Perbedaan RAM dan ROM di Hp Android (Pengertian & Contohnya)

Jika kamu sering baca artikel review Hp Android di portal berita atau Blog, pasti tak asing dengan nama RAM dan ROM. Apa itu RAM ? Apa itu ROM ? apa perbedaan RAM dan ROM ? dan bagaimana cara kerja RAM dan ROM ? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab di artikel Sultan kali ini. Sebelum lanjut ke pembahasan, perlu kamu tahu kalau RAM dan ROM adalah fitur penting yang harus ada di Hp. Tanpa mereka, sebuah Hp pintar atau smartphone tidak akan bisa berfungsi sama sekali. RAM dan ROM juga jadi salah satu faktor untuk menilai sehebat apa performa Hp. Apa pengertian RAM ? dan apa pengertian ROM ?

Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM di Hp Android

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Pengertian RAM adalah perangkat memori yang berfungsi menyimpan data perintah dari sistem atau aplikasi secara sementara. RAM juga berfungsi menyimpan data dari aplikasi saat aplikasi sedang berjalan. Dengan bantuan RAM, aplikasi dan sistem dapat berjalan lancar dan merespon perintah pengguna dengan cepat.

RAM termasuk memori yang menyimpan data dan perintah dari program yang sifatnya tidak tetap, alias bisa berubah sewaktu-waktu. Pada intinya, RAM adalah memori yang menyimpan data-data program yang dibutuhkan aplikasi saat bekerja. Data yang dibutuhkan aplikasi saat bekerja akan dipanggil dari RAM. Ketika aplikasi ditutup, semua data aplikasi di dalam RAM akan dihapus.

Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian ROM di Hp Android

Perbedaan RAM dan ROM yang paling jelas adalah dari pengertiannya. ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Pengertian ROM adalah perangkat memori yang digunakan untuk menyimpan dan membaca data. Data di dalam ROM bersifat permanen, artinya tidak akan mudah hilang dan tidak mudah berubah dengan sendirinya walaupun Hp dimatikan. ROM berfungsi menyimpan perintah sistem dan aplikasi yang bersifat tetap.

Saat sistem atau aplikasi dijalankan, data-data yang dibutuhkan saat beroperasi akan dibaca dari dalam ROM. Selain untuk simpan data yang bersifat permanen, ROM juga berfungsi untuk menyimpan data-data di luar sistem seperti foto, video, dokumen digital, musik, dan lain sebagainya.

Fungsi RAM dan ROM di Hp Android

Jika merujuk pada penjelasan di atas, jelas sekali perbedaan RAM dan ROM. Perbedaan fungsi RAM dan ROM yang paling mencolok adalah RAM digunakan untuk menyimpan data-data bersifat acak dari sistem dan aplikasi saat beroperasi. Sementara itu, ROM berfungsi menyimpan data sistem, aplikasi, dan di luar sistem yang sifatnya lebih permanen. Memori dalam RAM akan diisi dan dihapus secara otomatis ketika ada aplikasi yang berjalan. Selain itu, jika daya listrik terputus maka semua memori di dalam RAM akan hilang.

Perbedaan RAM dan ROM Android

Berbeda dengan RAM, fungsi ROM adalah untuk menyimpan data yang sifatnya permanen dan tidak akan bisa dihapus secara otomatis ketika aplikasi ditutup atau ROM kehilangan daya listrik. Pada Hp Android, fungsi RAM adalah untuk menjamin aplikasi dan sistem dapat berjalan lancar dan responsif. Sementara itu, fungsi ROM pada HP Android adalah untuk menyimpan data aplikasi bersifat permanen dan data lainnya seperti foto, video, musik, dan lain sebagainya.

Perbedaan RAM dan ROM di Hp Android

Secara garis besar kita bisa melihat perbedaan RAM dan ROM dari beberapa poin berikut ini:

1. Kebutuhan Arus Listrik

RAM membutuhkan listrik untuk bisa beroperasi. Tanpa aliran listrik, RAM tidak bisa menyimpan dan mengubah data yang disimpan di dalamnya secara otomatis. Selain itu, jika tidak ada aliran listrik, memori di dalam RAM akan hilang secara otomatis. Sedangkan ROM dapat menyimpan data terus menerus tanpa membutuhkan aliran listrik. Misalnya, foto yang kamu simpan di dalam ROM tidak akan hilang meskipun Hp dimatikan.

2. Data yang Disimpan

RAM berfungsi menyimpan data yang bersifat sementara. Sementara itu ROM menyimpan data yang bersifat tetap atau permanen. Data yang disimpan di dalam RAM tergantung sistem dan aplikasi yang sedang dijalankan. Semakin banyak aplikasi yang dipakai maka semakin banyak pula data yang disimpan di dalam RAM. Data yang disimpan di RAM akan hilang jika Hp dimatikan.

ROM menyimpan data dasar yang dibutuhkan aplikasi dan sistem secara permanen. Data yang disimpan di dalam ROM ini tidak akan hilang meskipun Hp dimatikan. Data sistem yang disimpan di dalam ROM hanya bisa dibaca tapi tidak bisa dihapus. Menghapus semua data di dalam ROM akan merusak Hpmu. Selain menyimpan data sistem, ROM juga berfungsi untuk menyimpan data di luar sistem seperti misalnya foto hasil jepretan kamera Hp atau musik yang sering kamu dengarkan.

Perbedaan RAM dan ROM

Jadi bisa disimpulkan dari segi fungsi, perbedaan RAM dan ROM yang paling mencolok adalah RAM untuk simpan data acak untuk sementara dan ROM untuk simpan data pendukung sistem yang beruntun secara lengkap dan permanen.

3. Kapasitas RAM vs ROM

Mengetahui perbedaan RAM dan ROM bisa dilihat dari kapasitasnya. Kapasitas RAM lebih kecil dibanding ROM. Karena memori RAM tugasnya hanya untuk menyimpan data yang bersifat sementara dan data-data sistem maka dari itu jumlahnya tidak pernah lebih besar dari ROM. Hp Android yang beredar saat ini rata-rata dibekali RAM berkapasitas 2GB hingga 8GB. Sementara itu, ROM Hp kapasitasnya lebih besar dari RAM, bahkan bisa berkali-kali lipat. Misalnya saat ini, Hp Android dibekali memori ROM dengan kapasitas mulai dari 16 GB hingga 512 GB.

Salah satu penyebab kenapa kapasitas ROM di Hp Android lebih besar dari RAM adalah karena ROM tidak hanya untuk simpan data sistem yang sifatnya permanen, namun juga data-data lain. Di ROM kamu bisa simpan data-data di luar sistem seperti foto, musik, video, dan lain sebagainya.

Perbedaan RAM dan ROM yang paling mencolok di Hp adalah kapasitasnya. Jika kamu membaca spesifikasi hp Android dan menemukan tulisan “8GB/128GB” ini artinya Hp tersebut memiliki RAM 8GB dan ROM 128 GB.

Contoh RAM dan ROM di Hp Android

Sebagai contoh RAM dan contoh ROM pada Hp Android kita ambil contoh salah produk yang pernah Sultan review, yaitu Samsung Galaxy Note 9. Hp Android ini punya memori RAM sebesar 8GB. Ini artinya, Galaxy Note 9 punya kapasitas untuk menampung data-data acak bersifat sementara dari sistem dan aplikasi sebesar 8GB. Kapasitas RAM ini termasuk yang paling besar. Sebagai perbandingan, supaya Hp Android bisa berjalan sangat lancar hanya dibutuhkan kapasitas RAM minimal 2GB. Nah, jika Samsung Galaxy Note 9 punya kapasitas RAM 4 kali lipat dari kapasitas RAM pada umumnya, ini artinya Note 9 bisa bekerja hingga 4 kali lipat lebih kencang dari Hp biasa.

Perbedaan RAM dan ROM Samsung Galaxy Note 9

Sedangkan dari sisi ROM, Hp ini punya kapasitas memori sebesar 512 GB. Jika kita merujuk dari penjelasan di atas yang menjelaskan ROM berfungsi menyimpan data sistem, aplikasi, dan data-data lain di luar sistem. Ini artinya kamu bisa menyimpan file berukuran monster sekalipun di dalam Samsung Galaxy Note 9.  Kapasitas ROM Hp ini 8 kali lipat lebih banyak dibanding rata-rata ROM Hp Android lain yang sebesar 64 GB. Perbedaan RAM dan ROM Samsung Galaxy Note 9 yang cukup besar dibanding Hp Android lain membuat ia sangat powerful di kelasnya.

Perbedaan RAM dan ROM Samsung Galaxy Note 9

Kesimpulan

Dari perbedaan RAM dan ROM di Hp Android di atas, bisa kita simpulkan bahwa RAM adalah komponen Hp yang bertanggung jawab untuk menjaga performa Hp lancar dan responsif. Sementara itu, ROM adalah komponen Hp yang berfungsi menyimpan data sistem dan aplikasi yang bersifat permanen (hanya bisa dibaca tapi tidak bisa dihapus otomatis), serta untuk menyimpan foto, video, musik, dan lain sebagainya.

Leave a Comment