3 Cara Root Android Tanpa PC (Semua Merk) Cukup Sekali Klik

Apa itu Root ? Bisakah Hp Android di Root ? Bagaimana cara root Android tanpa PC yang benar ? 3 pertanyaan itu mungkin pernah mampir di pikiranmu ketika mendengar kata root Hp Android. Sebenarnya apa sih Root itu ? Root adalah sebuah proses yang memungkinkan kamu mendapatkan akses penuh ke dalam sistem operasi Android di Hp kamu. Selama ini untuk mengakses semua fitur dan melakukan kustomisasi pada Hp Android sering dibatasi oleh sistem yang dibenamkan oleh produsen pembuat Hpmu.

Cara Root Android Tanpa PC

Apakah Semua Hp Android Bisa di Root ?

Sistem operasi Android adalah salah satu sistem berbasis Linux dan bersifat Open Source. Ini artinya, kamu bisa memodifikasi sistem operasi sesuai kemauan pengguna. Hanya saja, karena produsen Hp memiliki tujuan satu dan lain hal, makanya akses untuk memodikasi Hp Android dibatasi. Proses untuk membatasi akses pengguna untuk memodifikasi Hp Android ini biasa disebut Lock Bootloader. Nah, jika kita melakukan Root di Hp Android, kita akan membuka kunci Lock Bootloader tersebut sehingga bisa mendapatkan akses penuh ke semua fitur yang dimiliki Android.

Apakah Root Hp Android Aman ?

Salah satu alasan kenapa produsen Hp mengunci akses ke semua fitur Android adalah keamanan. Jika akses root Hp Android dibuka, maka pengguna bisa saja mengubah-ubah standar sistem keamanan pada Hpnya sehingga akan berakibat kepada kerusakan total perangkat. Maka dari itu, Hp Android yang di Root, masa garansinya akan otomatis hangus karena produsen Hp sendiri tak mau bertanggung jawab terhadap kerusakan sistem yang disebabkan oleh ‘keisengan’ pengguna.

Cara Root Android Tanpa PC

Alasan lain kenapa produsen Hp mengunci akses semua fitur Android adalah supaya aplikasi bawaan yang dibenamkan ke dalam Hp bisa digunakan oleh pengguna. Aplikasi bawaan yang biasa disebut bloatware ini memang kadang sering menggangu untuk beberapa pengguna. Alasannya karena beberapa aplikasi bawaan tidak terlalu dibutuhkan dan justru memakan banyak memori internal. Jika pengguna diberi akses penuh ke sistem operasi Android maka mereka bisa menghapus aplikasi bawaan tersebut dengan mudah. Produsen Hp tentu tak ingin hal tersebut terjadi, maka dari itu mereka mengunci akses sistem operasi Android.

Jadi jika dilihat dari penjabaran di atas, bisa kita simpulkan bahwa Root Android tidak aman. Jika kamu terus nekat melakukannya, maka klaim garansi produk tidak akan berlaku dan jika Hp Android rusak total maka kamu tidak bisa memperbaikinya kembali. Namun di sisi lain, jika root Android berhasil dilakuan, kamu bisa mendapat banyak kelebihan. Apa saja kelebihan root Android dan apa pula kekurangannya ?

Kelebihan dan Kekurangan Root Hp Android

Sebelum kita membahas cara root Hp Android tanpa PC mari pelajari apa saja kelebihan root Hp Android:

Kelebihan Root Hp Android

  1. Bisa Hapus Aplikasi Bawaan. Seperti yang dijelaskan di atas, aplikasi bawaan yang tidak terlalu penting akan membebani kinerja Hp. Aplikasi bawaan akan memakan banyak tempat di memori internal dan RAM. Karena aplikasi bawaan dilindungi oleh sistem operasi produsen Hp, maka dari itu root akan membuka perlindungan tersebut agar kamu bisa menghapus semua aplikasi bawaan yang tidak penting
  2. Bisa Overclock Processor. Overclock adalah proses untuk memaksa processor Hp bekerja sampai ke titik maksimalnya. Overclock akan membuat performa Hp Android makin kencang, hanya saja proses ini tentu memiliki konsekuensi. Proses Overclock akan membuat processor sangat panas dan menguras banyak daya baterai. Jika panas tidak ditangani lebih lanjut akan mengakibatkan processor rusak
  3. Menambah Memori Internal dengan MicroSD. Jika kamu memiliki Hp dengan memori internal kecil pasti sering disulitkan karena harus sering hapus data dan aplikasi untuk membuat memori lebih lega. Jika kamu tidak ingin ini terjadi, kamu bisa menambah memori internal dengan memanfaatkan MicroSD. Pada intinya, memori internal kamu akan ditambah kapasitasnya dengan memori MicroSD. Metode ini tidak bisa dilakukan jika Hp Android kamu tidak di root
  4. Instal Aplikasi Terlarang. Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa diinstal, jika Hp Android kamu tidak di root, misalnya Titanium Backup. Dengan Root Android kamu bisa instal aplikasi apa saja dengan mudah
  5. Mengurangi Aplikasi Berjalan di Background. Aplikasi yang berjalan di background akan memakan banyak kapasitas RAM. Jika dibiarkan hal ini tentu akan berdampak ke menurunnya performa Hp. Nah untuk mengurangi aplikasi membandel yang berjalan di background bisa dengan cara root Hp Android.

