Review Nokia 2.2: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Terbaru

Nokia 2.2 hadir sebagai pilihan untuk kamu yang sedang mencari smartphone dengan harga yang terjangkau. Ponsel satu ini adalah kelanjutan dari seri 2 yang ingin menawarkan sistem operasi sederhana yakni Android One. Meski dirilis tahun lalu, bukan berarti smartphone kelas entry-level ini dilewatkan.

Nokia 2.2

Dengan harga di bawah Rp 1 jutaan, smartphone ini cukup menarik untuk dimiliki. Namun, apakah dengan harga segitu, Nokia 2.2 memiliki komponen atau hardware yang sudah mumpuni untuk kebutuhan harian kamu? Nah, bagi kamu yang penasaran, Sultan kali ini akan membahas smartphone dari salah satu brand asal Finlandia yang namanya sudah santer di Indonesia. Penasaran dengan ulasannya? Ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga Nokia 2.2

Seperti yang Sultan jelaskan sebelumnya, penerus Nokia 2 ini hadir untuk pengguna entry level yang tentu harganya juga terjangkau. Sultan sebelumnya sudah mengulas tentang smartphone Nokia kelas menengah terbarunya, yakni Nokia 5.3. Untuk smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau, paket penjualan yang ditawarkan oleh ponsel entry level dari Nokia ini cukup lengkap. Kamu akan mendapatkan sebuah headset, charger adapter, kabel data microSD, buku manual, earset mono, dan nomor perdana. Untuk spesifikasinya pun sudah cukup anyar untuk smartphone kelas entry-level. Apabila kamu tertarik untuk memiliki smartphone murah satu ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 1,799,000 saja. Bagaimana? Murah bukan?

Spesifikasi Nokia 2.2

Berikut spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel Nokia 2.2.

ChipsetMediatek MT6761 Helio A22
CPUQuad-core 2.0 GHz Cortex-A53
RAM2GB, 3GB
Memori Internal16 GB, 32 GB
Memori EksternalmicroSDXC
Kamera Depan13 MP, f/2.2, 1/3.1″, 1.12µm, AF
Kamera Belakang5 MP
Format Video[email protected], [email protected]
Teknologi LayarIPS LCD Display
Ukuran Layar5.71 inci, 19:9
Resolusi LayarHD+, 1520 x 720 piksel
Dimensi146 x 70.6 x 9.3 mm
Berat153 g
Baterai3000 mAh
WiFiWLAN 802.11b/g/n/ac
BluetoothBluetooth 4.2
NFCYes
GPSGPS, AGPS, GLONASS, BDS
Audio JackYes, 3.5 mm Audio Jack Standard
PortmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Ukuran dan Desain

Selain spesifikasi yang ditawarkan, kamu tentu nggak bisa ekspektasi lebih dengan desain yang dimiliki oleh Nokia 2.2. Smartphone satu ini hadir dengan desain standar dengan notch water drop. Selain itu, layarnya mengusung panel LCD IPS dengan resolusi 1520 x 720 pada rasio layar 19:9. Meskipun tak terlihat begitu istimewa pada segi desainnya, layar yang dimiliki oleh smartphone dari Noka ini tergolong memiliki kualitas yang cukup baik. Visualnya terlihat lumayan tajam dan juga jelas.

Nokia 2.2

Ponsel ini memiliki dimensi 146 x 70.6 x 9.3 mm dan berat sekitar 153 gram. Tentu bobot ringannya ini dipengaruhi oleh materialnya yang terbuat dari plastik. Nggak hanya itu, ketika banyak smartphone sekarang yang hadir dengan baterai tanam, Nokia 2.2 tampil dengan body belakang yang bisa dilepas.

Spesifikasi Kamera Depan dan Belakang

Sebagai smartphone murah, kamu tentu nggak bisa mengharapkan kamera yang canggih yang disertai dengan kamera dengan lensa ultra-wide atau zoom tinggi. Kamera yang terdapat di ponsel satu ini begitu sangat sederhana. Bagian belakangnya terdapat sebuah kamera utama degan sensor 13 MP dan kamera depan dengan sensor 5 MP.

Meski kameranya sangat sederhana, kamera yang ada pada di Nokia 2.2 dilengkapi fitur Google Lens karena sistem operasi Android One. Untuk kamu yang suka merekam video, kedua kamera di Nokia 2.2 sudah mampu merekam video dengan resolusi Full HD dengan 30 fps.

Nokia 2.2

Performa, Skor AnTuTu, dan Baterai

Hp satu ini ditenagai oleh chipset Mediatek Helio A22 dengan konfigurasi prossor quad-core 2.0 GHz Cortex-A53 dan dirancang dengan fabriakasi 12 nm. Sedangkan untuk GPU-nya, chipset ini hadir dengan PowerVR GE8320. Ketika diuji dengan aplikasi AnTuTu, skor yang diperoleh adalah 63719. GPU dan CPU-nya seenggaknya sudah mampu memainkan game yang tidak terlalu berat seperti Mobile Legends dan semacamnya.

Kamu bisa tetap mabar dengan teman-mu dengan lancar dengan menggunakan smartphone satu ini. Bagaimana dengan baterainya? Smartphone besutan Nokia ini menggunakan baterai Li-Ion berukuran 3000 mAh yang bisa kamu lepas dan juga pasang. Untuk daya tahannya pun cukup kuat karena chipset yang terpasang pun terbilang hemat daya.

Kelebihan dan Kekuranagn Nokia 2.2

Berikut rangkuman kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Nokia 2.2.

Kelebihan Nokia 2.2

  • Daya tahan baterai baik
  • Sistem operasi Android One
  • Baterai yang bisa dilepas dan dipasang
  • Tombol Google Assistant.

Kekurangan Nokia 2.2

  • Performa yang lambat
  • Kamera yang kurang bagus performanya
  • Desain yang terlihat murahan
  • Tidak ada sensor sidik jari
  • Face Recognition yang lambat
  • Tidak ada notifikasi LED.

Kesimpulan

Kamu nggak bisa berharap banyak dengan smartphone yang harganya 1 jutaan. Tentu ada harga ada barang. Namun untuk kamu yang budgetnya sangat mepet, smartphone ini sangat tepat untuk kamu. Ya smartphone ini kalau hilang juga nggak terlalu menyesakkan hati kok.

Leave a Comment