Terbaru! Samsung Galaxy J7 Duo (Review Harga & Spesifikasi)

Samsung Galaxy J7 Duo siap menjadi penantang terbaru di segmen kelas menengah. Dengan harga Rp3,699,000, kamu bisa mendapatkan smartphone berotak Exynos 1.6 GHz yang punya dua kamera belakang. Smartphone ini ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah yang suka fotografi. Anggota baru keluarga Galaxy seri J ini juga sudah didukung fitur kekinian seperti fitur pengenal wajah dan asisten digital Bixby yang sebelumnya hanya ada di beberapa seri flagship.

Samsung Galaxy J7 Duo

Dengan diluncurkannya Galaxy J7 Duo, seolah-olah Samsung ingin menjawab tantangan pesaingnya untuk mengeluarkan smartphone yang punya dua kamera utama dan dijual dengan harga terjangkau. Saat diluncurkan pada Mei 2018, Galaxy J7 Duo bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga hanya 3.6 jutaan saja.

Jika dilihat sekilas, nampak tidak ada perubahan signifikan antara desain Samsung Galaxy J7 Duo dengan Galaxy J7 reguler. Namun begitu, J7 Duo tentunya sudah memiliki banyak peningkatan di sana sini. Apa saja peningkatan tersebut? Simak review Sultan berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Duo

Platform
OSAndroid 8.0 (Oreo)
ProsesorExynos 7870
KecepatanOcta-Core 1.6 GHz Cortex-A53
GPUMali T830 MP1
Memori
RAM3GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalMicroSD up to 256 GB
Kamera
Depan8 MP, F1.9 with Flash
Belakang13 MP + 5 MP, F1.9 Auto Focus with Flash
VideoFHD (1920 x 1080) @30fps
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Layar
TipeSuper AMOLED
Luas5.5 inci (139.5 mm)
ResolusiHD 1280 x 720 piksel
Bodi
Dimensi153.5 x 77.2 x 8.2 mm
Berat174 g
Baterai3000 mAh
Pilihan WarnaBlue, Black, Gold
Konektivitas
SIMDual-SIM
JaringanGSM/WCDMA/LTE
WLAN802.11 a/b/g/n/ac 2.4G+5GHz, VHT80
BluetoothBluetooth v5.0 (LE up to 2 Mbps)
GPSGPS, Glonass, Beidou
NFC
PortAudio 3.5 mm Stereo
USBMicro USB 2.0
Lainnya
SensorAccelerometer, Fingerprint Sensor, Proximity Sensor

Layar Super AMOLED

Layar merupakan salah satu kelebihan Samsung Galaxy J7 Duo. Smartphone kelas menengah ini sudah mendapat upgrade spesifikasi luar biasa berkat dukungan layar Super AMOLED. Panel layar yang jadi kebanggan Samsung ini punya kualitas warna dan detail gambar lebih baik dibanding layar LCD. Jadi meskipun layar Galaxy J7 Duo yang seluas 5.5 inci hanya beresolusi HD, namun kualitas gambarnya tetap memuasakan.

Samsung Galaxy J7 Duo

Dua Kamera Belakang

Kabar baik untuk kamu yang suka fotografi. Kini kamu bisa mencicipi hebatnya kamera kelas pro ala ponsel di Galaxy J7 Duo. Kamera belakang smartphone ini terdiri dari dua buah kamera beresolusi 13 MP dan 5 MP. Bukaan lensa yang sama lebarnya yakni F1.9 menjamin hasil tangkapan gambar kamu tetap jelas meskipun dibidik di kondisi minim cahaya. Tak cuma kamera belakang, kamera depan 8 MP milik Galaxy J7 Duo juga dibekali bukaan lensa lebar F1.9.

Samsung Galaxy J7 Duo

Fitur Kamera Samsung Galaxy J7 Duo

Fitur kenamaan Samsung seperti Live Focus kini hadir di Galaxy J7 Duo. Fitur ini memungkinkan kamu menyetel fokus atau pengaburan latar belakang saat foto diambil. Kamu bahkan bisa mengedit bentuk dan pencahayaan latar belakang yang dikaburkan tersebut. Dengan Live Focus kamu bisa ciptakan foto dengan efek bokeh memukau seperti di kamera SLR.

Selain Live Focus, Samsung juga menyertakan beberapa koleksi filter dan stiker terbaru. Kreasikan foto selfiemu sebelum diposting ke media sosial dan jaring LIKE sebanyak-banyaknya. Selain itu fitur Facial Reconition juga dibenamkan di kamera depan. Dengan bantuan kamera depan, smartphone ini bisa mengenali siapa pemiliknya. Kunci layar dapat dibuka secara otomatis cukup dengan hadapkan wajahmu ke depan layar.

Fitur Keamanan Ponsel

Walaupun lebih simpel, membuka kunci layar dengan Face Recognition sebenarnya sangat rawan dari pembobolan. Oleh karena itu selain bisa mmebuka kunci lewat pengenal wajah, Samsung Galaxy J7 Duo juga bisa membuka kunci layar melalui pemindai sidik jari. Pemindai sidik jari Galaxy J7 Duo ada di tombol Home. Tak cuma bisa membuka kunci layar, pemindai sidik jari juga bisa untuk login dan membuka aplikasi tertentu.

Samsung Galaxy J7 Duo

Untuk melindungi data pribadi kamu bocor ke tangan tak bertanggung jawab. Samsung Galaxy J7 Duo menyediakan fitur Samsung Secure Folder. Folder yang terenkripsi ini bisa digunakan untuk simpan foto, video, dan dokumen yang sangat rahasia.

Prosesor Octa-Core + RAM 3GB

Samsung Galaxy J7 Duo ditenagai prosesor Exynos 7870. Prosesor ini terdiri dari 8 buah otak dengan kecepatan maksimal hingga 1.6 GHz. Untuk menjalankan aplikasi yang cukup berat mungkin akan terasa sedikit kewalahan apalagi games 3D yang kompleks. Namun untuk urusan multitasking tak perlu diragukan lagi. Jumlah otak lebih banyak dan RAM sebesar 3GB memungkinkan kamu bisa pakai banyak aplikasi dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi dengan mudah.

Kapasitas penyimpanan internal yang sebesar 32 GB tentu jadi andalan untuk bisa instal banyak aplikasi di dalam satu perangkat. Namun mengingat jumlah penyimpanan internal yang tersisa hanya sekitar 21.8 GB, kamu harus lebih selektif untuk membagi penyimpanan untuk foto, video, dan aplikasi. Jika penyimpanan sebesar itu dirasa kurang cukup, kamu bisa tambah dengan MicroSD hingga 256 GB.

Asisten Digital Bixby

Kini asisten digital pintar Bixby hadir di Samsung Galaxy seri J. Dengan bantuan Bixby, kamu bisa cari informasi yang paling penting dengan mudah, akses aplikasi dan informasi lebih cepat, dan mengingat jadwal penting setiap hari.

Bixby memiliki dua fitur unggulan yakni Bixby Home yang bisa merangkum semua informasi penting yang berhubungan dengan rutinitasmu sehari-hari. Bixby mempelajari perilaku penggunanya setiap saat sehingga bisa menampilkan informasi paling relevan dengan mudah. Kedua yakni fitur Bixby Reminders. Ini bukanlah fitur Reminders biasa. Bixby Reminders bisa mengingatkan penggunanya tidak hanya berdasarkan waktu namun juga tempat. Misalnya, Bixby bisa mengingatkan kamu untuk menonton video yang ingin kamu tonton setelah sampai di rumah.

Harga Samsung Galaxy J7 Duo

Saat diperkenalkan secara perdana, Samsung Galaxy J7 Duo dilepas ke pasaran dengan banderol harga Rp 3,699,000. Dengan kisaran harga 3 jutaan kamu bisa mendapatkan smartphone Samsung dengan dua kamera belakang dan layar Super AMOLED. Berbicara tentang harga, walaupun masih cocok untuk kalangan kelas menengah, namun Samsung harus berupaya keras untuk melawan ponsel pesaingnya seperti Redmi Note 5 atau Zenfone Max Pro M1 yang punya spesifikasi lebih tinggi namun dijual dengan harga lebih murah.

Leave a Comment