Kekurangan  Root Hp Android

  1. Kehilangan Garansi Produk. Produsen Hp tidak akan bertanggung jawab terhadap kerusakan Hp akibat root. Karena tindakan root Hp Android adalah ilegal makanya klaim garansi tidak akan berlaku lagi, meskipun kamu baru membeli Hpnya  kemarin
  2. Tidak Bisa Update OTA. Update sistem operasi Android melalui OTA (Over The Air) tidak akan bisa dilakukan pasca root terjadi. Ini dikarenakan ada fitur OTA yang terhapus saat root dilakukan
  3. Performa Hp Kacau. Terkadang Hp yang sudah di root performanya bisa tiba-tiba menurun secara drastis. Ini dikarenakan sistem operasi Hp tidak stabil sehingga menyebabkan ada beberapa fitur yang tidak berjalan secara normal
  4. Rentan Terkena Virus. Root Hp Android akan menghilangkan fitur dan standar keamanan pada Hp. Ini tentu akan memperlebar celah keamanan di Hp kamu. Maka dari itu berhati-hatilah menyimpan informasi penting di Hp Android yang sudah di root
  5. Hp Mati Total. Konsekusensi paling buruk yang dialami ketika root Hp Android adalah Hp mati total atau sering restart sendiri. Ini dikarenakan ada proses root yang tidak benar sehingga merusak sistem operasi secara keseluruhan.

Kalau kamu  ingin root Hp Android untuk mendapatkan performa lebih kencang, ada baiknya ganti saja Hpmu dengan Hp Android baru yang kencang. Sultan punya rekomendasi Hp kencang dengan harga murah dan Hp keren dengan harga ramah kantong. Daripada root gagal dan akhirnya kamu beli Hp lagi, mending dari awal beli Hp murah dengan spesifikasi tinggi dan desain keren bukan?

3 Cara Root Android Tanpa PC

1. Root Android Tanpa PC dengan KingoRoot

KingoRoot adalah salah satu aplikasi root untuk Hp Android yang cukup direkomendasikan. Aplikasi ini bisa root Hp Android kamu dengan satu klik. Untuk download aplikasinya klik di sini. Cara menggunakannya pun sangat mudah cukup instal aplikasi ini (format apk) di Hp lalu jalankan dengan sekali klik. Setelah itu tunggu sampai proses root selesai.

Cara Root Android Tanpa PC

Aplikasi KingoRoot sudah bisa digunakan di hampir semua merk Hp Android, seperti: Samsung, Google, HTC, LG, Huawei, Sony, dan lain sebagainya. Sistem operasi Android yang bisa di root bisa dari versi Android 1.0 hingga 5.0. Sebelum root pastikan model atau tipe dan versi Android yang tertera di layar aplikasi sudah sesuai dengan Hp Androidmu.

2.  Root Android Tanpa PC dengan KingRoot

Meskipun namanya hampir sama dengan KingoRoot, namun King Root berbeda dengan aplikasi di atas. King Root memungkinkan kamu bisa root Hp Android tanpa PC dalam hitungan detik. Aplikasi ini bisa root Android dengan versi mulai dari 4.22 hingga 5.1. Untuk Root Android pun cukup mudah karena cukup klik tombol biru dan tunggu proses root selesai. Aplikasi King Root bisa didownload di sini.

Cara Root Android Tanpa PC

King Root dapat digunakan di beberapa tipe Hp Android. Namun supaya kamu lebih berhati-hati pastikan tipe dan versi Android kamu terbaca dulu di aplikasi. Jika tidak terbaca, jangan coba root Android dengan aplikasi ini karena bisa saja gagal.

3. Root Android Tanpa PC dengan iRoot

iRoot adalah aplikasi root Hp Android tanpa PC yang bisa diinstal di Hp. Cukup dengan satu kali klik kamu bisa root Android tanpa membutuhkan keahlian khusus dan teknik yang rumit. Aplikasi ini cukup aman digunakan untuk berbagai tipe dan model Hp Android terbaru. Mengenai dukungan, aplikasi root Android iRoot sudah bisa root Hp Android berbagai merk seperti Samsung, Google, Sony, HTC, dan lainnya. Sistem operasi Android yang digunakan pun bisa mulai dari versi 2.3 hingga 5.0. Untuk download aplikasinya bisa klik di sini.

Cara Root Android Tanpa PC

Sebelum mempraktekan cara root Android tanpa PC dengan aplikasi di atas, perhatikan dulu apakah Hp kamu bisa di root dengan ketiga aplikasi tersebut atau tidak. Jika bisa, model atau tipe Hp dan versi sistem operasi yang digunakan akan muncul di layar aplikasi. Jika tidak muncul jangan coba-coba root Androidmu. Bagaimanapun cara root Android yang kamu lakukan, tetap saja root Android merupakan tindakan yang kurang aman. Jika root Android gagal Hp kamu akan rusak total, tidak bisa dinyalakan sama sekali, dan klaim garansi tidak berlaku. Terima kasih sudah membaca semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment