Review Oppo Find X Indonesia Terbaru (Harga dan Spesifikasi)

Kali ini Sultan akan memberikan review Oppo Find X terbaru. Seru sekali membahas mengenai smartphone dengan fitur layar penuh di tahun 2018 ini. Smartphone tersebut memiliki rasio screen-to-body sekitar 80 persen dan menyisakan sedikit bezel di bagian pinggirannya serta tak jarang dibantu dengan adanya “poni” untuk bisa mendapatkan layar yang lebih memanjang ke atas. Hingga saat ini, poni tersebut memiliki fungsi untuk memuat kamera depan dan komponen integral lainnya sehingga tak bisa dikesampingkan untuk mendapatkan desain layar yang benar-benar penuh.

Kabarnya, smartphone ini akan segera diluncurkan pada bulan Juli mendatang dengan banderol harga sekitar 16 juta. Kini dengan hadirnya smartphone keluaran terbaru Oppo Find X, produsen smartphone asal China ini telah menerima tantangan baru tersebut dan ikut berkompetisi melawan produsen lain dalam menciptakan smartphone yang semakin inovatif dengan cara menyembunyikan kameranya di bagian atas. Terdengar sangat unik bukan? Simak terus artikel ini untuk mengetahui review lengkapnya.

Desain Oppo Find X

Oppo Find X merupakan sebuah smartphone terbaru yang sangat memukau. Dengan bagian pinggir yang landai, desain berwana hitam yang indah, serta kemungkinan rasio screen-to-body yang tertinggi saat ini, smartphone ini akan dengan mudah menarik perhatian yang melihatnya. Bentuk bodinya terasa hampir mirip dengan Samsung Galaxy S9 ketika digenggam.

Oppo Find X

Bagian desain yang paling menarik untuk dibahas di sini adalah kamera depan dan kamera belakang tak akan kamu temukan di bodinya. Inilah inovasi terbaru yang membedakan Oppo Find X dengan smartphone lain yang tersedia di pasaran saat ini. Jadi di mana letak kedua kamera tersebut? Mekanisme kamera pada smartphone ini cukup unik karena di saat kamu membuka aplikasi yang membutuhkan kamera, maka smartphone ini akan mengeluarkan kamera tersembunyi tersebut dari bagian atas. Nah, di sini mungkin kamu berpikir bahwa komponen bergerak di smartphone itu ide yang buruk karena mungkin akan mudah rusak. Sultan pun berpikir demikian.

Tetapi faktanya, Oppo mengklaim bahwa mekanisme kamera tersebut memiliki daya tahan tinggi dan dapat naik turun hingga 300 ribu kali, namun mungkin kamu akan sangat sering menggunakan kamera tersebut. Hal ini dikarenakan perangkat ini juga menghilangkan pemindai sidik jari dan menggantinya dengan fitur pemindai wajah 3D. Fitur tersebut menggunakan cahaya infra merah untuk menciptakan pemetaan mendalam terhadap wajah kamu. Fitur tersebut juga merupakan inovasi canggih namun sangat mengadalkan keberadaan kamera. Nah, dengan begitu smartphone ini harus mengeluarkan dan memasukkan kameranya setiap kali kamu ingin membuka kunci smartphone, yang mana mungkin bisa membuat kamu resah akan hardware yang cepat rusak. Untuk itu masih perlu diketahui lebih jauh lagi mengenai seberapa kuat komponen bergerak tersebut.

Smartphone ini akan tersedia dalam dua pilihan warna yakni Bordeaux Red dan Glacier Blue yang mana kedua warna tersebut terlihat sangat indah dipandang, meskipun varian model warna merah akan terlihat sedikit keungu-unguan. Warna tersebut dikombinasikan dengan warna hitam di bagian tengah yang kemudian semakin ke bagian pinggir akan mengeluarkan warnanya secara perlahan.

Di bagian kanan Oppo Find X kamu bisa menemukan tombol power sedangkan tombol volume bisa kamu temukan di sebelah kirinya. Yang agak sedikit berbeda adalah bagian bawahnya yang terdapat port USB Type-C standar, speaker yang mengarah ke bawah, serta tempat untuk memasukkan kartu SIM. Oppo tidak menyematkan jack headphone di sini dan menggantinya dengan tempat kartu SIM tersebut.

Secara keseluruhan, desain dari Oppo Find X ini sangatlah indah dipandang dan juga sangat menarik perhatian. Oppo Find X bisa menjadi salah satu nominator terkuat apabila ada penghargaan mengenai keindahan sebuah desain smartphone.

Layar Oppo Find X

Selain mekanisme kameranya yang unik dan desainnya yang indah, layar yang dimiliki oleh Oppo Find X juga menjadi salah satu aspek yang sangat mencolok. Hal tersebut dikarenakan hampir dari seluruh bagian depan dari smartphone ini adalah layar dengan rasio screen-to-body yang mencapai 93,8 persen. Angka tersebut merupakan rasio tertinggi yang pernah ada, dan pesaing satu-satunya adalah Vivo Nex.

Oppo Find X

Ukuran dari layar tersebut juga terbilang besar dengan luas 6,42 inci dan rasio aspek 19,5:9. Kemudian seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa layar tersebut melengkung di bagian pinggirnya. Apabila kamu sudah pernah memegang hp Samsung Galaxy serupa maka kamu akan mengerti bagaimana pengalaman penggunaannya. Sayangnya, desain seperti ini biasanya kurang nyaman digunakan terutama ketika sedang mengambil foto karena jari kamu mungkin saja bisa menyentuh layar secara tidak sengaja.

