Home » Info » 7 Jenis Kamera di Smartphone Android/iOS Beserta Fungsinya

7 Jenis Kamera di Smartphone Android/iOS Beserta Fungsinya

Kebanyakan hp Android atau iOS terbaru punya lebih dari satu kamera. Mengenali jenis kamera smartphone akan membantu mengetahui sebagus apa spesifikasi hp yang kamu beli. Teknologi Multi-Camera sudah mulai banyak diterapkan di smartphone keluaran terbaru. Hal ini memungkinkan smartphone bisa mengambil gambar dari beragam jenis kamera smartphone. Dengan begitu, hasil foto akan lebih bervariasi.

jenis kamera smartphone

Minimal hp keluaran terbaru 2021 punya dua kamera belakang. Bahkan ada beberapa hp yang punya tambahan dua kamera depan. Hp harga 1 – 2 jutaan punya 2 atau 3 kamera belakang. Sedangkan hp harga 3 jutaan ke atas punya lebih dari 3 kamera belakang. Walau ada juga beberapa hp murah yang punya 4 kamera belakang, atau hp flagship yang hanya punya 2 kamera belakang, seperti iPhone 11 contohnya.

Nah, buat kamu yang masih bingung apa saja jenis kamera smartphone dan fungsinya. Sultan akan jelaskan secara singkat dan padat.

1. Kamera Utama (Wide Camera)

Kamera utama atau biasa disebut wide camera adalah kamera standar yang dimiliki smartphone. Biasanya kamera utama punya resolusi paling besar dibanding kamera lainnya. Secara default, sistem operasi akan mengambil gambar dari kamera utama begitu aplikasi kamera diaktifkan. Untuk berpindah ke kamera lain, disediakan tombol menu switch camera di aplikasi kamera.

jenis dan fungsi kamera di hp

Beberapa hp dengan kamera terbaik di dunia menambahkan fitur penyetabil OIS dan kemampuan memperbesar atau memperkecil objek. Kemudian bukaan lensa (aperture) kamera utama lebih lebar sehingga bisa menangkap cahaya lebih banyak. Saat ini, kebanyakan kamera utama smartphone punya resolusi minimal 12 MP dan maksimal 108 MP.

2. Kamera Makro

Jenis kamera smartphone lain yang banyak ditemukan di smartphone adalah kamera makro. Fungsi kamera makro adalah untuk menangkap objek dari jarak dekat (close-up ekstrem). Kamera Makro bisa mengambil gambar dari jarak sangat dekat. Kamu bisa mendapatkan foto dari objek kecil: seperti serangga, bunga, kain, dan rumput.

jenis kamera smartphone dan fungsinya

Kamera makro cocok untuk mengambil gambar berukuran kecil. Untuk mendapatkan hasil foto maksimal, kamera makro harus digunakan di jarak tertentu dari objek. Rasio makro 1:1 bisa menangkap gambar kecil dengan ukuran asli sama seperti objek. Teknologi kamera makro terbaru di Oppo Find X3 Pro bisa memotret objek terkecil seperti serat kain.

3. Kamera Depth (3D ToF Sensor)

Berbeda dari kamera makro, kamera depth sensor atau 3D ToF Sensor (Time of Flight Sensor) tidak dapat mengambil foto secara mandiri. Fungsi kamera depth hanya sebagai kamera pendukung kamera utama. Kamera depth berfungsi untuk mengambil informasi tambahan saat hp mengambil foto dari kamera utama.

jenis dan fungsi kamera hp

Kamera ToF Sensor atau depth memastikan agar objek selalu dalam keadaan fokus, sedangkan latar belakangnya tidak. Sederhananya, kamera depth dapat memisahkan objek dari latar belakangnya. Kamera depth membuat hp bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh yang lebih natural. Sementara itu, hp yang tidak memiliki kamera makro hanya mengandalkan software untuk memisahkan objek dari latar belakangnya.

