Review OnePlus 6 dengan Spesifikasi dan Harga Terbaru

Dalam kesempatan kali ini, Sultan akan memberikan review OnePlus 6 yang hadir dalam desain baru dengan mesin yang tentunya selalu membuat para penggunanya puas. Memang kamu bisa melihat adanya perubahan yang sangat kentara dari tampilan luarnya, namun pada dasarnya OnePlus 6 tetap terasa sama seperti dengan smartphone pendahulunya yakni OnePlus 5T. Mari kita ulas lebih lanjut mengenai apa saja perbedaan, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki oleh smartphone ini.

Desain OnePlus 6

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tampilan luar dari OnePlus 6 ini sangat mudah untuk dibedakan dengan pendahulunya. Smartphone ini mengganti case belakang yang sebelumnya terbuat dari metal menjadi kaca. Tak hanya itu, kamera pada OnePlus 6 juga terletak di bagian tengah dengan posisi vertikal dan di bawahnya terdapat pemindai sidik jari yang kini berbentuk oval.

Oneplus 6

Kemudian bagian pinggir dari smartphone ini juga terasa lebih mulus bila dibandingkan dengan yang ada pada OnePlus 5T, yang mana juga akan terasa sedikit lebih lebar. OnePlus 6 memiliki bobot 15 gram lebih berat (177 gram) dan 0,45 mm lebih tebal dengan adanya eksterior Gorilla Glass 5. Hal ini memang terdengar sedikit mengecewakan, namun smartphone ini akan memberikan rasa yang lebih mantap ketika digenggam.

Bagian depan dari smartphone ini hampir dipenuhi oleh layarnya yang menyisakan bezel tipis di bagian atas, bawah, dan samping. Ditambah lagi dengan adanya notch yang memuat komponen-komponen penting seperti kamera depan, bezel yang terdapat di bagian atas bisa dipangkas menjadi jauh lebih tipis lagi. Suka atau tidak, notch tersebut berperan sangat besar yang memungkinkan smartphone ini memiliki layar yang penuh.

Tombol dan port yang tersedia pada smartphone ini hadir dengan posisi yang sama seperti OnePlus 5T, namun terdapat satu perbedaan besar. Perbedaan tersebut adalah posisi nampan SIM dan slider notifikasi yang telah berpindah sisi. Posisi slider yang terletak di bagian sisi kanan akan membuat penggunaannya menjadi jauh lebih mudah dan nyaman, namun hal tersebut akan membuat para pengguna smartphone OnePlus yang lama menjadi beradaptasi kembali.

Di bagian bawah kamu akan menemukan jack headphone, port USB Type-C, dan sebuah speaker tunggal. Sebagai tambahan, sama seperti sebelumnya, OnePlus 6 juga tidak memiliki sertifikasi ketahanan terhadap air.

Layar OnePlus 6

Sebagai sebuah pembaharuan dari model pendahulunya yakni OnePlus 5T yang memberikan panel layar Optic Amoled berukuran 6,01 inci 1080p dengan rasio aspek 18:9, OnePlus 6 hadir dengan layar yang lebih panjang dengan ukuran 6,28 inci yang mana cukup mengesankan. Namun jangan berharap kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berbeda karena layar tersebut memiliki teknologi yang sama yakni AMOLED 1080p dengan perbedaan sedikit pada resolusinya yang berukuran 1080 x 2280.

Oneplus 6

Meskipun begitu, layar tersebut tetap bisa membuat kamu terkesima dengan beragam kelebihan yang disajikan oleh layar AMOLED yang antara lain adalah warna yang cerah, sudut memandang yang luas, warna hitam yang pekat, serta kecerahan yang tinggi ketika kamu menggunakannya di bawah terik matahari.

Meskipun pengaturan bawaannya sudah cukup memberikan kesan yang luar biasa, kamu juga tetap disediakan dengan sejumlah fitur layar untuk bisa memberikan pengalaman memandang yang jauh lebih menyenangkan. Mode RGB yang ada pada smartphone ini akan meningkatkan keakuratan warna, dan kamu juga bisa menggunakan slider temperatur warna untuk menyesuaikan tampilan warnanya sesuai keinginan. Jika sebelumnya kamu sudah menggunakan smartphone produksi OnePlus, maka kamu tak akan merasa asing dengan fitur-fitur tersebut.

Performa OnePlus 6

OnePlus telah dikenal luas sebagai produsen smartphone yang mampu membuat produk dalam harga yang lebih terjangkau. Namun demikian, kamu tidak akan kecewa dengan performa dan kinerja yang dimiliki oleh setiap smartphone buatannya. Sama halnya dengan itu, OnePlus 6 juga menghadirkan spesifikasi terbaik yang bisa kamu dapatkan dari perangkat Android saat ini karena smartphone ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 845 terbaru yang kemudian dipasangkan dengan ukuran varian ukuran RAM 6 GB dan 8 GB.

Oneplus 6

Semburan performanya pun akan memuaskan ekspektasi kamu dengan gerakan animasi yang mulus dan cepat, serta respon sentuhan yang luar biasa akurat. Semua game atau aplikasi yang kamu jalankan menggunakan smartphone ini akan terbuka dengan cepat tanpa ada jeda yang terlihat. Bahkan judul game yang lebih menuntut performa tingkat tinggi seperti PUBG Mobile dapat berjalan dengan sangat lancar di smartphone ini.

