Cara Memformat Hp Android yang Benar dan Pelajari Resikonya

Cara memformat hp android & resikonya – Factory reset atau format Hp Android sering menjadi langkah terakhir jika hp atau smartphone kesayangan kamu mengalami kerusakan sistem operasi atau software. Fitur format dapat menghapus semua data yang ada di Hp dan mengembalikan semua pengaturan ke pengaturan semula (bawaan pabrik). Selain bisa mengembalikan Hp ke setingan pabrikan, fitur format Hp Android juga bisa mengatasi virus atau malware, mengatasi Hp sering ON/OFF sendiri, atau lemot karena kepenuhan data sampah.

Persiapan Sebelum Memformat Hp Android

Sebelum memformat Hp Android ke setingan pabrik, kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, seperti:

  1. Pastikan kapasitas baterai di atas 80%, karena proses format memakan waktu lama maka membutuhkan kapasitas baterai yang cukup sampai proses selesai. Selain itu, baterai full akan mencegah hp mati saat proses format berlangsung yang justru akan mengakibatkan Hp rusak
  2. Ingat User dan Password Google kamu, biasanya kamu akan diminta memasukan user dan password Google sebelum melakukan format. Gunanya adalah untuk verifikasi jika perangkat diformat oleh pemiliknya sendiri. Selain itu, user dan password Google juga berguna untuk login kembali ke Hp Android setelah proses format atau Factory Reset selesai
  3. Siapkan kuota data atau WiFi, setelah format selesai semua aplikasi yang kamu instal akan hilang. Untuk mengembalikannya kembali, kamu harus men-downloadnya kembali di Play Store. Proses download ulang ini pastinya akan menguras kuota oleh karena itu siapkan kuota yang banyak, ingat user dan password di setiap aplikasi. Jika ingin lebih hemat koneksikan Hp ke WiFi.

Cara Memformat Hp Android yang Benar

Cara format hp Android ini bisa kamu terapkan di hp Android merk apapun. Walau dari tampilan UI berbeda, namun cara mengakses menu Factory Reset (format) tetap sama. Ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik menu Setting atau Pengaturan dari halaman utama
  2. Setelah itu cari menu Backup & Reset
  3. Posisi Menu Backup & Reset untuk beberapa merk Hp biasanya berbeda-beda. Ada yang ditampilkan di halaman depan Setting ada juga yang dimasukan ke dalam menu System & Device
  4. Setelah itu cari menu Factory Data Reset
  5. Pilih data mana saja yang harus dihapus (diformat)
  6. Secara default, menu Format Hp Android ini akan menghapus data yang ada di sistem dan semua aplikasi yang kamu pasang
  7. Setelah pilih data yang ingin dihapus, klik OK dan tunggu proses format Hp Android selesai.

Cara memformat hp android dan resikonya

Resiko Memformat Hp Android

Meskipun memformat Hp Android menjadi solusi paling efektif untuk menghilangkan virus atau malware dan membuat Hp kencang kembali, namun proses ini ternyata memiliki resikonya sendiri lho. Resiko yang paling umum dari format Hp Android adalah:

1. Keamanan Privasi Pengguna Hp Android

Walaupun proses format akan menghapus semua data di sistem operasi, namun nyatanya tidak. Factory Reset atau format Hp Android tidak benar-benar menghapus semua data di dalam memori internal. Akun dan password Google, foto, pesan, hingga kontak sebenarnya masih tersisa sebagian di dalam memori Hp. Data-data tersisa di dalam memori internal ini bisa saja disalahgunakan oleh orang lain terlebih jika kamu memformat Hp supaya bisa dijual kembali.

Resiko memformat hp android

Namun jangan khawatir karena masalah ini hanya dialami oleh para pengguna Hp Android dengan sistem operasi versi Ice Cream Sandwich dan Lollipop. Sejak sistem operasi Android diperbarui, proses format akan benar-benar menghapus semua data yang tersisa di dalam memori internal. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu update OS Android ke versi terbaru. Atau jika kamu hanya punya Hp Android dengan OS lama, usahakan format 2 – 3 kali untuk menjamin data di dalam memori internal benar-benar bersih.

2. Hp Android terkunci Fitur FRP

Fitur FRP atau Factory Reset Protection adalah fitur yang melindungi Hp Android agar tidak bisa diformat tanpa otentikasi khusus dari pengguna sahnya. Fitur ini akan mengunci Hp jika diformat oleh orang tak bertanggung jawab. Fitur FRP sendiri sudah ada mulai dari Android Lollipop. Walau di satu sisi membuat Hp kamu lebih aman, namun di sisi lain menjadi masalah jika kamu tidak mengetahui akun Google pengguna aslinya. Untuk mencegah Hp kamu terkunci, sebelum format lebih baik kamu hapus atau sign out akun Google terlebih dahulu.

Cara memformat hp android dan resiko

3. Boros Kuota dan Kehilangan Banyak Data

Format Hp Android akan menghapus semua data dan aplikasi. Untuk mengembalikannya kembali, kamu harus download kembali di Play Store. Selain itu, jika semua aplikasi sudah didownload, kamu harus login kembali ke setiap aplikasi tersebut. Bayangkan jika kamu lupa akun dan password setiap aplikasi. Pasti akan sangat menggangu sekali bukan? Akibat yang cukup besar dari format Hp Android adalah kuota Hp semakin cepat habis, resiko untuk kehilangan data pun semakin besar karena bisa saja ada data-data aplikasi yang disimpan di memori internal dan hilang setelah diformat.

Cara memformat Hp Android jika dilakukan dengan benar akan memperbaiki beberapa masalah seperti smartphone terkena virus atau malware, smartphone lemot, dan berbagai masalah sistem operasi lainnya. Namun di sisi lain, format Hp Android akan banyak menguras waktu dan tenaga. Untuk mengembalikan semua setingan dan aplikasi seperti sediakala kamu harus menyiapkan banyak waktu dan kuota internet, tentu sangat merepotkan bukan? Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin Hp Android diformat, kamu bisa mulai dengan merawat Hp tersebut. Untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel Cara Cepat Mengatasi HP Android Lemot berikut ini.

Semoga artikel cara memformat Hp Android ini bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk menyelesaikan semua masalah di sistem operasi Android.  Terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment