Review Samsung Galaxy Fold: Pengalaman Baru dengan HP Lipat

Beberapa waktu lalu, Samsung akhirnya merilis smartphone revolusionernya bernama Samsung Galaxy Fold dengan desain yang unik. Beberapa waktu sebelum rilis, produsen smartphone lain asal Tiongkok bernama Huawei juga merilis smartphone dengan desain yang mirip-mirip. Namun, bukan Samsung namanya, kalau nggak mendobrak standar yang pernah ada sebelumnya. Nggak cuma desainnya saja yang keren dan unik, Samsung Galaxy Fold punya performa yang ajib. Menurut Sultan, Samsung ingin membuktikan bahwa teknologi Smartphone bisa naik level.

Samsung Galaxy Fold

Seperti namanya, Galaxy Fold hadir dengan desain lipat seperti buku. HP ini mengingatkan Sultan dengan HP communicator milik Nokia yang dirilis lebih dari satu dekade lalu. Nggak hanya itu saja, dengan smartphone ini Samsung menawarkan pengalaman baru dalam menggunakan smartphone yakni menggabungkan HP dengan tablet. Nah pada kali ini, Sultan akan memberikan review tentang Galaxy Fold pada artikel ini. Bagi kalian yang penasaran, yuk ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy Fold

Harga: Rp 30,880,000

ChipsetQualcomm Snapdragon 855
CPUOcta-core up to 2.84 GHz
RAM12 GB
Memori Internal512 GB
Memori Eksternal
Kamera Depan10 MP F.2.2, 8 MP F.1.9
Kamera Belakang12 MP F.1.5-2.4, 16 MP F.2.2 (ultrawide), 12 MP F.2.4 (telephoto)
Format Video[email protected][email protected]/240fps, [email protected]; Front [email protected], [email protected]
Teknologi LayarDynamic AMOLED, Super AMOLED
Ukuran Layar7.3 inci
Resolusi Layar1536 x 2152 piksel, 720 x 1680 piksel
Dimensi160.9 × 117.9 × 6.9 mm (dibentangkan)

160.9 x 62.9 x 15.5 mm (dilipat)

Berat263 g
Baterai4380 mAh
WiFiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothBluetooth 5.0
NFCYes
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Audio JackNo
Port3.1, Type-C 1.0

Desain dan Ukuran Samsung Galaxy Fold

Seperti yang Sultan jelaskan sebelumnya, Galaxy Fold memiliki desain yang menarik dan unik. Samsung ingin menggabungkan tablet dengan smartphone pada satu perangkat. HP ini memiliki ukuran 160.9 x 62.9 x 15.5 mm ketika dilipat dan 160.9 x 117.9 x 6.9 mm ketika dibuka. Untuk beratnya, Galaxy Fold mencapai 263 gram. Terlihat wajar dengan berat segitu karena smartphone ini memiliki ketebalan lebih.

Samsung Galaxy Fold

Di samping itu, layarnya mengusung panel Dynamic AMOLED dengan resolusi 1536 x 2152 piksel. Ditambah lagi layarnya sudah mendukung HDR10+ menambah kenikmatan menatap layar. Dengan spesifikasi layar seperti itu, Galaxy Fold sudah enak banget buat nonton konten di YouTube ataupun film-film kegemaran kamu di Netflix. Selain itu, pada bagian depan, smartphone lipat dari Samsung ini hadir dengan layar yang mengusung panel Super AMOLED dengan resolusi HD+. Bisa dilihat bahwa Samsung nggak tanggung-tanggung untuk menyematkan layar AMOLED pada kedua bagiannya.

Performa Layaknya Smartphone Flagship

Galaxy Fold sendiri merupakan smartphone yang ditujukan untuk para pengguna enthusiast atau para sultan. Hal ini bisa dilihat dari harganya yang di atas Rp 30 jutaan. Untuk performanya, Galaxy Fold ditenagai dapur pacu Qualcomm Snapdragon 855 yang mana merupakan chipset untuk smartphone flagship rilisan 2019. Sedangkan, untuk memorinya Samsung hanya menawarkan satu opsi yakni 512 GB dengan 12 GB RAM. Sudah kebayangkan gimana kencangnya performa smartphone besutan produsen asal negeri gingseng ini?

Samsung Galaxy Fold

Tapi kalau kamu masih ingin tahu dengan performanya Sultan bakalan tunjukkan performa Galaxy Fold ketika digunakan untuk gaming. Sepertinya selain pengujian menggunakan aplikasi benchmark seperti AnTuTu, ngetes dengan game-game berat bisa menjadi tolok ukur bahwa HP tersebut kencang atau enggak. Jika kita merujuk ke skor AnTuTu, Galaxy Fold mendapatkan skor yang sangat tinggi yakni 455,369.

Samsung Galaxy Fold

Kemudian, Sultan mencoba tes game ini dengan game yang sedang digandrungi yakni PUBG, Asphalt 9 dan Call of Duty mobile dengan setting grafis tertinggi. Dan hasilnya sangat memuaskan. Sepertinya memang sudah standar ya smartphone dengan Snapdragon 855 mampu melibas game-game mobile dengan hasil yang memuaskan.

Baterai dan Kamera

Pada lini baterai, Galaxy Fold memiliki baterai berkapasitas 4,380 mAh. Sepertinya kapasitas baterai tersebut sudah cukup untuk smartphone berukuran besar dengan jumlah layar lebih dari satu. Akan tetapi untuk daya tahannya? Ya, kalian nggak bisa berharap lebih bisa mendapatkan daya tahan baterai yang sangat lama. Kemudian pada bagian kameranya, Samsung menyematkan enam buah kamera.

Kamera utamanya hadir dengan sensor 12 MP 1/2.55 inci 1.4um piksel dengan bukaan f/1.5-2.4. Kamera smartphone ini dibekali dengan fitur menarik yakni Dual Pixel Phase-detection Autofocus (PDAF) dan juga Optical Image Stabilization (OIS). Selanjutnya kamera telephoto 12 MP dengan bukaan f/2.4 dan OIS dan juga kamera ultrawide dengan resolusi 16 MP.

Nggak cuma itu, Galaxy Fold menghadirkan kamera depan pada bagian dalam dengan sensor 10 MP yang disertai dengan bukaan f/1.9 yang juga didukung dengan fitur PDAF. Kamera depan keduanya hadir dengan resolusi 8 MP terletak di bagian atas kamera depan utama. Hasil kamera Galaxy Fold sangatlah memuaskan. Kamu bisa mendapatkan hasil foto yang cukup tajam dan jernih.

Kesimpulan

Dengan fitur yang begitu canggihnya, sudah pasti smartphone Samsung ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Mungkin bagi Sultan cuma kalangan Sultan saja yang bisa beli. Namun kalau kamu usaha dan kerja keras, ya siapa tahu dapat. Tertarik?

Leave a Comment