Spesifikasi Oppo F7 Youth (Review & Harga Terbaru 2018)

Akhirnya Oppo secara resmi meluncurkan Oppo F7 Youth di Indonesia. Sama seperti sebelumnya, Oppo memang terbiasa meluncurkan banyak varian flagship dalam waktu berdekatan. Ini terbukti dari saat pertama kali Oppo meluncurkan seri F1 di Indonesia. Selain bisa menyasar lebih banyak segmen, varian produk lebih juga diyakini bisa lebih memanjakan konsumen dalam memilih produk yang lebih sesuai keinginan.

Oppo F7 Youth

Nah, kali ini Sultan mau bahas perbedaan antara Oppo F7 dengan F7 Youth. Selain itu, Sultan juga mau review tentang keunggulan Oppo F7 Youth ini. Yuk, simak reviewnya.

Spesifikasi Oppo F7 Youth

Platform
OSColor OS 5.0 berbasis Android 8.1
ProsesorMediaTek Helio P60
KecepatanOcta-core MTK P60 2.0 GHz
GPUARM Mali-G72 MP3 800 MHz
Memori
RAM4GB
Memori Internal64GB
Memori EksternalmicroSD, up to 256GB
Kamera
Depan8 MP F/2.2
Belakang13 MP F/2.2
Video[email protected]
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeLTPS TFT capacitive touchscreen, 16 juta warna
Luas6.0 inci
ResolusiFull HD+, 2160 x 1080 piksel
Bodi
Dimensi156.5 x 75.2 x 7.8 mm
Berat155 g
Baterai3410 mAh
Pilihan WarnaSolar Red, Diamond Black
Konektivitas
SIMDual Nano SIM
JaringanGSM/WCDMA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth4.2
GPSYes
NFC
PortJack Audio 3.5 mm
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
SensorDigital Compass, Light Sensor, Proximity Sensor, Accelerometer

Perbedaan Oppo F7 vs Oppo F7 Youth

Dilihat sekilas, pasti kamu langsung tahu apa perbedaan Oppo F7 dan Oppo F7 Youth. Dari bentuk F7 Youth sangat jelas berbeda dengan pendahulunya. F7 Youth mengusung desain layar tanpa poni tidak seperti F7. Namun begitu, rasio layar tetap dipertahankan pada 18:9 atau sedikit mendekati Oppo F7 yang 19:9. karena tidak ada poni, ukuran layar F7 Youth juga berkurang sedikit yakni menjadi 6 inci. Selain itu, F7 Youth juga tidak dibekali sensor pemindai sidik jari sehingga kalau kamu lihat di bagian belakang, F7 Youth terlihat lebih “polos”.

Kemudian, dari sektor kamera F7 Youth memiliki spesifikasi yang lebih rendah. Varian Youth ini mengusung kamera depan 8 MP dan kamera belakang 13 MP dengan bukaan lensa yang sama yaitu F/2.2. Selain dari itu, spesifikasi yang dimiliki F7 Youth sama dengan F7, yaitu prosesor MediaTek Helio P60, RAM 4GB, memori internal 64 GB serta memori eksternal hingga 256 GB.

Kamera Depan & Belakang Oppo F7 Youth

Meskipun memiliki resolusi lebih kecil dibanding Oppo F7, namun teknologi kecerdasan buatan (AI) tetap dipertahankan di F7 Youth. Teknologi AI Beauty 2.0 untuk kamera depan mampu mengenali 296 titik pengenal di wajah subjek lalu mengaplikasikan efek Beautify paling cocok. Teknologi ini membuat hasil foto selfiemu terlihat cantik natural. Sementara itu untuk kamera belakang disediakan teknologi AI Scene Recognition yang bisa mengenali 16 jenis pemandangan berbeda. Teknologi ini kemudian mengatur setingan kamera secara real time dan otomatis terhadap jenis pemandangan yang kamu foto.

Oppo F7 Youth

Teknologi kecerdasan buatan di Oppo F7 Youth tidak hanya membuat hasil foto terlihat lebih baik, namun juga lebih mudah. Karena kamu tak perlu repot mengatur setingan kamera, cukup nyalakan kamera, jepret, dan nikmati hasilnya.

Performa Oppo F7 Youth

Dari segi performa, F7 Youth tidak terlalu banyak berbeda dengan F7. Ini wajar saja, karena F7 Youth dan F7 sama-sama menggunakan prosesor MediaTek Helio P60 terbaru. Prosesor 12nm pertama di dunia ini punya teknologi NeuroPilot AI yang bertugas mempelajari kebiasaan kamu saat memakai smartphone. Lalu untuk menunjang kinerja prosesor, F7 Youth juga ditunjang oleh RAM 4GB dan memori internal 64 GB sama seperti F7.

Oppo F7 Youth

Baterai Oppo F7 Youth

Dari segi kapasitas baterai, F7 Youth memiliki baterai yang hanya 10 mAh lebih besar dari Oppo F7. dari segi ketahanan mungkin tidak akan jauh berbeda dari F7. Namun menariknya, sistem manajemen baterai yang cerdas bisa mencegah konsumsi daya berlebihan. F7 Youth bisa mempelajari dan memahami pola penggunaan kamu seperti kebiasaan penggunaan berdasarkan waktu dan mengenali aplikasi yang sering digunakan sehingga bisa mematikan aplikasi lain yang tidak sering digunakan.

Oppo F7 Youth

Untuk pemakaian secara normal, Oppo sendiri mengklaim baterai Oppo F7 Youth bisa bertahan hingga 15 jam lamanya. Namun mengingat kapasitas baterainya hanya 3410 mAh, rasanya untuk menjalankan banyak aplikasi secara intensif daya tahan baterai bisa 2 kali lebih cepat habis.

Fitur Menarik di Oppo F7 Youth

Meskipun, Oppo F7 Youth tidak dibekali sensor pemindai sidik jari, namun Oppo masih melengkapi smartphone ini dengan fitur Facial Unlock. Teknologi AI Recognition di dalamnya mampu mengenali 128 titik pengenal di wajahmu. Setelah kamera depan memindai dan mengenali wajah, kunci layar akan terbuka secara otomatis. Yang kamu harus lakukan hanya menghadapkan wajah ke depan layar dan secara cepat fitur Face Unlock ini akan bekerja.

Oppo F7 Youth

Harga Oppo F7 Youth

Saat pertama kali diperkenalkan ke publik, Oppo F7 Youth resmi dilepas ke pasaran dengan banderol harga Rp 3.799.000. Harganya memang lebih murah dibanding F7 karena beberapa fitur yang ada di F7 “disunat” oleh Oppo. Namun itu tak berarti kamu merasakan performa yang lebih buruk karena F7 dan F7 Youth menggunakan prosesor, RAM, dan memori internal yang sama. Sultan rekomendasikan smartphone satu ini untuk kamu yang ingin mencicipi hebatnya performa F7, namun tidak terlalu mementingkan kamera dan desain layar berponi.

Leave a Comment