Review Samsung Galaxy J2 Pro (Spesifikasi & Harga Terbaru)

Samsung Galaxy J2 Pro resmi dirilis ke pasaran untuk bersaing di kelas menenagah. Dengan banderol harga Rp 1,720,000, kamu bisa mendapatkan sebuah smartphone yang sudah didukung layar sentuh berteknologi Super AMOLED. Layar ini memiliki kualitas gambar dan warna lebih baik dibanding LCD. Reproduksi warna RGB yang baik dengan rasio kontras tinggi (100,000:1) membuat gambar di layar terlihat nyata.

Samsung Galaxy J2 Pro

Kemudian dari segi desain, Samsung Galaxy J2 Pro berusaha menghadirkan sensasi pemakaian yang lebih nyaman untuk penggunanya. Desain bodi melengkung pada bagian belakang membuat Galaxy J2 Pro terasa nyaman digenggam. Selain layar dan bodi yang lebih nyaman digunakan, apalagi kelebihan Samsung Galaxy J2 Pro?

Yuk sama-sama simak review Sultan berikut ini tentang Samsung Galaxy J2 Pro.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 Pro

Platform
OSAndroid 7.1 (Nougat)
ProsesorQualcomm Snapdragon 425
KecepatanQuad-Core 1.4 GHz Cortex A-53
GPUAdreno 308
Memori
RAM1.5GB
Memori Internal16 GB
Memori EksternalMicroSD up to 256 GB
Kamera
Depan5 MP
Belakang8 MP, Auto Focus with Flash
VideoFHD (1920 x 1080 piksel) @30FPS
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeSuper AMOLED
Luas5.0 inci (126.4 mm)
ResolusiqHD 540 x 960 piksel, 16 juta warna
Bodi
Dimensi143.8 x 72.3 x 8.4 mm
Berat153 g
Baterai2600 mAh
Pilihan WarnaGold, Black, Blue
Konektivitas
SIMDual-SIM
JaringanGSM/WCDMA/LTE
WLAN802.11 b/g/n 2.4GHz
BluetoothBluetooth v4.2
GPSGPS, Glonass, Beidou
NFC
PortAudio 3.5mm Stereo
USBMicro USB 2.0
Lainnya
SensorAccelerometer, proximity

Desain & Layar Samsung Galaxy J2 Pro

Samsung Galaxy J2 Pro memang dipersiapkan untuk menantang smartphone lain di kelas menengah. Namun jika melihat dari desain dan spesifikasi yang dibawa, nampaknya Samsung harus bekerja lebih keras merayu konsumen untuk membelinya. Galaxy J2 Pro mengusung konsep desain lawas ala hp Samsung pada 2 atau 3 tahunan lalu. Absennya pemindai sidik jari di smartphone ini menjadi salah satu kekurangan. Pasalnya dengan kisaran harga yang kurang lebih sama ada banyak smartphone lain di pasaran yang sudah memiliki pemindai sidik jari.

Samsung Galaxy J2 Pro

Jika dilihat dari kelebihan yang ditawarkan perangkat ini. Nampaknya Samsung hanya mengandalkan layar Super AMOLED. Walau menjagokan Super AMOLED, namun karena resolusi layarnya masih qHD 540 x 960 piksel, gambar yang ditampilkan di layar terlihat tidak begitu sempurna. Jika dibandingkan smartphone berlayar 5 inci lain yang rata-rata beresolusi HD, seolah membuat layar Galaxy J2 Pro ini terasa tidak begitu istimewa.

Kamera Depan & Belakang

Kamera merupakan salah satu fitur pentiing yang wajib ada di smartphone masa kini. Sebagai salah satu smartphone terbaru di 2018, tentu saja Galaxy J2 Pro juga dibekali dua buah kamera. Kamera depan Galaxy J2 Pro beresolusi 5 MP, sedangkan di belakang terdapat kamera beresolusi 8 MP. Dari segi hardware, nampak tidak ada sesuatu yang istimewa dari smartphone. Namun begitu, Samsung menyertakan fitur kamera terbaru untuk memudahkan kamu memotret.

Samsung Galaxy J2 Pro

Tombol Floating Shutter merupakan fitur terbaru yang memungkinkan kamu bisa memotret dengan kontrol sentuh yang lebih nyaman dan stabil. Tombol shutter bisa digeser ke kiri atau kanan untuk Zoom In dan Zoom Out ketika kamu memotret dengan kamera belakang. Antarmuka kamera juga dibuat lebih simpel. Cukup dengan swipe (usap) layar ke atas atau bawah dari fitur kamera, kamu bisa berpindah dari kamera depan ke belakang dengan mudah. Swipe ke kanan untuk memunculkan mode pemotretan dan ke kiri untuk memunculkan filter.

Prosesor Quad-Core dan RAM 1.5GB

Dari segi spesifikasi, nampaknya kamu harus cukup puas dengan performa Samsung Galaxy J2 Pro yang cukup seadanya. Prosesor quad-core 1.4 GHz dari Snapdragon 425 dengan dukungan RAM 1.5 GB memang cukup untuk menjalankan aplikasi biasa. Namun untuk menggunakan aplikasi yang lebih berat seperti game, atau multitasking dengan banyak aplikasi, Samsung Galaxy J2 Pro tentunya akan cukup kewalahan.

Samsung Galaxy J2 Pro

Kemudian, dari segi penyimpanan tersedia memori internal sebesar 16 GB. Memori sebesar ini pun rasanya akan membatasi kamu untuk menginstal banyak aplikasi dan menyimpan data. Karena jika semakin banyak aplikasi dipasang dan foto yang disimpan, semakin lama akan menggerus kapasitas penyimpanan internalmu. Untuk mengakalinya, Samsung sudah menyertakan slot microSD sehingga kamu bisa memperluas kapasitas penyimpanan smartphone hingga maksimal 256 GB.

Harga Samsung Galaxy J2 Pro

Untuk kisaran kelas menengah, Samsung Galaxy J2 Pro dibanderol dengan harga yang cukup menarik. Dengan harga Rp 1,720,000, kamu bisa mendapatkan sebuah smartphone berlayar Super AMOLED. Kemudian, dari segi spesifikasi Samsung Galaxy J2 Pro juga menawarkan performa yang sebenarnya cukup bisa diandalakan, walaupun akan cukup sulit saat menangani tugas lebih berat.

Leave a Comment