OnePlus 6 dibekali dengan kapasitas baterai yang sama dengan yang terdapat pada OnePlus 5 dan 5T yakni sebesar 3.300 mAh. Meskipun memiliki ukuran layar yang lebih besar, namun kamu tak perlu khawatir dengan konsumsi daya yang dimilikinya. Hal tersebut dikarenakan Qualcomm Snapdragon yang memiliki tingkat efisiensi daya sangat tinggi. Meskipun baterai tersebut bukan sebuah terobosan baru, namun penggunaannya tetap di atas rata-rata smartphone lainnya. Ditambah lagi dengan adanya fitur pengisian daya OnePlus Dash Charging, kamu tak akan merasa kecewa dengan daya pada smartphone ini. Dash Charge bisa mengisi daya baterai mulai dari kosong hingga 60 persen hanya dalam 30 menit saja.

Kamera OnePlus 6

Bisa dibilang jajaran smartphone buatan OnePlus memberikan kamera dengan hasil sedang-sedang saja. Namun demikian OnePlus 6 ini menghadirkan kamera baru yang sedikit lebih baik.

Oneplus 6

Konfigurasi kamera ganda yang terdapat pada OnePlus 6 terdiri dari kamera 16 MP dan 20 MP serta aperture f/1.7. Kamera 16 MP tersebut kini dilengkapi dengan sensor Sony IMX 519 yang memiliki piksel lebih besar 19 persen apabila dibandingkan dengan OnePlus 5T untuk dapat membantu menangkap gambar dalam kondisi gelap. Di sisi lain, kamera sekunder 20 MP memiliki sensor yang sama dengan yang terdapat pada kamera OnePlus 5T.

Kini hasil gambar yang ditangkap ketika kondisi gelap menjadi jauh lebih tajam dibandingkan dengan OnePlus 5T, walaupun masih terdapat beberapa titik yang terlampau tajam. Warna yang dihasilkan juga terlihat semakin alami dan kamu dapat menikmati detail gambar dengan baik.

Dalam kondisi yang lebih terang, kamera OnePlus 6 juga dirasa lebih baik dibandingkan dengan 5T namun tidak secara signifikan. Ketajaman dan detail dari foto yang dihasilkan oleh kamera utama bisa dibilang sangat bagus, dengan keakuratan warna yang tidak terlalu tersaturasi. Dynamic range yang dihasilkan juga terbilang sangat bagus di sini dengan sajian detail yang tinggi tanpa mempengaruhi kontras terlalu banyak. Kualitas gambar akan cenderung menurun ketika menggunakan zoom 2X sehingga kamu mungkin sebaiknya menghindarinya.

OnePlus menambahkan beberapa trik baru pada kamera OnePlus 6 yang meliputi perekaman video 4K 60 fps serta tambahan berupa OIS (Optical Image Stabilization). Tak hanya itu, smartphone ini kini juga dapat merekam video slow-motion pada resolusi 1080p 240 fps dan resolusi 720p 480 fps.

Sebagian fitur yang dimiliki oleh OnePlus 5T juga tidak absen dari smartphone terbaru ini. Terdapat Pro Mode yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol gambar, atau kurang lebih sama seperti ketika kamu menggunakan DSLR. Potrait Mode juga tetap ada meskipun tidak terlalu bisa memuaskan hasrat penggunanya. Para penggemar gagasan kamera dengan efek bokeh tiruan akan merasa bahwa efek tersebut akan melihat bahwa hasil gambarnya akan terlihat kurang alami.

Kamera depan pada OnePlus 6 bisa menjadi obat kekecewaan bagi para penggemar selfie karena kualitas gambar yang dihasilkannya tampak sedikit lebih bagus dibandingkan 5T meskipun menggunakan sensor yang sama.

Harga OnePlus 6

OnePlus 6 mulai dirilis pada bulan Mei lalu dengan kisaran harga sekitar Rp8.300.000 untuk model dasar dengan RAM 6 GB dan kapasitas penyimpanan 64 GB, tersedia hanya dalam warna mirror black saja.

Oneplus 6

Kemudian jika kamu punya anggaran lebih, kamu bisa mengeluarkan dana sekitar Rp9.300.000 untuk mendapatkan OnePlus 6 model RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB. Model ini hadir dalam tiga pilihan warna yakni mirror black, midnight black, dan silk white.

Di tingkat harga tertinggi dari model OnePlus 6 ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp10.300.000 untuk mendapatkan model RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB. Model ini juga hanya tersedia dalam pilihan warna midnight black saja. Mungkin harga tersebut terdengar sangat mahal, tapi kamu perlu tahu bahwa harga tersebut termasuk dalam harga yang termurah di kelasnya.

Spesifikasi OnePlus 6

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo)
ProsesorQualcomm SDM845 Snapdragon 845
KecepatanOcta-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
Memori
RAM8 GB/6 GB
Memori Internal64 GB/128 GB/256 GB
Memori EksternalNo
Kamera
Depan16 MP (f/2.0, 25mm, 1/3″, 1.0µm), gyro-EIS, Auto HDR, 1080p
BelakangDual: 16 MP (f/1.7, 27mm, 1/2.6″, 1.22µm, gyro-EIS, OIS) + 20 MP (16 MP effective, f/1.7, 1/2.8″, 1.0µm), phase detection autofocus, dual-LED flash
Video2160p@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@480fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeOptic AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Luas6.28 inches, 98.4 cm2 (~83.8% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~402 ppi density)
Bodi
Dimensi155.7 x 75.4 x 7.8 mm (6.13 x 2.97 x 0.31 in)
Berat177 g
BateraiNon-removable Li-Po 3300 mAh battery
Pilihan WarnaMidnight Black, Mirror Black, Silk White
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX HD
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
PortJack Audio 3.5mm
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

 

Leave a Comment