Review Vivo Nex Indonesia (Harga dan Spesifikasi)

Pada kesempatan review Vivo Nex kali ini, sayang sekali kita harus memulai dengan kabar yang kurang baik terlebih dahulu. Sayang sekali smartphone ini hanya tersedia hanya di pasar China saja untuk saat ini. Mungkin nanti ke depannya penjualan akan lebih merata ke seluruh dunia, namun kali ini Vivo menegaskan bahwa smartphone ini dirilis di China saja.

Harga yang dipatok untuk bisa mendapatkan smartphone keren ini adalah 4998 yuan atau sekitar 11 juta rupiah untuk versi 256 GB. Sementara itu Vivo Nex juga tersedia dalam versi 128 GB yang akan dijual dengan harga 4498 yuan atau sekitar 10 juta rupiah. Harga tersebut bisa saja berbeda ketika perangkat ini masuk ke pasar negara tertentu.

Desain dan Layar Vivo Nex

Belakangan ini hampir semua produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat desain yang berfokus pada menipiskan ukuran bezel hingga yang paling tipis dengan mengadopsi rasio aspek layar 18:9 dan turut disematkan ‘poni’ di bagian atas layar untuk bisa tetap memuat komponen penting seperti kamera.

Vivo Nex

Kamu mungkin akan merasa bangga karena Vivo tidak mengikuti tren tersebut secara mentah-mentah dengan menghadirkan poni pada seri smartphone berbezel tipisnya. Sebagai gantinya, Vivo menghadirkan teknologi mutakhir lain untuk bisa menciptakan sebuah smartphone dengan rasio screen-to-body yang menakjubkan yakni mencapai 91,24 persen.

Memang angka tersebut belum menunjukkan bahwa smartphone ini benar-benar terbebas dari bezel. Namun bezel yang terdapat pada Vivo Nex ini sangatlah tipis di bagian pinggirannya.

Untuk bisa mewujudkan smartphone seperti ini, Vivo telah menggunakan tiga macam teknologi yang berbeda. Teknologi yang pertama adalah kamera selfie tersembunyi yang akan muncul dari bagian ujung kiri atas. Ketika kamu ingin mengambil gambar selfie, kamu akan disambut dengan kemunculan sebuah kamera kecil sehingga kamu bisa mengambil gambar. Kemudian apabila kamu sudah menutup aplikasi kamera, kamera kecil tersebut akan turun dan kembali bersembunyi dengan cepat. Ini merupakan sebuah inovasi baru dan menyenangkan untuk dinikmati saat ini.

Inovasi yang kedua adalah speaker telinga yang biasanya kamu gunakan untuk mendengarkan suara orang ketika sedang berbicara melalui telepon. Pada umumnya, smartphone lain meletakkan lubang speaker ini pada bodi perangkat itu sendiri, akan tetapi lain halnya dengan Vivo Nex yang menyematkan speaker tersebut di balik layarnya.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi yang disebut Screen SoundCasting dan cara kerjanya hampir sama dengan teknologi konduksi tulang. Dengan kata lain, kamu bisa menempelkan layar smartphone ini ke telinga ketika sedang menelepon dan Vivo menjelaskan bahwa teknologi ini dapat menyajikan kualitas suara yang lebih baik pula.

Kemudian teknologi ketiga adalah sensor sidik jari yang tertanam juga pada layarnya. Memang ini bukanlah smartphone pertama yang menggunakan teknologi tersebut, namun tetap saja teknologi ini sangat menarik untuk dimiliki karena layar tersebut dapat membaca sidik jari sebagai kunci autentikasi.

Perlu diketahui bahwa tidak semua layar mampu membaca sidik jari kamu. Vivo Nex membutuhkan kamu untuk meletakkan jari di area tertentu pada layar di mana akan muncul sebuah ikon yang menunjukkan di mana kamu harus meletakkan jarimu. Kemampuannya untuk membaca sidik jari tersebut terbilang cukup cepat dan cukup akurat.

Dengan adanya teknologi inovatif tersebut, Vivo Nex berhasil menyajikan layar yang sangat luas dengan ukuran bezel tipis dan tanpa harus menghadirkan poni di bagian atas. Layar itu sendiri memiliki resolusi Full HD+ dengan teknologi AMOLED untuk bisa menampilkan warna yang tajam.

Performa Vivo Nex

Vivo Nex dibekali dengan chipset keluaran terbaru yakni Qualcomm Snapdragon 845 yang juga bisa kita temukan pada smartphone flagship terkini. Kemudian dipasangkan dengan memori RAM sebesar 8 GB, sudah seharusnya Vivo Nex dapat bekerja dengan sangat baik dalam menjalankan berbagai macam tugas yang diberikan.

Vivo Nex

Dalam hal ruang penyimpanan, kamu mungkin akan merasa kecewa karena Vivo Nex tidak menghadirkan slot kartu microSD sebagai opsi untuk meningkatkan kapasitasnya. Namun kamu tak perlu khawatir karena smartphone ini telah menyediakan ruang sebesar 256 GB sebagai kapasitas standar sehingga kamu bisa dengan tenang menyimpan semua data yang diperlukan.

Baterai dan Kamera Vivo Nex

Vivo memutuskan untuk memberikan baterai dengan kapasitas sebesar 4.000 mAh di dalam Nex. Kapasitas tersebut bisa dibilang sangat besar namun akan bekerja cukup keras mengingat ukuran layar yang dimiliki oleh smartphone ini. Meskipun bagian belakang dari Vivo Nex terbuat dari bahan kaca, namun nyatanya smartphone ini belum mendukung fitur pengisian daya secara nirkabel (wireless charging), namun setidaknya ditebus dengan adanya fitur pengisian cepat.

Vivo Nex

Dalam hal kamera, kita telah membahas mengenai mekanisme yang inovatif di mana kamera tersebut akan muncul dari dalam bodi smartphone. Kamera depan tersebut dirancang dengan sensor 8 MP dan aperture f/2.0. Kemudian di bagian belakang kamu bisa menemukan dua buah kamera yang menggunakan lensa 12 MP dengan aperture f/1.8 dan lensa 5 MP dengan aperture f/2.4. Selain itu kamera tersebut juga dilengkapi dengan fitur AI yang memungkinkannya untuk dapat mengoptimalkan pengaturan sehingga hasil gambar yang didapat pun bisa maksimal.

Spesifikasi Vivo Nex

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo)
ProsesorQualcomm SDM845 Snapdragon 845
KecepatanOcta-core (4×2.7 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
Memori
RAM8 GB
Memori Internal128/256 GB
Memori EksternalNo
Kamera
Depan
Pop-up 8 MP (f/2.0)

 

BelakangDual: 12 MP (f/1.8, 1/2.5″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF) + 5 MP (f/2.4), 4-axis OIS, phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
Video2160p@30fps, 1080p@30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Luas6.59 inches, 107.3 cm2 (~86.0% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 2316 pixels (~388 ppi density)
Bodi
Dimensi162 x 77 x 8 mm (6.38 x 3.03 x 0.31 in)
Berat199 g
BateraiNon-removable Li-Ion 4000 mAh battery
Pilihan WarnaBlack, Red
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / CDMA / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, BDS, GNSS
NFCNo
Jack 3,5 mmYes
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Lainnya
SensorFingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass

 

Leave a Comment