4. Kamera Monokrom

Huawei adalah vendor ponsel yang pertama kali menggunakan kamera monokrom terpisah di smartphone. Kamera monokrom atau kamera mono berfungsi untuk mengambil foto hitam putih secara murni. Hasil tangkapan foto dari kamera monokrom jauh lebih natural dibanding kamera yang mengambil foto berwarna lalu mengubahnya jadi hitam putih dengan filter.

Selain itu, fungsi kamera monokrom di smartphone adalah untuk meningkatkan sensitivitas pada cahaya rendah. Ini disebabkan karena kamera mono bisa mengumpulkan cahaya lebih banyak, sebab tidak punya filter warna.

5. Kamera Ultrawide

Kamera ultrawide merupakan jenis kamera smartphone yang bisa memotret foto dengan sudut pandang lebih luas. Sudut pandang atau jangkauan kamera ultrawide lebih lebar dibanding kamera utamanya. Misalnya, hp Samsung Galaxy A70 sudut pandang kamera utamanya selebar 78 derajat, sedangkan kamera ultrawide-nya selebar 123 derajat.

jenis dan fungsi kamera smartphone

Jangkauan kamera yang lebih luas memungkinkan kamera ultrawide cocok digunakan untuk foto ramai-ramai, bangunan, pemandangan, dan lain sebagainya. Sudut tangkapan lebih luas memungkinkan kamera bisa menangkap semua orang yang ikut berfoto tanpa satupun yang terlewatkan. Kamera ultrawide bisa ditemukan di hp murah dengan harga mulai dari 2 jutaan.

6. Kamera Telephoto (Telescope)

Kamera telephoto adalah kamera khusus yang berfungsi untuk memperbesar tangkapan gambar secara optik. Kemampuan zoom kamera telephoto lebih baik dari fitur zoom pada kamera utama. Ini disebabkan kamera utama memperbesar tangkapan gambar secara digital. Sedangkan kamera telescope secara optik.

Zoom digital bekerja dengan cara menangkap gambar dengan resolusi utama, lalu mengcrop pada area yang dizoom. Di sisi lain, kamera telephoto memperbesar tangkapan gambar dengan bantuan lensa. Dengan begitu, foto yang dizoom lebih tajam, detil, dan resolusinya tetap tinggi. Saat ini kamera telephoto atau telescope di smartphone hanya bisa melakukan zoom optik sebanyak 2 – 3 kali saja.

7. Kamera Periskop (Periscope)

Kamera periskop adalah jenis kamera smartphone terbaru yang banyak dimiliki smartphone flagship. Kamera ini bisa memperbesar (zoom) gambar secara optik berkali-kali lipat lebih banyak dibanding kamera telescope. Kamera jenis periskop bisa mengubah tingkat zoom (focal length) dari 85 mm ke 135 mm. Berbeda dari jenis kamera smartphone pada umumnya, kamera periscope berbentuk kotak.

jenis kamera smartphone terbaru

Mekanisme zoom optik melibatkan pergerakan elemen lensa secara fisik. Sensor kamera dan jejeran lensa yang membantu zoom optik disusun secara horizontal, atau menyamping di sisi dalam kamera. Gambar yang masuk ke dalam lensa dibelokan oleh lensa khusus, kemudian melewati jejeran lensa yang tersusun menyamping. Gambar yang sudah dibelokan dan diperbesar oleh lensa lalu masuk dan diproses oleh sensor kamera. Kamera periscope bisa memperbesar gambar secara optik mulai dari 4 hingga 6 kali perbesaran.

Contoh hp dengan kamera periscope adalah Xiaomi Mi 11 Ultra. Hp ini punya kamera periscope 48 MP dan bisa melakukan 5x optical zoom. Kamera periskopnya juga punya PDAF dan OIS. Kemampuan zoom digabungkan dengan zoom digital sehingga total bisa memperbesar gambar hingga 120x zoom.

Itulah 7 jenis kamera smartphone dan fungsinya. Kebanyakan hp Android punya 3 hingga 5 kamera belakang. Sedangkan, iOS (iPhone) paling banyak punya 3 kamera belakang. Beberapa hp juga ada yang punya 2 kamera depan. Kombinasi kamera depan yang ada biasanya adalah kamera utama + kamera depth atau kamera utama + kamera ultrawide.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *