Review iPhone Xr vs iPhone Xs + Harga & Spesifikasi Terbaru

Selain meluncurkan duo iPhone Xs (Xs dan Xs Max), Apple juga meluncurkan ‘versi murah’ dari Xs yaitu iPhone Xr. Dari segi harga, iPhone Xr punya harga lebih murah dibanding Xs bersaudara. Karena harganya lebih murah, maka pasti ada beberapa fitur dan keunggulan iPhone Xs yang harus disunat di iPhone seri Xr ini. Apa saja sih yang membedakan iPhone Xr dengan iPhone Xs ? Mana yang lebih baik, iPhone seri Xr atau Xs ? Sebelum simak perbandingan iPhone seri Xr dan Xs yuk lihat dulu harga dan spesifikasi iPhone Xs terbaru.

Review iPhone Xr Harga dan Spesifikasi Terbaru 2018

Harga iPhone Xr

Meskipun iPhone Xr adalah versi murah dari Xs, namun harga hp ini masih tergolong tinggi terutama dibanding hp sekelasnya. iPhone Xr adalah salah satu hp berlayar LCD paling mahal di dunia saat ini. Hp iPhone Xr model paling murah dijual dengan harga $749 atau berkisar Rp 11.200.000. Bahkan untuk model yang paling tinggi yaitu iPhone Xr 256 GB merupakan salah satu hp termahal karena dibanderol dengan harga Rp 15.800.000. Dengan harga sebesar ini, spesifikasi seperti apa yang akan kamu dapatkan ?

Spesifikasi iPhone Xr

Platform
OSiOS 12
ProsesorChip A12 Bionic
KecepatanHexa-Core 2x Vortex + 4x Tempest
GPUApple GPU (4 Core Graphics)
Memori
RAM3GB
Memori Internal64 GB / 128 GB / 256 GB
Memori EksternalNo
Kamera
Depan7MP F2.2
Belakang12MP F1.8, OIS, PDAF
Video4K video (24 fps, 30 fps, 60 fps)

1080p HD (30 fps, 60 fps)

720p HD 30 fps

FiturQuad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
Layar
TipeIPS LCD
Luas6.1 inci (79.0% Screen to Ratio)
Resolusi1792 x 828 piksel, 19.5:9 ratio
Bodi
Dimensi150.9 x 75.7 x 8.3 mm
Berat194 g
BateraiLi-Ion 2942 mAh
Pilihan WarnaRed, Yellow, White, Coral, Black, Blue
Konektivitas
SIMDual SIM
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11ac
Bluetooth5.0
GPSAssisted GPS, GLONASS, Galileo, and QZSS
NFCYes with Reader Mode
PortNo
USB2.0

Jika dilihat sekilas, nampak tidak ada yang istimewa dari iPhone Xr. Dibanding hp lain sekelasnya yang dibekali layar LCD juga, spesifikasi yang dimiliki hp ini tidak ada yang cukup menonjol. Hal yang cukup menarik dari iPhone Xr sendiri adalah spesifikasi yang kurang lebih sama dengan iPhone Xs yang lebih mahal, terutama dari performa. Sama seperti Xs, iPhone Xr juga ditenagai Chip A12 Bionic hanya saja kapasitas RAM lebih kecil yakni 3GB. Selain itu, pilihan ROM juga paling maksimal adalah 256 GB, tidak seperti Xs yang mencapai 512 GB.

Layar iPhone Xr

Berbeda dengan iPhone Xs yang memakai layar OLED, iPhone seri Xr menggunakan layar jenis IPS LCD. Kualitas gambar layar LCD tentu tidak bisa disandingkan dengan layar OLED. Gambar di layar LCD tidak sehalus dan warna tidak setajam OLED. Namun begitu, layar jenis LCD masih tetap oke jika dipakai di hp. Meskipun Apple mengklaim jenis layar yang digunakan bernama Liquid Retina namun tetap saja itu adalah LCD.

Review iPhone Xr Harga dan Spesifikasi Terbaru 2018

Hal yang membedakan iPhone Xr dan iPhone Xs adalah ukuran layar. Ukuran layar iPhone Xr lebih besar daripada iPhone Xs yaitu 6.1 inci. Layar LCDnya merupakan yang paling besar di antara iPhone berlayar LCD yang pernah ada. Resolusi layar iPhone Xr sendiri pun tidak mencapai standar resolusi hp Android berlayar 5.5 inci ke atas, yaitu Full HD. Resolusi iPhone Xr hanya sebesar 1792 x 828 piksel, tidak mencapai Full HD (1920 x 1080 piksel).

Performa iPhone Xr

iPhone Xr ditenagai processor Chip A12 Bionic, sama seperti iPhone Xs. Chip terbaru Apple ini memiliki 2 buah core performa tinggi untuk menangani pekerjaan berat dan 4 core efisiensi tinggi untuk tangani pekerjaan standar. Core performa tinggi di Chip A12 Bionic 15% lebih kencang dibanding Core performa pada A11 Bionic. Sementara itu, 4 core efisien punya performa yang 50% lebih hemat baterai dibanding A11 Bionic. Jika dilihat dari performa, karena iPhone Xr dan iPhone Xs sama-sama ditenagai chip A12 Bionic maka performa komputasi mobilenya tak akan jauh berbeda.

