Skip to content
Home » Tutorial » Cara Menyimpan Video dari Facebook (100% Berhasil)

Cara Menyimpan Video dari Facebook (100% Berhasil)

Sebagian besar pengguna Facebook menggunakan media sosial yang satu ini untuk menonton video yang muncul di timeline mereka. Namun terkadang mungkin ada sebuah video yang sangat ingin disimpan entah karena sangat menarik, lucu, inspiratif, atau ingin ditonton lain waktu. Kali ini Sultan akan membagikan cara menyimpan video dari Facebook ke komputer, laptop, smartphone, atau tablet kamu dan menontonnya secara offline.

Menyimpan Video dari Facebook Menggunakan Komputer atau Laptop

Apabila sebuah video muncul di timeline Facebook kamu setelah seorang teman membagikannya, kamu sebenarnya bisa mengunduh video tersebut sebagai sebuah file MP4 dan menyimpannya pada penyimpanan lokal untuk ditonton lain waktu. Untuk dapat melakukannya, kamu harus sedikit mengelabui Facebook dan membuatnya mengira bahwa kamu sedang membuka media sosial tersebut dari sebuah perangkat mobile. Langkah yang ada di bawah ini dapat digunakan untuk sebagian besar video Facebook.

Cara Menyimpan Video dari Facebook

  1. Setelah membuka video yang ingin kamu download, klik kanan pada video tersebut.
  2. Sebuah pop-up menu akan muncul di depan video tersebut dan memberikan beberapa pilihan opsi. Pilih menu yang bertuliskan “Show video URL.”
  3. Sebuah pop-up lain akan muncul dan menampilkan link langsung atau URL dari video tersebut, dan klik salin atau copy.
  4. Tempelkan atau paste URL yang telah disalin tadi ke sebuah tab baru di browser kamu.
  5. Setelah itu kamu bisa sedikit mengubah link yang telah berada di tab baru dengan mengganti wwwke m. Jadi bagian depan dari link tersebut yang sebelumnya www.facebook.com kini menjadi m.facebook.com, kemudian tekan enter untuk memuat link tersebut.
  6. Video tersebut akan ditampilkan dengan tampilan yang telah dioptimalkan untuk halaman mobile. Klik play pada video tersebut.
  7. Ketika video sedang diputar, kamu bisa klik kanan di video tersebut dan kini akan muncul sebuah pop-up menu baru yang menawarkan opsi berbeda. Klik pada menu bertuliskan “Save video as.”
  8. Simpan video tersebut ke lokasi yang kamu inginkan di komputer kamu dan klik tombol “Save.” Selesai. Video tersebut sekarang ada di komputer kamu dan kamu bisa memainkannya kapanpun kamu mau.
Baca Juga  2 Cara Hard Reset Advan Terbaru (HP Lama Jadi Baru)

Cara Menyimpan Video dari Facebook Menggunakan Smartphone Android atau iOS

Menyimpan video dari Facebook juga dapat dilakukan melalui perangkat kesayangan kamu baik itu Android maupun iOS. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan pun sedikit berbeda dengan cara yang telah disebutkan untuk menyimpan video melalui komputer.

Cara Menyimpan Video dari Facebook

Untuk ini, kamu memerlukan sebuah aplikasi tambahan yang bernama Friendly for Facebook yang bisa kamu download dari Google Play atau App Store secara gratis. Aplikasi ini akan meningkatkan pengalaman yang kamu dapat ketika membuka Facebook dengan serangkaian fitur tambahan yang termasuk juga fitur untuk menyimpan video.

Android

Setelah menemukan video yang ingin kamu simpan ke dalam perangkat Android kamu, tekan tombol play pada video tersebut. Sebagaimana video tersebut mulai berputar, sebuah tombol yang bertuliskan “Download” akan muncul di bagian kanan bawah layar. Klik pada tombol tersebut untuk menyimpan video ke galeri multimedia di hp Android kamu.

iOS (iPhone, iPad, iPod touch)

Aplikasi Friendly for Facebook menempatkan tombol khusus di sebelah kanan tombol “Share” ketika terdapat sebuah video di suatu post di Facebook. Tombol tersebut ditampilkan dengan logo awan dan tanda panah ke bawah yang akan memunculkan beberapa opsi ketika ditekan. Untuk menyimpan video, pilih tombol “Download Video to Camera Roll.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *