Review ASUS ROG Phone 2: Smartphone Gaming Paling Ideal

ASUS ROG Phone 2 baru saja keluar dan cukup mencuri perhatian para pencinta smartphone, terutama gamers. Sebagai smartphone flagship, ASUS ROG Phone 2 nggak cuma mumpuni secara performa, kameranya pun juga sudah memenuhi standar HP flagship. Smartphone gaming dari ASUS ini tersedia dalam varian RAM yang mencapai 12 GB dan storage hingga 1 TB. Sepertinya smartphone ini sudah bisa menjadi perangkat gaming on-the-go kalian.

ASUS ROG Phone 2

Kemudian, ASUS mencoba memperbaiki dari segi kapasitas baterainya. ROG Phone 2 dibekali dengan baterai berkapasitas 6000 mAh. Kapasitas baterai sebegitu besar tentu bisa bertahan lebih lama. Di samping itu, smartphone satu ini juga sudah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 855+ yang menjadi standar smartphone Android kelas hi-end. Pada kali ini, Sultan bakalan kasih review untuk kalian yang penasaran dengan performa smartphone generasi kedua dari ASUS ROG ini. Penasaran? Yuk ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga dan Spesifikasi ASUS ROG Phone 2

Harga: Rp 8,500,000 – Rp 12,500,000

ChipsetQualcomm Snapdragon 855+
CPUOcta-core up to 2.96 GHz
RAM8 GB, 12 GB
Memori Internal128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Memori Eksternal
Kamera Depan24 MP F.2.2
Kamera Belakang48 MP F1.8, 13 MP F2.4 (ultrawide)
Format Video[email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]; Front [email protected]
Teknologi LayarAMOLED
Ukuran Layar6.59 inci
Resolusi LayarFull HD+, 1080 x 2340 piksel
Dimensi171 × 77.6 × 9.5 mm
Berat240 g
Baterai6000 mAh
WiFiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothBluetooth 5.0
NFCYes
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
Audio JackYes, 3.5 mm Audio Jack Standard
Port3.1, Type-C 1.0

Desain dan Ukuran ASUS ROG Phone 2

Seperti yang kita tahu, bahwa produk gaming pada umumnya memiliki bentuk yang robotik, sehingga bagi sebagian orang kurang pas digunakan untuk kebutuhan lain. Akan tetapi, Walaupun seperti produk gaming lainnya, desain ROG Phone 2, nggak bisa dibilang norak meski tetap bergaya robotik. Smartphone ini memiliki ukuran 171 x 77.6 x 9.5 mm dan berat sekitar 240 gram. HP ini tergolong cukup berat ditangan. Bagaimana pun ini HP gaming yang di dalamnya pasti dibekali dengan sistem pendingin yang cukup masif bila dibandingkan dengan smartphone flagship non gaming.

ASUS ROG Phone 2

Performa Gaming Semakin Mulus

Sudah waktunya, smartphone yang keluar beberapa waktu terakhir ini menggunakan Snapdragon 855+ dengan clock speed yang dapat ditingkatkan hingga mencapai 2.96 GHz. Prosesor besutan Snapdragon ini ditemani dengan GPU Adreno 640. ROG Phone 2 menggunakan jenis RAM terbaru yakni LPDDR4X yang kapasitasnya dapat kalian pilih, mulai dari 8 GB hingga 12 GB. Game-game terkini yang grafisnya hampir setara konsol dapat dijalankan dengan konfigurasi rata kanan. Yang menakjubkan dari HP besutan ASUS ini adalah fitur X Mode Gaming Tuning yang memungkinkan kalian untuk meningkatkan performanya dengan cara overclock. Bermain game seperti PUBG, Asphalt, dan game-game HP dengan spesifikasi tinggi dapat dengan lancar dimainkan.

Pengalaman gaming menjadi tambah lebih mengasyikkan berkat layar 6.59 inci dengan panel AMOLED resolusi Full HD dan dukungan refresh rate 120 Hz. Main game dengan 60 fps ke atas bisa dikejar dengan mudah. Nggak hanya itu saja, ASUS ingin menjadikan smartphone gamingnya ini layaknya handheld konsol yang serbaguna. Pada bagian kanan dan kiri smartphone terdapat Air Trigger 2 yang cukup responsif. Kemudian, agar aktivitas nge-game kalian nggak terganggu karena baterai, ASUS memberikan solusi smartphone ini dengan menyematkannya baterai berkapasitas 6000 mAh.

ASUS ROG Phone 2

Prosesor dan GPU? Sudah. Baterai kapasitas besar? Juga sudah. Nah satu ini yang terpenting yang harus ada di smartphone gaming, yakni sistem pendingin. Karena pengolahan grafis, apalagi dalam waktu lama, akan menyebabkan CPU dan GPU bekerja semakin keras. Hal ini membuat smartphone kamu menjadi panas. Bagaimana cara ASUS menanganinya? ASUS tentu sudah mempersiapkan dengan sistem pendingin yang bernama Game Cool II dengan 3D Vaporchamber. Apabila masih kurang, ASUS menawarkan pendingin tambahan berupa AeroActive Cooler II.

Kamera Standar Smartphone Flagship

Hanya karena smartphone ini smartphone gaming, bukan berarti kameranya diabaikan. Performa kamera ROG Phone 2 ini tergolong sangat bagus. Dan buat Sultan, kamera smartphone gaming satu ini begitu impresif. Smartphone gaming besutan ASUS ini dibekali dengan kamera utama yang sama dengan ASUS Zenfone 6 dengan lensa 48 MP, f/1.8, 26 mm dan fitur PDAF dan laser Auto Focus. Nggak hanya itu saja, lensa ini dilengkapi dengan °sensor Sony IMX586 yang mampu menghasilkan kualitas hasil foto yang cakep dengan warna yang bagus.

Selain itu, smartphone gaming ASUS ini dibekali juga dengan lensa ultrawide 13 MP, f/2.4, 11 mm yang mampu menangkap lengkungan sudut hingga mencapai 125° sehingga kamu bisa menangkap gambar cukup luas. Kemudian, kamera belakang ROG Phone 2 dilengkapi juga dengan mode Pro dan AI Scene Detection. Pada mode Pro mampu mencapai kemampuan exposure hingga mencapai 32 detik yang disertai dengan file RAW dengan kualitas tinggi. Sedangkan pada mode AI, kamu bisa mendapatkan 16 tipe berbeda, diantaranya; sky, food, plant, green field, ocean, snow, stage, dog, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi kamu yang suka merekam video dengan menggunakan kamera smartphone, ROG Phone 2 menawarkan resolusi merekam video hingga 4K pada 60 fps. Nggak hanya itu, fitur stabilization membuat merekam video menjadi lebih stabil dan nggak akan bergoyang ketika kamu berjalan.

Kesimpulan

Bagi kami, ASUS ROG Phone 2 nggak cuma sekedar smartphone gaming bila dilihat dari segala aspek. Desainnya, nggak terlalu norak dan performa kamera untuk memotret ataupun merekam video pun sudah cakep banget. Bagi kalian yang berminat untuk memiliki smartphone gaming dari ASUS ini kalian bisa merogoh kocek sekitar Rp 8,5 juta untuk seri 8 GB dan Rp 12,5 juta untuk seri 12 GB. Namun, apabila kamu pingin versi yang lebih eksklusif dengan koper hard case, kalian bisa mengeluarkan mahar sekitar Rp 22 juta.

Leave a Comment