Review iPhone Xr Harga dan Spesifikasi Terbaru 2018

Chip A12 Bionic juga terintegrasi dengan GPU Apple 4-Core. Jumlah core di dalam GPU A12 Bionic lebih banyak dibanding A11 Bionic. Tambahan core pada GPU yang lebih banyak menghasilkan tenaga grafis yang 50% lebih kencang. Tak ketinggalan, teknologi Neural Engine juga dibenamkan di chip A12 Bionic iPhone seri Xr. Dengan Neural Engine, iPhone ini bisa mengenali dan mempelajari pola penggunaan serta memprediksi apa saja yang akan kamu lakukan dengan iPhone Xr.

Face ID Lebih Cepat

Chip A12 Bionic dengan Neural Engine memungkinkan iPhone seri Xr dapat mengenali wajahmu dengan cepat dan akurat melalui Face ID. Face ID adalah fitur untuk membuka kunci layar iPhone secara otomatis saat kamera mengenali wajah pemiliknya. Untuk buka kunci layar, cukup hadapkan wajah ke depan layar dan secara otomatis kamera dan chip A12 Bionic akan mengenali wajahmu. Ketika wajah yang ditangkap dicocokan dengan data di dalam database kunci layar akan terbuka secara otomatis.

Review iPhone Xr Harga dan Spesifikasi Terbaru 2018

Namun Face ID kini tidak hanya bisa digunakan untuk buka kunci layar saja. Kini kamu bisa pakai Face ID untuk buka akses aplikasi, log in, dan melakukan pembayaran secara online. Log in aplikasi yang sering kamu gunakan jadi lebih mudah dengan Face ID. Fitur Face ID bisa untuk log in aplikasi perbankan, media sosial, atau aplikasi layanan kesehatan. Face ID juga terintegrasi dengan Apple Pay untuk melakukan transaksi secara online.

Kamera iPhone Xr

iPhone murah seri Xr hanya punya 1 kamera belakang, tidak seperti Xs yang punya 2. Kamera belakang tunggal tersebut memiliki resolusi 12MP dengan jenis lensa wide-angle. Bukaan lensa F1.8 menjamin kualitas jepretan maksimal bahkan di kondisi pencahayaan minim. Kamera belakang iPhone Xr juga bisa melakukan digital zoom hingga 5 kali. Meski hanya punya 1 kamera, iPhone versi Xr tetap bisa memotret dalam mode Potrait dengan efek bokeh dan depth control yang baik.

Review iPhone Xr Harga dan Spesifikasi Terbaru 2018

Beralih ke kamera depan, iPhone seri Xr dibekali kamera 7MP sama seperti iPhone Xs. Bukaan kamera F2.2 cukup ideal untuk digunakan memotret dalam kondisi pencahayaan apapun. Mode Potrait memungkinkan kamu bisa menggunakan kamera depan untuk selfie dengan menambahkan efek bokeh dan depth control. Sama seperti iPhone X terdahulu, kamera depan Xr juga sudah mendukung fitur Animoji dan Memoji. Kamera depan iPhone seri Xr bisa merekam video dengan format 1080p HD pada 30fps dan 60 fps.

Kesimpulan iPhone Xr vs iPhone Xs

Jika kamu tidak terlalu mementingkan kualitas layar dan kamera, HPSultan lebih merekomendasikan iPhone Xr daripada iPhone Xs. Alasannya adalah:

  1. Performa iPhone Xr dan iPhone Xs hampir setara karena sama-sama ditenagai Chip A12 Bionic terbaru. Perbedaanya hanya di kapasitas RAM dan ROM saja, untuk menangani pekerjaan sehari-hari tentu tidak akan terasa jauh bedanya
  2. Ukuran layar iPhone versi Xr lebih besar dibanding Xs. Layar lebih besar tentu lebih menyenangkan untuk nonton video atau bermain game. Meskipun dari kualitas layar jauh berbeda, namun karena mengingat ini adalah iPhone, kualitas layar LCDnya pun sebenarnya sudah cukup memuaskan dibanding layar LCD hp lain di pasaran
  3. Harga iPhone versi Xr lebih murah dibanding iPhone Xs. Harga iPhone Xr model tertinggi (256 GB) dijual dengan harga Rp 15.800.000. Sementara itu iPhone Xs model terendah (64 GB) dijual dengan harga Rp 14.900.000. Perbedaan harganya tidak begitu besar, hanya sekitar 1 jutaan. Jadi artinya, cukup tambah 1 jutaan kamu bisa dapatkan iPhone seri X terbaru dengan memori internal lebih besar dibanding Xs.

3 alasan di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan jika kamu sedang bingung memilih iPhone Xr atau iPhone Xs. Namun jika kamu termasuk orang yang lebih senang memiliki iPhone canggih ya tidak ada salahnya untuk lebih condong ke iPhone Xs. iPhone Xs memang memiliki lebih banyak keunggulan dibanding Xr seperti kualitas layar dan kameranya.

Leave a Comment