5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android

Semua hp Android pasti punya aplikasi bernama Play Store. Melalui Play Store pengguna hp Android bisa instal berbagai macam aplikasi di hpnya. Namun kadang ada saja masalah di Play Store. Salah satu masalah yang sering dialami pengguna hp Android adalah Play Store tidak bisa dibuka. Bagaimana cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka ? Selain itu, masalah lain yang kerap dialami pengguna hp Android adalah tidak bisa download aplikasi dan konten di Play Store. Bagaimana cara mengatasi Play Store tidak bisa download aplikasi.

Jika aplikasi Google Play Store tidak bisa diakses tentu akan menyulitkanmu untuk download aplikasi. Lalu apa yang harus kamu lakukan jika hal tersebut terjadi ? Mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka di hp Android sebenarnya cukup mudah. Berikut ini, Sultan punya tips cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka di hp.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Ada 4 cara mengatasi Google Play Store tidak bisa kamu buka di hp Android. Sebelum mulai memperbaiki aplikasi Play Store di hp Android, coba restart hp kamu terlebih dulu. Jika setelah di-restart aplikasi Play Store tetap tidak bisa dibuka, coba 4 cara berikut ini:

1. Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka dengan Hapus Cache dan Data

Penyebab utama Play Store tidak bisa digunakan di hp Android adalah karena ada masalah pada aplikasi tersebut. Jika ada masalah, terkadang aplikasi tidak bisa dibuka sama sekali. Untuk memperbaiki masalah tersebut bisa dengan membersihkan semua data dan cache di aplikasi Google Play Store. Bagaimana caranya:

  • Buka Setelan (Setting)
  • Masuk ke menu Apps/Aplikasi/Installed Apps/Aplikasi & Notifikasi
  • Lihat semua aplikasi
  • Temukan aplikasi “Google Play Store” lalu klik
  • Tekan tombol Clear Data, Clear Defaults, atau Clear Cache.

Play Store tidak bisa dibuka

Setelah data dan cache dihapus, coba buka kembali aplikasi Play Store. Jika Play Store tetap tidak bisa dibuka, coba cara kedua berikut ini.

2. Periksa Setelan Tanggal dan Waktu

Hp Android adalah perangkat yang dirancang serba tersinkronisasi. Tak hanya kontak dan aplikasi saja, namun juga tanggal dan waktu juga tersinkronisasi. Oleh karena itu, jika hp kamu tetap tidak bisa buka Play Store coba cek setelan tanggal dan waktu. Caranya:

  • Buka Setelan (Setting)
  • Pilih Tanggal & Waktu (Date & Time)
  • Pastikan tanggal dan waktu sudah tersetting secara otomatis (Automatic)
  • Pastikan “Time Zone” (zona waktu) tersetting otomatis (Automatic).

Play Store tidak bisa dibuka

Biasanya permasalah Play Store tidak bisa digunakan karena setingan waktu di hp di setting secara manual. Untuk menghindari masalah pada Play Store lebih baik setingan waktu hp diatur secara otomatis.

3. Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka dengan Hapus Pembaharuan

Setiap pembaharuan (update) bukan berarti bebas dari bug. Bisa saja ada bug pada pembaharuan Play Store yang membuat aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Play Store adalah salah satu aplikasi bawaan Google yang melakukan update atau pembaharuan secara otomatis. Karena update berlangsung otomatis, kamu tidak akan menyadari kapan Play Store diupdate. Jika pembaharuan jadi penyebab Play Store tidak bisa digunakan, coba langkah berikut ini:

  • Buka Setelan (Setting)
  • Masuk ke menu Aplikasi/Aplikasi & Notifikasi
  • Temukan aplikasi Google Play Store
  • Tekan “Paksa Berhenti” (Force Stop)
  • Tekan tombol “Copot Pembaharuan” (Uninstal Updates).

Play Store tidak bisa dibuka

4. Hapus & Tambah Ulang Akun Google

Jika 3 cara di atas belum bisa mengatasi masalah Play Store tidak bisa digunakan di hp, coba cara ini. Hapus (remove) akun Google dari hp Android lalu masuk (log in) kembali. Jika kamu punya lebih dari 1 akun, kamu bisa coba log in dengan akun Google lain. Cara hapus akun Google dari Hp Android adalah:

  • Buka Setelan (Setting) di hp
  • Cari menu “Akun” atau “Akun Google
  • Klik “Google” lalu pilih akun yang mau dihapus
  • Temukan opsi Hapus Akun di menu
  • Masukan sandi atau PIN jika dibutuhkan untuk menghapus akun Google.

Play Store tidak bisa dibuka

5. Factory Reset / Format Ulang Hp Android

Cara terakhir yang paling ampuh untuk memperbaiki Play Store adalah dengan factory reset atau format ulang hp Android. Perlu diingat, reset ulang hp Android akan menghapus semua data di dalam hp. Selain itu, semua data terkait akunmu di layanan Google juga akan dihapus. Untuk mengetahui cara factory reset dan format ulang hp Android kamu bisa cek di sini.

Play Store tidak bisa dibuka

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Selain permasalahan mengapa Play Store tidak bisa digunakan, salah satu masalah yang sering dialami pengguna Android adalah Play Store tidak bisa download dan instal aplikasi. Biasanya penyebab utama Play Store tidak bisa download dan instal aplikasi adalah karena memori internal hp penuh. Untuk mengatasinya sangat mudah. Kosongkan ruang penyimpanan internal hp dan coba instal aplikasi tersebut di Play Store.

play store tidak bisa download dan instal aplikasi

Jika masih tidak bisa, coba hapus data dan cache Play Store seperti cara nomor 1 di atas. Data dan cache yang terlalu penuh kadang menyebabkan eror sehingga menggangu proses download dan instal aplikasi. Penyebab lain Play Store tidak bisa download aplikasi adalah karena masalah jaringan. Coba pindah ke WiFi atau ganti operator selular kamu.

Play Store bisa dibilang aplikasi yang sangat penting di hp Android. Tanpa Play Store kita tentu kesulitan mencari dan instal aplikasi yang dibutuhkan. Sultan sudah memberikan tips cara mengatasi mengapa Play Store tidak bisa digunakan dan Play Store tidak bisa download dan instal aplikasi. Semoga tipsnya berguna. Terima kasih.

8 thoughts on “5 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android”

Leave a Comment