Review Lenovo S5 Pro, HP 1 Jutaan Keren Untuk Harian (Harga Terbaru)

Lenovo S5 Pro bisa dibilang HP lawas, karena HP ini dirilis kurang lebih 2 tahun lalu. Akan tetapi, bagi kalian yang budgetnya mepet smartphone ini bisa dijadikan referensi pilihan kalian. Seperti yang kita tahu, smartphone dari negeri Tiongkok menggempur pasar smartphone lokal. Kita bisa sebutkan merek-merek seperti Oppo, Xiaomi, Huawei, dan masih ada yang lainnya. Akan tetapi, dari mereka semua yang Sultan sebutkan, Lenovo adalah salah satu yang pertama. Hal ini karena Lenovo sudah jauh-jauh hari masuk ke pasar produk-produk teknologi di Indonesia dengan produk-produknya yang berupa laptop. Karena pasar smartphone sangatlah menarik, Lenovo sebagai salah satu produsen produk teknologi pun nggak mau ketinggalan. Nah, pada kesempatan kali ini, Sultan akan membahas salah satu smartphone yang cukup lawas, namun cukup bisa menjadi teman keseharian kamu. Ikuti artikel ini hingga akhir ya.

Desain dan Layar Lenovo S5 Pro

Setelah dirilisnya iPhone X, desain smartphone dengan notch sangatlah populer. Dengan produknya tersebut, iPhone membuat dobrakan dari segi desain. Begitu juga dengan Lenovo S5 Pro. Smartphone ini tampil dengan desain ala iPhone X yang disertai poni atau notch pada bagian atas. Di tambah lagi layar dengan layar beresolusi FHD+ dengan aspek rasio 18:7:9 dan 402 ppi density dan mengusung panel IPS ini nggak memiliki bezel atau sering kita dengan sebagai desain bezeless. Smartphone ini memiliki bentar layar 6.2 inci dan juga rasio layar ke bodi sebesar 83 %. Desain smartphone tanpa bezel ini memungkinkan kamu untuk menonton konten dengan lebih puas. Selain itu, dari segi ukuran, Lenovo S5 Pro memiliki dimensi 154.5 x 75.5 x 7.7 mm dengan bobot sekitar 170 gram. Ketika digenggam pada waktu yang lama, smartphone ini cukup nyaman. Smartphone besutan Lenovo ini dibuat dengan material metal yang memiliki kesan kokoh dan juga modern.

Lenovo S5 Pro

Performa dan Penyimpanan Lenovo S5 Pro

Berbeda dengan smartphone pendahulunya yakni Lenovo S5 yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625, S5 Pro sudah menggunakan chipset kelas menengah yang lebih mutakhir, Qualcomm Snapdragon 636 dengan prosesor Kyro 260 octa-core 1.8 GHz yang ditemani oleh GPU Adreno 509 yang memiliki performa lebih baik 10% dibandingkan seri pendahulunya. Chipset ini sama seperti yang digunakan oleh ASUS Zenfone Max Pro M1 yang diklaim sebagai smartphone gaming kelas menengah. Maka dari itu, untuk bermain game, S5 Pro sudah sangat mumpuni terlebih bagi kamu yang mau mabar PUBG ataupun game multiplayer lainnya.

Lenovo S5 Pro

Sedangkan untuk sistem operasinya, S5 Pro ini menggunakan sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan antarmuka ZUI 5.0. Seri Oreo sendiri sudah cukup ketinggalan zaman untuk smartphone seri terkini karena memang smartphone ini juga rilisan tahun 2018. Akan tetapi untuk performanya, masih bisa oke kok untuk digunakan hari ini. Pergantian slide pun terasa mulus tanpa ada lag. Meski begitu, OS Android smartphone ini bisa tetap kamu upgrade kok.

Chipset yang mumpuni harus didukung dengan penyimpanan yang cukup juga, terlebih bagi kamu yang suka mendownload aplikasi melalui Play Store. Untuk RAM-nya S5 Pro dibekali dengan RAM berkapasitas 6 GB yang mana sudah cukup untuk kebutuhan seperti main game, menyaksikan video, atau bahkan cuma browsing internet. Kemudian, untuk penyimpanan internalnya atau ROM, S5 hadir dengan 2 opsi yakni dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB. Masih kurang? Kalian bisa menggunakan Micro SD berkapasitas 256 GB karena di dalam S5 Pro terdapat slot dual SIM Card hybrid yang bisa kalian gunakan juga untuk Micro SD.

Kamera dan Baterai

Pada sektor kamera, disematkan empat buah kamera dengan konfigurasi dua buah di belakang dan juga dua buah di depan. Untuk kamera utamanya menggunakan sensor 12 MP dengan aperture f/1.8 dan ½.9 yang ukuran pikselnya 1.25 µm dan memiliki PDAF. Fungsi PDAF atau phase detection autofocus ini mampu mengunci fokus hanya dalam waktu 0.3 detik. Sedangkan untuk kedua, memiliki sensor dengan resolusi lebih besar yakni 20 MP yang disertai dengan aperture f/2.6.

Lenovo S5 Pro

Kegiatan di smartphone kamu, nggak akan bisa ditunjang apabila tanpa baterai berkapasitas mumpuni. S5 Pro disematkan sebuah baterai berkapasitas 3500 mAh. Memang dari segi kapasitas, baterai pada S5 Pro kalah dari pesaingnya, ASUS Zenfone Max Pro M1 yang menggunakan baterai 5000 mAh. Akan tetapi, 3500 mAh sudah menjadi standar dari kapasitas smartphone hari ini.

Kesimpulan

Smartphone ini tergolong produk lama apabila mengingat perkembangan teknologinya yang semakin cepat. Akan tetapi apabila dilihat dari segi harga, Sultan rasa smartphone ini masih pantas dibeli apalagi bagi kamu yang budgetnya cekak. Kalau mau mendapatkan yang lebih baru, Sultan sarankan sih nabung sedikit lagi saja karena ya smartphone seri lama memang agak nanggung.

Leave a Comment