Skip to content
Home ยป Tips & Trik ยป Cara Membersihkan Kamera HP (Foto Jadi Kinclong!)

Cara Membersihkan Kamera HP (Foto Jadi Kinclong!)

Mengetahui cara membersihkan kamera hp memang perlu. Lensa kamera pada hp kamu memang sangat mudah kotor seperti terkena debu dan noda dari tangan. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena cara membersihkannya sangatlah mudah. Kamu bisa menggunakan semprotan angin kalengan untuk membantu menghilangkan debu dan bekas jari serta noda yang menggumpal dapat dibersihkan menggunakan kain microfiber. Namun jika noda kamera tersebut ada di sisi dalam lensa, maka mau tidak mau kamu harus mendatangi teknisi hp resmi untuk membersihkannya karena bila kamu membuka hp sendiri tanpa pengetahuan yang cukup, risiko kerusakan internal bisa sangat besar.

1. Membersihkan Kamera HP dari Debu

Untuk membersihkan kamera hp kamu dari debu, kamu bisa membeli semprotan angin kaleng yang tidak mengandung bahan kimia aditif. Kamu bisa mendapatkannya di toko perkakas terkedat atau bisa juga beli secara online. Pilih produk yang hanya menggunakan udara saja tanpa menambahkan bahan kimia apapun. Kemudian, seperti yang diketahui bahwa kamera hp kamu memang terlindungi dengan sangat baik, namun kamu juga tidak ingin mengambil risiko untuk merusaknya. Semprotan angin bisa menyemburkan angin dengan sangat kuat sehingga kamu harus memberi jarak ketika menyemprot paling tidak 30 cm. Semprotkan hingga kamu lihat tidak ada lagi debu yang menempel.

Cara Membersihkan Kamera HP

2. Membersihkan Kamera HP dari Bekas Jari dan Noda

Apabila kamu mendapati ada bekas jari atau noda lain pada kamera hp, kamu bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkannya. Kamu bisa membeli kain microfiber di department store terdekat dan juga secara online. Tekstur yang dimiliki oleh kain jenis ini dapat dengan mudah membersihkan bekas jari dan noda yang menempel pada kamera hp kamu. Dengan perlahan, sekalah permukaan kamera hp menggunakan kain microfiber, dan ulangi beberapa kali seperlunya jika kamu masih melihat ada noda yang menempel. Kamu tak perlu menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia, karena dalam beberapa kasus, bahan kimia tersebut bisa saja merusak lensa kamera. Gunakanlah hanya kain microfiber tanpa tambahan apapun termasuk air.

Baca Juga  Cara Cari Teman di Facebook Dengan Nomor HP (100% Akurat)

Cara Membersihkan Kamera HP

3. Menjaga Tetap Bersih

Setelah lensa kamera bersih, kini tugas kamu adalah untuk menjaganya tetap bersih dalam waktu yang lama. Untuk ini kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut. Pertama, ketika kamu meletakkan hp kamu, letakkanlah dengan posisi kamera menghadap ke atas. Hal ini dapat mencegah lensa dari bersentuhan langsung dengan permukaan kotor yang bisa ikut mengotori lensa. Kemudian yang kedua, ketika kamu menyimpan hp kamu di dalam tas atau saku celana, pastikan hp kamu tidak berada satu tempat dengan barang lain yang sifatnya merusak seperti kunci yang bisa menggores lensa kamera. Terakhir, kamu bisa menggunakan case yang tak hanya bisa melindungi layar hp, namun juga lensa kamera.

Cara Membersihkan Kamera HP

1 thought on “Cara Membersihkan Kamera HP (Foto Jadi Kinclong!)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *