Review iPhone Xs & Xs Max Harga & Spesifikasi Terbaru 2018

Di akhir kuartal 3 2018 akhirnya Apple Inc. resmi meluncurkan iPhone Xs dan iPhone Xs Max ke pasar hp dunia. Kedua hp ini adalah penerus dari iPhone X yang pastinya punya beberapa peningkatan fitur dan performa dari pendahulunya. Ada berapa banyak perubahan yang dibawa iPhone Xs dan Xs Max ? Apa saja yang ditingkatkan dari iPhone generasi sebelumnya ? Semua ini akan kita kupas bersama di artikel review iPhone Xs dan iPhone Xs Max, hp iPhone terbaru dari Apple di penghujung 2018. Tapi sebelum itu, mari kita lihat harga dan spesifikasi iPhone Xs dan Xs Max.

Review iPhone Xs dan iPhone Xs Max Terbaru 2018

Harga iPhone Xs dan iPhone Xs Max

Saat harganya diumumkan, iPhone Xs dan iPhone Xs praktis dinobatkan sebagai salah satu hp termahal di dunia. Harga jual iPhone Xs saat peluncuran perdananya adalah mulai dari $999 atau sekitar Rp 14.900.000 (model paling murah). Sedangkan iPhone Xs Max dijual dengan harga mulai dari $1099 atau sekitar Rp 16.400.000 (model paling murah). Kedua harga tersebut adalah untuk model iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang paling murah, sedangkan untuk model paling mahal dibanderol dengan harga Rp 25.200.000 (iPhone Xs Max 512 GB) dan Rp 23.500.000 (iPhone Xs 512 GB). Melihat banderol harga yang cukup tinggi, hp ini bakal jadi hp paling mahal di Indonesia mengalahkan Samsung Galaxy Note 9.

Spesifikasi iPhone Xs dan iPhone Xs Max

Platform
OSiOS 12
ProsesorApple A12 Bionic
KecepatanHexa-Core (2x Vortex dan 4x Tempest) with Neural Engine
GPUApple GPU (4-core graphics)
Memori
RAM4GB
Memori Internal64 GB / 256 GB / 512 GB
Memori Eksternal
Kamera
Depan7MP F2.2
BelakangDual Lens 12MP F1.8 (Wide) + 12MP F2.4 (Telephoto), OIS, PDAF
Video4K Video (24 fps/30 fps/60 fps)

1080p HD (30 fps/60 fps)

720p HD 30 fps

FiturFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Layar
TipeSuper AMOLED
Luas5.8 inci (82.9% screen to body ratio) – iPhone Xs

6.5 inci (84.4% screen to body ratio) – iPhone Xs Max

Resolusi2436 x 1125 piksel – iPhone Xs

2688 x 1242 piksel – iPhone Xs Max

Bodi
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm – iPhone Xs

157.5 x 77.4 x 7.7 mm – iPhone Xs Max

Berat177 gram – iPhone Xs

208 gram – iPhone Xs Max

BateraiLi-Ion 2658 mAh – iPhone Xs

Li-Ion 3174 mAh – iPhone Xs Max

Pilihan WarnaGold, Space Gray, Silver
Konektivitas
SIMDual SIM
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWiFi 802.11ac 2×2 MIMO
Bluetooth5.0
GPSAssisted GPS, GLONASS, Galileo, and QZSS
NFCYes with Reader Mode
PortNo
USB2.0

Sekilas nampak tidak ada hal baru yang ditawarkan iPhone Xs dibanding iPhone X, kecuali dari segi performa, RAM, dan ROM. Walau iPhone Xs Max punya ukuran layar lebih besar namun dari segi spesifikasi lain tidak ada yang jauh berbeda dari iPhone X. Lantas apa saja sih fitur baru yang ada di iPhone Xs dan iPhone Xs Max ?

1. Layar iPhone Xs & Xs Max

Tak seperti pendahulunya yang hanya hadir dalam 1 model, penerus iPhone X kini hadir dalam 2 model yaitu iPhone Xs versi original dan iPhone Xs Max, apa bedanya ? Perbedaan iPhone Xs dan iPhone Xs Max yang paling mencolok adalah dari ukuran layar. iPhone Xs Max punya ukuran layar lebih besar dibanding iPhone Xs. Bahkan layar iPhone Xs Max adalah layar paling besar yang pernah ada di iPhone. Layar iPhone Xs Max punya layar seluas 6.5 inci. Sementara itu, ukuran layar iPhone Xs masih sama seperti iPhone X yaitu 5.8 inci.  Apa lagi fitur terbaru yang ada di iPhone Xs dan iPhone Xs Max ?

Review iPhone Xs dan iPhone Xs Max Terbaru 2018

2. Performa iPhone Xs & Xs Max

Performa adalah salah satu hal yang ditingkatkan di iPhone Xs dan Xs Max. Berkat Chip A12 Bionic dengan Neural Engine, Anda bisa menikmati performa hp yang lebih kencang dan cerdas. Chip A12 Bionic terdiri dari 2 buah core performa tinggi untuk menangani tugas berat dan 4 core efisien untuk menangani tugas sehari-hari. Di dalam chip terdapat kontroler untuk membagi tugas di antara kedua jenis core tersebut dan memaksimalkan keenam buah core di dalam chip di saat dibutuhkan.

Chip A12 Bionic di iPhone Xs dan iPhone Xs Max

Peningkatan performa di 6 buah core di dalam Chip A12 Bionic memungkinkan performa Chip naik hingga 15% lebih kencang dibanding A11 Bionic. Sementara itu, dari segi efisiensi Chip A12 Bionic 50% lebih hemat dibanding Chip A11 Bionic pada iPhone X. Kemudian dari segi grafis, Chip A12 Bionic juga punya kemampuan grafis yang lebih baik. Dengan total 4 core GPU, Chip A12 punya core lebih banyak dibanding A11 Bionic sehingga performa grafisnya bisa menyentuh 50% lebih kencang.

Review iPhone Xs dan iPhone Xs Max Terbaru 2018

Kapasitas RAM dan ROM iPhone Xs dan iPhone Xs Max

Selain ditenagai processor atau chip yang lebih bertenaga, iPhone Xs dan Xs Max juga ditenagai kapasitas memori lebih besar. Kapasitas RAM iPhone Xs dan Xs Max lebih besar dibanding iPhone X yaitu 4GB. Kapasitas RAM lebih besar memungkinkan multitasking di hp ini terasa lebih ringan. Selain itu, pilihan memori internal yang lebih besar mulai dari 64 GB hingga 512 GB memungkinkan kamu bisa simpan lebih banyak foto dan video di dalam iPhone seri X terbaru.

3. Face ID Lebih Cepat di iPhone Xs & Xs Max

Face ID di iPhone Xs dan iPhone Xs Max dirancang untuk memudahkanmu membuka kunci layar, log in aplikasi, dan melakukan pembayaran secara online. Kamera depan dengan fitur TrueDepth, Secure Enclave, dan Neural Engine memungkinkan iPhone Xs dan Xs Max dapat mengenali penggunanya dengan lebih cepat dan aman. Face ID dapat mengenali wajah dan membuka kunci layar dengan cepat.

Face ID juga bisa digunakan untuk log in aplikasi dan akun perbankan. Face ID di iPhone Xs dan Xs Max juga terintegrasi dengan Apple Pay jadi untuk verifikasi pembayaran secara online cukup hadapkan wajah ke depan layar. Face ID yang cepat dan aman ini didukung 3 komponen utama di dalam poni (notch) di layar, yaitu:

Review iPhone Xs dan iPhone Xs Max Terbaru 2018

  • Dot Projector: Berfungsi menembakan 30.000 titik (dot) tak terlihat untuk mengenali wajah
  • Infrared Camera: Membaca pemetaan wajah yang dipolakan oleh 30.000 dot dan mengirim data pengenalan wajah ke Secure Enclave di chip A12 Bionic untuk dicocokan dengan database
  • Flood Illuminator: Menembahkan cahaya inframerah untuk memudahkan kamera mengenali wajahmu saat keadaan gelap.

4. Kamera iPhone Xs & Xs Max

iPhone Xs dan iPhone Xs Max dibekali 2 kamera belakang masing-masing beresolusi 12MP. Kedua kamera itu terdiri dari satu kamera wide-angle F1.8 dan satu kamera telephoto F2.4. Kamera iPhone seri X terbaru bisa melakukan optical zoom hingga 2x dan digital zoom hingga 10x. Kamera iPhone Xs bersaudara ini dibekali Smart HDR untuk menghasilkan foto dengan detail subjek terbaik meskipun subjek membelakangi cahaya matahari.

Review iPhone Xs dan iPhone Xs Max Terbaru 2018

Kemampuan bokeh dan depth control iPhone Xs juga ditingkatkan agar efek bokeh yang diterapkan di foto makin sempurna dan natural. Kameranya juga dipersenjatai ukuran sensor lebih besar supaya bisa menangkap detail objek lebih baik meski di kondisi pencahayaan rendah. Sementara itu, kamera depan 7MP dibekali Potrait Mode Selfie yang lebih baik. Dengan Neural Engine terintegrasi, kamera dapat mengenali objek dan memisahkannya dengan latar belakang. Dengan fitur unggulan tersebut, kamera depan iPhone Xs dan Xs Max dapat memberikan efek bokeh yang lebih natural dan efek pencahayaan beragam untuk diterapkan di fotomu.

Kesimpulan Review iPhone Xs dan iPhone Xs Max

Secara umum, fitur baru yang dimiliki iPhone Xs dan iPhone Xs Max ada 4 yaitu: ukuran layar, performa, Face ID, dan kamera. Pembaruan yang paling mencolok dari iPhone Xs bersaudara dibanding iPhone X adalah performanya. Walaupun ukuran layar iPhone Xs Max lebih besar dari iPhone X, namun untuk seri iPhone Xs nyaris tak ada bedanya dengan pendahulunya. Performa iPhone Xs dan Xs Max jelas lebih tinggi karena didukung Chip A12 Bionic yang lebih kencang serta RAM dan ROM lebih besar. Selain daripada itu, tidak ada fitur baru yang dibawa iPhone Xs bersaudara bahkan dari segi desain sekalipun tidak ada yang baru. Masih tertarik beli iPhone Xs & Xs Max ?

Leave a Comment