Layar tersebut dirancang dengan teknologi AMOLED beresolusi 1080 x 2340 yang terlihat sangat menakjubkan. Warna yang disajikannya juga sangat jelas dan terasa hidup. Kemampuan layar ini dalam meredupkan kecerahannya juga patut diacungi jempol. Dengan begitu kamu bisa merasa nyaman ketika membaca artikel melalui smartphone ini dalam waktu yang lama dan mata tak akan mudah merasa lelah ketika memandangnya.

Performa Oppo Find X

Dengan dipersenjatai mesin keluaran terbaru, Oppo Find X memiliki kemampuan untuk bekerja secara mengagumkan. Penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 845 membuat smartphone ini dapat menyemburkan tenaga yang besar untuk dapat menjalankan berbagai macam aplikasi. Hal tersebut membuat smartphone ini dapat bersaing dengan smartphone papan atas lainnya seperti Samsung Galaxy S9, OnePlus 6, dan banyak lainnya. Selain itu smartphone ini dibekali pula dengan memori RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB serta baterai berkapasitas 3.730 mAh. Hal tersebut akan membuat smartphone ini bekerja dengan sangat mulus tanpa tersendat.

Oppo Find X

Komponen Luar Oppo Find X

Memang cukup mengagetkan ketika mengetahui bahwa Oppo Find X ini tidak dilengkapi dengan pemindai sidik jari, dan penggunanya “dipaksa” menggunakan pemindai wajah untuk membuka kunci. Hal tersebut bisa saja membuat para calon pembelinya merasa ragu untuk memiliki smartphone ini karena mekanisme kamera tersembunyi yang dimilikinya harus selalu bekerja jika kamu ingin membuka kunci. Mungkin akan terdengar merepotkan jika kamera tersebut harus keluar terlebih dahulu setiap kamu ingin menggunakan smartphone ini. Tapi nyatanya proses tersebut sangatlah cepat dan akan membuat kamu terkejut. Smartphone ini dapat mengeluarkan kamera, membaca wajah, dan memasukkannya kembali dengan waktu yang sangat cepat.

Oppo Find X

Fitur pemindai wajah yang dimiliki oleh Oppo Find X ini hampir mirip dengan yang dimiliki oleh iPhone X di mana kamera tersebut menggunakan cahaya infra merah untuk bisa mendapatkan pemetaan mendalam terhadap wajah pemiliknya. Hal ini membuat kamera tersebut dapat mengenali wajah dengan lebih akurat. Meskipun demikian, sangat disayangkan mengapa Oppo harus menghilangkan fitur pemindai sidik jari walaupun kini sudah ada pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan layar seperti yang dimiliki Vivo NEX.

Oppo Find X

Smartphone ini tidak dirancang untuk dapat bertahan dari air karena tidak ada sertifikasi yang menyertainya. Meskipun begitu, sedikit cipratan air mungkin tidak akan mudah merusak smartphone canggih ini. Akan tetapi perlu diingat bahwa air bisa saja masuk dengan mudah ketika smartphone ini mengeluarkan kameranya sehingga kamu tetap perlu berhati-hati dengan air.

Hadir dengan kapasitas penyimpanan internal yang sangat besar yakni 256 GB, Oppo Find X tidak menyertakan opsi untuk dapat menggunakan kartu microSD karena tidak adanya slot untuk itu. Meskipun kapasitas bawaannya memang sudah sangat besar, namun para pengguna pasti akan lebih merasa nyaman ketika mereka bisa memilih untuk memperbesar kapasitas tersebut.

Kamera Oppo Find X

Meskipun posisinya tersembunyi, namun kamera yang dimiliki oleh Oppo Find X ini tetap bisa dibanggakan. Di bagian belakang terdapat dua buah kamera yang terdiri dari 16 MP dan 20 MP yang memiliki kualitas cukup baik. Kemudian di bagian depan kamu akan menemukan kamera 25 MP yang juga memiliki kualitas yang tak bisa dianggap remeh.

Oppo Find X

Oppo menyertakan mode potrait pada perangkat ini dan mode tersebut dapat bekerja dengan mengesankan. Pemrosesan foto tersebut dapat dilakukan dengan cukup cepat dalam memisahkan objek dengan background di belakangnya. Sebagai tambahan, walaupun kamera tersebut tersembunyi di dalam, namun tak menghalangi debu untuk menempel.

Oppo Find X

Spesifikasi Oppo Find X

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo)
ProsesorQualcomm SDM845 Snapdragon 845
KecepatanOcta-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPUAdreno 630
Memori
RAM8 GB
Memori Internal256 GB
Memori EksternalNo
Kamera
Depan25 MP (f/2.0)
BelakangDual: 16 MP (f/2.0, 1/2.6″, 1.22µm, PDAF, OIS) + 20 MP (f/2.0, 1/2.8″, 1.0µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash
Video[email protected], [email protected], [email protected]
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeAMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Luas
6.42 inches, 101.2 cm2 (~87.0% screen-to-body ratio)

 

Resolusi1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~401 ppi density)
Bodi
Dimensi156.7 x 74.2 x 9.4 mm (6.17 x 2.92 x 0.37 in)
Berat186 g
BateraiNon-removable Li-Ion 3730 mAh battery
Pilihan WarnaBordeaux Red, Glacier Blue
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFCYes
Port 
USB2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Lainnya
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass

 

Leave a Comment