Kelebihan & Kekurangan Jaringan 4G LTE pada HP / Smartphone

Lambat laun popularitas jaringan 3G sebagai jaringan andalan untuk internetan semakin tergeser oleh jaringan 4G atau LTE. Jaringan 4G LTE memungkinkan data, suara, dan arus stream multimedia dapat sampai ke user kapan dan di mana saja dengan kecepatan akses yang lebih tinggi dari sebelumnya. Intinya adalah, jaringan 4G LTE memungkinkan kamu bisa internetan di hp atau smartphone lebih cepat ketimbang 3G. Jaringan internet selular 4G memiliki kecepatan maksimal hingga 100 Mb/detik. Melalui jaringan 4G, pengguna Hp atau smartphone saat ini bisa streaming video lebih lancar, video call tanpa jeda, dan download data lebih cepat. Walaupun 4G jauh lebih unggul ketimbang 3G, namun masih ada kelebihan dan kekurangannya. Sebelum itu, mari kita berkenalan dengan jaringan 4G.

Apa itu Jaringan 4G ?

Istilah 4G merujuk pada jaringan nirkabel selular generasi ke-4 penerus dari jaringan sebelumnya yaitu 3G. 4G selalu disandingkan dengan singkatan LTE, apa itu LTE ? LTE adalah kepanjangan dari Long Term Evolution. LTE adalah teknologi basis standar untuk menamakan jaringan 4G. Jadi pada dasarnya 4G dan LTE adalah 2 hal yang sama, jika status sinyal di layar Hp menunjukan “LTE” itu artinya kamu sedang berada di jaringan 4G.

Kelebihan Kekurangan 4G LTE pada Smartphone

Berkat adanya jaringan 4G, kamu sekarang bisa menikmati streaming video atau musik yang lebih cepat bebas jeda serta bermain game secara online. Jaman dulu sebelum ada 4G, bermain game secara online di smartphone tentu menjadi hal yang mustahil. Itu semua disebabkan oleh kecepatan jaringan 3G atau 3.5G HSDPA yang sangat lambat sehingga menyulitkan proses sinkronisasi data di setiap perangkat. Dibanding 3G, jaringan 4G punya kecepatan akses internet yang 5 – 10 kali lebih cepat. Secara teori, dengan 4G kamu bisa internetan dengan kecepatan internet hingga 100 Mbps. Sangat fantastis bukan?

Kelebihan Jaringan 4G LTE pada Hp atau Smartphone

Berkat jaringan 4G LTE, kamu bisa menikmati akses internetan hingga 10 kali lebih kencang dibanding 3G. Kecepatan internet untuk mengunduh atau download bisa mencapai 100 Mbps untuk download dan 75 Mbps untuk upload. Kecepatan sebesar ini memungkinkan kamu bisa streaming lebih lancar, game online bebas jeda, live streaming di media sosial, hingga menonton film HD di layanan streaming film populer seperti Netflix. Tak bisa dipungkiri, kecepatan adalah kelebihan utama dari jaringan selular 4G LTE.

Jaringan selular 4G adalah koneksi data murni alias protokol internet end-to-end. Berkat 4G, perangkat selular seperti hp atau smartphone bisa saling terhubung lebih cepat. Jaringan sekencang ini memiliki kontribusi yang cukup besar pada cara orang modern berkomunikasi. Dukungan koneksi internet yang kencang membuat chatting atau video call terasa lebih lancar. Sehingga wajar jika saat ini layanan SMS sudah banyak ditinggalkan karena berkat 4G, kini chatting terasa lebih instan dan tentunya lebih murah. Di balik kelebihan yang spektakuler tersebut, ternyata 4G juga punya kekurangan. Apa saja?

Kekurangan Jaringan 4G LTE pada Hp atau Smartphone

Tak disangka-sangka ternyata di balik kelebihan jaringan 4G LTE yang luar biasa ternyata masih tersimpan banyak kekurangan. Dari segi user atau pengguna jaringan 4G di smartphone, mungkin kamu tidak akan menyadari kalau 4G masih ada kekurangan, apa saja?

  • Lebih boros kuota. Apakah kamu tahu istilah “buffering” saat streaming video ? Buffering adalah proses mendownload video yang sedang dilihat. Berkat jaringan 4G, buffering video jadi lebih cepat. Walau di satu sisi baik, namun di sisi lain tidak. Misalnya kamu ingin menonton video berdurasi 10 menit, tiba-tiba di menit pertama kamu merasa tidak tertarik dengan video tersebut dan langsung menutupnya. Walau kamu hanya menonton 1 menit namun karena saking cepatnya buffering 4G, durasi video yang di-download sudah mencapai 10 menit. Ini tentunya akan membuang banyak kuota atau pulsamu bukan?
  • Belum menjangkau seluruh daerah Indonesia. Karena untuk mengadakan jaringan 4G membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu operator di Indonesia tidak bisa secara serentak membangun semua fasilitas yang dibutuhkan untuk menyediakan jaringan 4G hingga ke pelosok. Namun masalah ini sedikit mulai bisa dipecahkan dengan cara ‘patungan.’ Sebagai contoh Indosat dan XL, demi memperluas cakupan 4G, mereka saling bekerjasama untuk membuat menara BTS, RAN, dan lain sebagainya. Dengan cara ini satu BTS bisa melayani dua jaringan provider berbeda dan biaya modal serta operasional masing-masing perusahaan jadi lebih hemat
  • Butuh perangkat khusus.  Hp atau smartphone 3G tidak bisa mengakses jaringan 4G. Supaya kamu bisa menikmati jaringan 4G, kamu harus punya perangkat yang sudah mendukung 4G. Namun jika kamu tidak ingin ganti smartphone, bisa lho dengan cara membeli modem yang sudah support 4G, untuk lebih lengkapnya klik di sini.

Kelebihan Kekurangan 4G LTE pada HP

Jaringan 4G memberi banyak kontribusi terhadap perkembangan teknologi khususnya pada smartphone dan aplikasinya. Bayangkan jika tidak ada 4G maka sampai saat ini pasti kita tidak bisa menikmati streaming film hingga resolusi HD atau bermain game bersama teman-teman secara online. Meskipun dari segi kecepatan, jaringan 4G ini sangat unggul namun perlu diingat 4G masih punya kekurangan. Semoga artikel kelebihan dan kekurangan 4G LTE ini bisa membantu meningkatkan wawasan kamu semua.

Leave a Comment