Review Oppo Find X2 Pro: Kekurangan, Kelebihan, Harga Terbaru 2020

Oppo Find X2 Pro bisa menjadi smartphone pilihan kamu untuk menemanimu di masa-masa pandemi dan PSBB seperti ini. Pada perilisannya, Oppo pun nggak mau segan-segan membuka pre-order untuk masyarakat Indonesia di tanggal 7-12 Maret 2020. Smartphone ini masuk ke kelas high-end atau flagship karena harga yang dibanderol mencapai lebih dari Rp 10 jutaan. Smartphone ini bisa disandingkan dengan smartphone-smartphone flagship yang santer seperti Samsung Galaxy S 20 series.

Vivo Y30

Desainnya pun tampil dengan lebih elegan yakni dengan layar full tanpa bezel dengan kamera pada pojok kiri atas. Kalau dilihat dari desainnya sudah mulai banyak yang tertarik, namun sebelum membeli, alangkah baiknya kamu yang lagi cari hp flagship untuk membaca artikel HP Sultan kali ini. Yuk ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga Oppo Find X2 Pro

Meskipun pemain yang tergolong agak baru, Oppo mampu bersaing dengan pemain ponsel lama. Mulai dari teknologi, spesifikasi, fitur, desain, sampai dengan harga. Smartphone ini keluar bersama adiknya yakni Oppo Find X2 yang masih masuk ke dalam jajaran hp flagship. Keduanya pun sama-sama dibekali dengan chipset high-end, Snapdragon 865. Namun, untuk versi Find X2 Pro tentu ada beberapa spesifikasi yang lebih tinggi. Oppo Find X2 Pro hadir dengan 2 macam varian warna yakni Tea Orange dan Dark Sea yang elegan dan stylish. Sedangkan, untuk harga, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp 17,999,000 untuk mendapatkan smartphone keren satu ini.

Spesifikasi Oppo Find X2 Pro

Berikut ini spesifikasi lengkap smartphone Oppo Find X2 Pro.

ChipsetQualcomm Snapdragon 865
CPUOcta-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
RAM12GB
Memori Internal256 GB, 512 GB
Memori EksternalNo
Kamera Depan32 MP, f/2.4, (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Kamera Belakang48 MP, f/1.7, 25mm (wide), 1/1.43″, 1.12µm, omnidirectional PDAF, Laser AF, OIS
13 MP, f/3.0, 129mm (periscope telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, 5x optical zoom, PDAF, OIS
48 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), 1/2.0″, 0.8µm, AF
Format Video[email protected]/60fps, [email protected]/60fps, [email protected]
Teknologi LayarAMOLED Display
Ukuran Layar6.7 inci, ~90.9% screen-to-body ratio
Resolusi LayarQHD+, 3168 x 1440 piksel
Dimensi165.2 x 74.4 x 8.8 mm
Berat217 g
Baterai4260 mAh
WiFiWLAN 802.11a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothBluetooth 5.1
NFCYes
GPSGPS, AGPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Audio JackYes, 3.5 mm Audio Jack Standard
Port3.1, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

Ukuran dan Desain

Sebagai smartphone flagship, desain adalah menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan selain spesifikasi. Hal ini karena, semakin elegan desain sebuah smartphone, semakin pantas smartphone ini dijual dengan harga mahal. Karena zaman sekarang bukan hanya fungsi yang menjadi hal utama sebuah produk, tampilan juga menjadi hal penting. Oppo Find X2 Pro hadir dengan desain layar full tanpa bezel dengan kamera yang terdapat pada bagian pojok kiri kamera.

Oppo Find X2 ProDesain ini sepertinya menjadi desain yang mulai populer di tahun ini. Sedangkan, hp ini memiliki dimensi 165.2 x 74.4 x 8.8 mm dan berat 217gram yang mana cukup nyaman digenggaman. Selain itu, smartphone ini menggunakan layar AMOLED yang menjadi sebuah standar bagi smartphone flagship beberapa tahun belakang.

Spesifikasi Kamera Depan dan Belakang

Keunggulan pertama yang dipamerkan dari Oppo Find X2 Pro adalah kameranya. Hal ini bisa dibuktikan dengan posisi tertinggi di DxOMark dengan skor 124 untuk kamera utama. Apabila disandingkan dengan Oppo Reno 10x Zoom, konfigurasi kamera smartphone ini terlihat mirip. Oppo menyematkan 3 kamera utama dengan lensa utama wide angle 48 MP + lensa bersudut ultrawide 48 MP + lensa telephoto 13 MP yang mampu melakukan zoom 10x hybrid.

Kemudian kamera wide angle Find X Pro menggunakan sensor Sony IMX689 yang juga dikombinasikan dengan teknologi dual native ISO dan aperture besar f/1.7 yang membuat kamu bisa menangkap gambar di situasi pencahayaan minim. Ditambah lagi dukungan pada All Pixel Omni-directional PDAF dengan kemampuan mencapai 100% pixel focusing dan omnidirectional focusing, kamera Find X2 Pro sangatlah mumpuni untuk kebutuhan fotografi profesional. Terlebih kamera smartphone ini adalah yang pertama mendukung fitur-fitur tersebut.

Performa, Skor AnTuTu, dan Baterai

Sebagai hp Android flagship, menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 adalah sebuah kewajiban. Chipset ini dirancang berdasarkan fabrikasi 7nm+ dan memiliki konfigurasi prosesor octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585). Dapur pacu Snapdragon high-end terbaru ini juga disandingkan dengan RAM yang sudah mengusung LPDDR5 dan UFS + TW + HPB yang memiliki kecepatan membaca jauh lebih kencang dibandingkan dengan teknologi pendahulunya.

Maka dari itu, soal performa nggak usah diragukan lagi. Sudah pasti kamu bisa menggunakan segala fungsi smartphone di dalam Find X2 Pro dengan lancar tanpa kendala. Pada uji coba benchmark dengan AnTuTu v8.2.8, smarphone satu ini mampu mengalahkan ROG Phone 2 yakni mencapai skor 5802115. Untuk divisi baterai, Find X2 Pro termasuk yang terbaik di jajarannya. Hp flagship Oppo satu ini disematkan baterai berkapasitas 4260 mAh yang disertai dengan teknologi Fast Charging 65W yang mampu mengisi daya super cepat. Tapi bagi Sultan agak sayang karena smartphone secanggih ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 4260 mAh.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X2 Pro

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan smartphone Oppo Find X2 Pro.

Kelebihan Oppo Find X2 Pro

  • Performa kencang dan skor AnTuTu lebih tinggi dari Asus ROG Phone 2
  • Memori Internal berkapasitas besar
  • Tampilan layar apik dengan panel AMOLED
  • Dibekali kamera periskop
  • Desain bodi elegan dan eye-cathing
  • Hp 5G pertama di Indonesia yang resmi dirilis
  • Bodi yang solid.

Kekurangan Oppo Find X2 Pro

  • Kapasitas Baterai yang masih kurang besar dan tak ada fitur Wireless Charging
  • Tak ada dukungan memori eksternal.

Kesimpulan

Smartphone flagship satu ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memiliki smartphone canggih dan super kencang. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya ada beberapa aspek yang menurut Sultan masih kurang, terutama kapasitas baterainya. Kapasitas baterai yang nggak mencapai 5000 mAh bagi Sultan lumayan tanggung apa bila melihat kecanggihan fitur yang dimilikinya.

Leave a Comment