan layar beresolusi tinggi. Namun jika dilihat di perangkat beresolusi layar rendah, kualitas gambar akan diturunkan menjadi 640 x 640 piksel. Jika Anda ingin membuat postingan di Instagram, lebih amannya adalah membuat gambar beresolusi 1080 x 1080 piksel untuk menghindari gambar pecah saat resolusinya diturunkan.

Cara Membuat Foto & Video Instagram Pas (Tidak Terpotong)

Instagram tidak hanya berfungsi untuk memposting foto dan video yang sudah ada di galeri saja, namun juga bisa mengambil foto dan video langsung dari aplikasi. Menariknya, ukuran foto dan video untuk postingan sudah disesuaikan dengan format 1:1 (persegi), sehingga kamu tak perlu khawatir nanti gambarnya akan terpotong. Berikut ini cara membuat foto dan video supaya pas saat diposting di Instagram.

  1. Buka aplikasi Instagram, kemudian dari halaman utama klik tombol Plus “+” di tengah bawah
  2. Setelah itu swipe ke kiri dari Bar Gallery ke Photo jika kamu ingin posting foto atau Video jika ingin posting video
  3. Setelah foto diambil kamu bisa aplikasikan filter digital supaya lebih menarik, mengatur kecerahan, dan edit foto seperti: Adjust, Brightness, Contrast, Structure, Warmth, Saturation, Color, dan lain sebagainya
  4. Jika sudah selesai, klik Next di pojok kanan
  5. Tulis Caption yang menarik, Tag teman, atau tambah lokasi lalu klik Share.

Ukuran Foto & Video Instagram Story

Selain bisa posting foto & video, kamu juga bisa berbagi foto dan video singkat melalui fitur Instagram Story. Fitur terbaru yang cukup populer di Instagram ini memungkinkan kamu bisa berbagi foto dan video singkat dan menambah coretan atau tulisan supaya lebih menarik. Instagram Story tidak muncul di Timeline melainkan di bar atas yang bisa digeser. Kamu bisa melihat Instagram Story orang-orang yang kamu follow di fitur ini.

Instagram Story adalah fitur yang disukai banyak orang karena bisa membagikan informasi secara instan yang “tidak terlalu penting” untuk dipajang di timeline. Dengan fitur Instagram Story dan Timeline yang terpisah kamu bisa dengan bebas memprioritaskan postingan mana yang perlu diabadikan mana yang hanya “selentingan.” Tidak seperti foto dan video di Timeline, foto dan video di Instagram Story akan hilang secara otomatis setelah tayang 24 jam. Oleh karena itu, fitur Story biasa digunakan untuk memposting foto yang tidak terlalu memorable.

Ukuran Video Instagram Story

Lalu bagaimana dengan ukuran foto dan video yang pas untuk Instagram Story? Tidak seperti ukuran foto dan video di Timeline yang berasio persegi, gambar yang diposting di Instagram Story lebih disesuaikan dengan ukuran layar. Konten di Instagram Story didesain agar bisa tampil full di layar layaknya fitur sejenis pada Snapchat. Oleh karena itulah resolusi gambar tidaklah terlalu penting karena ukuran postingan akan menyesuaikan rasio layar kamu, baik itu 16:9 atau 18:9.

Lalu bagaimana jika kita melihat postingan foto dan video berasio 18:9 di smartphone berlayar 16:9, atau bagaimana jika sebaliknya? Jawabannya adalah kamu tetap bisa melihat postingan tersebut hanya saja akan menyisakan frame hitam di setiap sisi gambar atau terpotong sendiri di setiap pinggirnya.

Cara Posting Foto & Video di Instagram Story

Instagram Story dirancang untuk memudahkan kamu posting momen yang terjadi secara instan. Oleh karena itu, untuk meluncurkan fitur ini caranya cukup cepat dan mudah.

  1. Dari halaman utama Instagram, Swipe ke kanan untuk memunculkan menu Instagram Story
  2. Kamu bisa memilih mode pengambilan gambar seperti Normal, Boomerang, Rewind, atau Hands-Free
  3. Selain bisa posting foto dan video kamu juga bisa posting teks dengan memilih menu Type.

Ukuran Foto dan Video di Instagram

Dengan fitur Instagram Story kamu bisa membagikan momen menarik secara langsung ke teman-teman. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengirimkan Story baik ke semua Followers atau orang-orang tertentu saja. Instagram sendiri berencana untuk membuat fitur Story semakin atraktif sehingga Followers dan orang yang di-Follow bisa saling berinteraksi melalui tulisan, komen, atau memberi respon melalui fitur poling.

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Banyak orang yang menggunakan media sosial ini untuk membagikan cerita, semangat, dan menjajakan barang dagangannya. Ukuran foto dan video Instagram sangat penting untuk kamu ketahui sebelum membuat postingan di Instagram. Jika asal posting, foto dan video kamu bisa terpotong atau pecah.

Leave a Comment