Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD, Mana yang Lebih Baik ?

Saat ini ada dua jenis layar smartphone yang sering digunakan, yaitu AMOLED dan IPS LCD. Apa perbedaan AMOLED vs IPS LCD ? Mana yang lebih baik ? Jawabannya akan Sultan jelaskan pada artikel ini.

perbedaan layar amoled vs ips lcd

Selain chipset dan kamera, layar adalah salah satu hal yang dipertimbangkan saat membeli hp. Akibat satu dan lain hal, brand kerap mempertimbangkan jenis layar yang digunakan di smartphone keluaran terbarunya. Kedua jenis layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, sebagian dari kita mungkin belum mengetahui apa saja perbedaan antara layar AMOLED vs IPS LCD. Sultan akan memberi tahu apa saja perbedaan layar AMOLED dan LCD supaya bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli hp.

Pengertian Layar AMOLED

AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light-Emitting Diode. AMOLED atau OLED adalah jenis layar hasil pengembangan IPS LCD. AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang tipis. Cerah atau tidaknya layar ditentukan oleh seberapa kuat elektron mengalir pada lapisan film tersebut. Warna layar diatur oleh emitting dioda warna merah, hijau, dan biru yang tertanam di layar.

perbedaan layar amoled vs ips lcd

AMOLED atau yang sering dikenal sebagai Super AMOLED adalah layar OLED yang dikembangkan oleh Samsung. Baca Pengertian Layar AMOLED selengkapnya di sini.

Kelebihan Layar AMOLED

  • Lebih hemat daya, 10x lebih efisien dibanding IPS LCD
  • Warna setiap piksel bisa diupdate secara independen sehingga FPS dan Response Time lebih cepat
  • Warna hitam lebih pekat, saat menampilkan warna hitam piksel RGB LED akan dimatikan sehingga kamu bisa mendapat warna hitam yang lebih hitam
  • Rasio kontras lebih tinggi dibanding IPS LCD.

Kekurangan Layar AMOLED

  • Sering kena Screen Burn In, jika sering buka salah satu aplikasi, maka bentuk icon aplikasi tersebut bisa tertinggal di layar
  • Biaya produksi lebih mahal dibanding IPS LCD, sehingga hp yang menggunakan AMOLED harganya cenderung lebih mahal
  • Jika sering menggunakan wallpaper yang cerah atau didominasi putih akan lebih boros baterai.

Pengertian Layar IPS LCD

IPS adalah singkatan dari In-Plane Switching. Ini adalah teknologi yang digunakan oleh panel LCD. Teknologi IPS menggunakan dua buah transistor di setiap piksel pada layar. Ini membuat warna pada layar tidak akan berubah saat kamu melihat layar dari berbagai sudut.

amoled vs ips lcd

Sedangkan LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD menggunakan kristal cair sebagai titik cahaya. Di belakang kristal cair ini ada backlight yang menjadi sumber cahaya. Cahaya yang melewati kristal cair kemudian terpolarisasi dan dikontrol oleh filter horizontal dan vertikal yang ada di sisi susunan kristal. Beberapa warna akan diteruskan dan warna lainnya akan tersaring. Layar LCD adalah teknologi yang sudah cukup lama digunakan pada layar smartphone, tablet, TV, hingga monitor komputer.

Jadi yang dimaksud IPS LCD adalah layar LCD yang menggunakan teknologi IPS sehingga gambar dan warna tetap akurat saat dilihat dari berbagai sudut.

Kelebihan Layar IPS LCD

  • Harganya lebih murah dibanding AMOLED, kebanyakan hp murah menggunakan layar IPS LCD untuk menekan harga produksi
  • Memiliki gamut warna lebih baik
  • Tampilan warna dan gambar lebih natural
  • Warna lebih cerah saat dilihat di bawah sinar matahari
  • Tidak memiliki efek screen burn-in seperti AMOLED.

Kekurangan Layar IPS LCD

  • Rasio kontras warna kurang akurat, hitam dan putih tidak bisa 100%
  • Lebih boros daya baterai
  • Refresh rate dan response time lebih rendah dibanding AMOLED
  • Layar IPS LCD lebih tebal, tidak cocok untuk hp tipis.

Perbedaan Layar AMOLED vs IPS LCD

Berikut ini daftar perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD. Apa saja bedanya ? Mana yang lebih baik ?

1. Harga

Karena tergolong teknologi baru, harga panel layar AMOLED lebih mahal dibanding IPS LCD. Hal inilah yang akan berpengaruh pada harga hp yang dijual. Hp yang menggunakan layar AMOLED harganya lebih mahal dibanding hp dengan IPS LCD (dengan spesifikasi yang sama). Harga hp dengan layar LCD lebih murah, kecuali iPhone yang selalu dijual dengan banderol harga tinggi (overprice).

2. Konsumsi Baterai

Konsumsi daya baterai layar AMOLED lebih rendah dibanding IPS LCD. Terutama jika kamu memakai wallpaper warna hitam dan dark mode. Saat menampilkan warna hitam, RGB LED akan dimatikan sehingga kamu bisa dapat warna hitam lebih pekat. Selain itu, karena RGB LED mati sehingga tidak ada daya listrik yang dialirkan sehingga akan lebih hemat baterai dibanding layar LCD yang nyala terus menerus.

3. Kualitas Warna

Jika kamu adalah orang yang concern atau perhatian banget sama kualitas warna, layar IPS LCD lebih cocok untuk kamu. Hp dengan layar IPS LCD dapat menampilkan warna lebih natural. Kualitas gambar dan warnanya hampir mendekati aslinya. Warna LCD lebih bagus dibanding AMOLED yang memberi warna dengan saturasi lebih tinggi sehingga gambar terlihat tajam dan cerah berlebihan.

4. Daya Tahan

Layar IPS LCD lebih tahan lama dibanding AMOLED. Screen Burn In adalah salah satu kekurangan AMOLED yang paling besar. Akibat Screen Burn In, tampilan layar jadi terganggu akibat adanya bekas logo aplikasi atau banner aplikasi yang sering dibuka. Bekas gambar tersebut tetap ada di layar meski layar dimatikan. Hal ini tentu akan mengurangi kenyamanan kamu saat menggunakan hp. Sedangkan, layar IPS LCD bebas dari Screen Burn In jadi akan lebih nyaman digunakan dalam waktu lama.

apa bedanya layar amoled vs ips lcd

Nah itulah, perbedaan layar AMOLED vs IPS LCD. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli hp baru.

Leave a Comment