Home » Tutorial » 3 Cara Membuat Stiker WhatsApp (WA) Cepat & Mudah !!

3 Cara Membuat Stiker WhatsApp (WA) Cepat & Mudah !!

Bagaimana cara membuat stiker WhatsApp (WA) yang mudah dan cepat ? Sultan punya tipsnya lho. WhatsApp adalah aplikasi chatting terpopuler di dunia. Saking populernya, rasanya aneh kalo melihat ada hp pintar atau smartphone yang gak punya aplikasi WhatsApp.

Nah, pada update WhatsApp versi 2.18. yang diluncurkan pada bulan Oktober 2018, WhatsApp akhirnya punya fitur stiker. Fitur stiker WhatsApp ini bisa digunakan pada perangkat Android dan iOS. Fungsi stiker WhatsApp adalah untuk membuat chatting di WA lebih seru. Fitur stiker WA memungkinkan setiap pengguna WhatsApp bukan hanya bisa saling kirim stiker, namun juga bisa membuat stiker karya sendiri.

Untuk pengguna Android, silakan update WhatsApp ke versi 2.18.329 dan untuk pengguna iOS update WhatsApp ke versi 2.18.100. Kamu bisa gunakan stiker yang sudah ada di aplikasi atau membuat stiker WhatsApp sendiri supaya lebih personal dan seru.

Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Fitur Stiker WhatsApp diluncurkan pertama kali pada Oktober 2018.

Kali ini Sultan mau berbagi tips bagaimana cara membuat stiker WhatsApp (WA). Kamu bisa pakai foto sendiri atau gambar apapun untuk diubah menjadi stiker. Ada 3 cara membuat stiker. Cara pertama lebih sulit dan lama untuk dikerjakan, namun hasilnya lebih bagus dan rapi. Sedangkan cara kedua dan ketiga lebih cepat dan cocok untuk kamu yang pengen isengin foto temen untuk diubah jadi stiker WhatsApp.

Keunggulan Stiker WhatsApp

Sebelum meluncurkan fitur stiker, WhatsApp hanya memiliki emoji saja. Fitur emoji WhatsApp kemudian makin berkembang dan beberapa emoji diberi efek animasi supaya lebih atraktif. Fitur stiker dipelopori aplikasi pesan instan Line. Banyak orang menyukai fitur stiker di Line karena lucu dan bisa diunduh secara gratis. Dulu WA masih bertahan dengan konsep minimalis, simpel, dan fungsional saja sehingga terasa lebih kaku.

Namun sekarang WhatsApp sudah menambahkan fitur stiker miliknya sendiri. Fitur stiker WhatsApp diharapkan bisa membuat komunikasi lebih menyenangkan. Keunggulan dari fitur stiker WA adalah pengguna bisa membuat stiker WhatsApp karya mereka sendiri. Stiker WA buatan pengguna juga bisa disebarkan atau digunakan pengguna lain. Kamu bisa ubah foto sendiri atau foto orang lain jadi stiker. Bagaimana cara membuat stiker WhatsApp sendiri ? Berikut ini langkah-langkahnya.

Syarat dan Ketentuan Format Stiker WhatsApp

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat stiker karyanya sendiri. Untuk mempublikasikan stiker karya sendiri tersebut, bisa dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Selain itu, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi sebelum membuat stiker WhatsApp, yaitu:

  1. Latar belakang gambar transparan (Format file PNG)
  2. Ukuran stiker 512 x 512 piksel
  3. Ukuran file kurang dari 100 KB
  4. File harus punya ikon gambar berukuran 96 x 96 piksel dan kurang dari 50 KB
  5. Margin (jarak) antara stiker dan frame stiker tidak boleh terlalu jauh.
Cara Membuat Stiker di WhatsApp

Do and Don’t saat Membuat Stiker WhatsApp

Dari 5 ketentuan di atas, bisa disimpulkan untuk membuat stiker WA, ukuran stiker dan file harus kecil dan memiliki latar belakang transparan. Lalu, bagaimana cara mengubah foto berukuran besar jadi stiker WhatsApp yang kecil ? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Membuat stiker di WhatsApp tidak bisa dilakukan langsung dari aplikasi. Kamu harus instal aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk mengedit foto lalu mengubahnya jadi stiker WhatsApp. Atau mengupload gambar seperti syarat dan ketentuan format di atas. Untuk pertama, mari kita coba bikin stiker WA dengan cara manual atau yang lebih sulit dulu.

1. Membuat Stiker WhatsApp dengan Upload Gambar PNG

Supaya mudah dan hasilnya bagus, lebih baik file stiker yang akan diupload berformat PNG. Selain itu, pastikan latar belakang gambar sudah dihapus. Untuk itu, kamu harus instal aplikasi Background Eraser untuk menghapus latar belakang foto dan ubah format gambar jadi PNG. Sebagai alternatif lain, kamu juga bisa gunakan Photoshop (PSD) untuk membuat stiker WA sesuai format yang sudah ditentukan di atas.

Setelah itu instal aplikasi Personal Sticker for WhatsApp atau Stiker Pribadi untuk WhatsApp yang fungsinya untuk mengupload stiker WhatsApp ke aplikasi. Jika semua aplikasi sudah terinstal, selanjutnya ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Aplikasi Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

  1. Cari foto yang mau diubah jadi stiker WhatsApp
  2. Hapus latar belakang foto tersebut dengan aplikasi Background Eraser
  3. Pilih mode Auto supaya bisa hapus latar belakang dengan mudah
  4. Ubah latar belakang objek jadi transparan dan simpan dalam format PNG
  5. Pastikan latar belakang foto sudah dihapus secara merata
  6. Pastikan ukuran foto yang mau dibuat stiker sudah sesuai ketentuan, yaitu 512 x 512 piksel
  7. Jika sudah selesai, selanjutnya adalah upload hasil karyamu ke WhatsApp
  8. Gunakan aplikasi Personal Sticker for WhatsApp untuk upload stiker ke WA.

2. Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Sticker Maker

Jika cara di atas cukup ribet, Sultan punya alternatif solusi lain untuk membuat stiker WhatsApp secara instan dan cepat. Hanya dalam waktu 5 menit, kamu udah bisa ubah foto di hp jadi stiker WhatsApp. Bagaimana caranya ?

  • Instal aplikasi Sticker Maker dari developer Viko & Co
  • Jalankan aplikasi dan buat sticker pack WhatsApp baru
  • Kamu bisa gunakan meme, foto selfie, atau foto apapun untuk diubah jadi stiker
  • Setelah itu, upload file gambar tersebut ke dalam folder pack
  • Hapus latar belakang dengan fitur background eraser yang ada di aplikasi ini
  • Setelah itu, upload stiker karyamu ke WhatsApp.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Cara kedua lebih mudah daripada cara pertama. Namun karena membuat stiker dengan Sticker Maker lebih instan, hasilnya terlihat kurang rapih. Cara kedua ini cocok digunakan jika kamu ingin usilin foto temen dan mengubahnya jadi stiker WhatsApp.

3. Membuat Stiker WA dengan Wemoji

Wemoji adalah aplikasi pembuat stiker WhatsApp gratis. Aplikasi ini memiliki fitur Free Hand Crop untuk foto, bisa menambahkan banyak foto, menambah teks, emoji, stiker WA, dan lainnya. Kamu bisa membuat stiker WhatsApp dengan cara simpel berikut ini:

  1. Buka Stiker Editor
  2. Tambah foto yang mau dibuat jadi Stiker WA
  3. Edit dengan fitur Free Hand Crop
  4. Tambahkan teks dan stiker supaya lebih menarik
  5. Simpan ke dalam Pack stiker WhatsApp-mu
  6. Tekan Add to WhatsApp untuk menambahkan stiker ke WA.

Cara Upload Stiker ke WhatsApp

Setelah foto selesai diedit dan disimpan dalam format PNG, selanjutnya adalah upload gambar tersebut ke aplikasi WhatsApp. Ada 2 cara untuk upload gambar ke WhatsApp. Cara pertama adalah dengan bantuan aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp. Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp
  2. Setelah itu pilih gambar yang sudah diedit
  3. Aplikasi ini hanya akan membaca file gambar dengan format PNG
  4. Klik tombol Add untuk menambahkan gambar tersebut ke dalam WhatsApp
  5. Jika proses impor sudah selesai, stiker kamu sudah bisa digunakan di WhatsApp.

Selanjutnya cara kedua untuk menambahkan atau menggunakan stiker WA yang kamu buat adalah dengan ikuti caranya berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp lalu pilih opsi menambah emoji
  2. Pilih ikon “Stickers”
  3. Klik tanda tambah atau Add (+)
  4. Scroll ke bawah lalu klik “Get More Stickers”
  5. Secara otomatis akan muncul aplikasi pembuat stiker WhatsApp-mu
  6. Pilih foto yang kamu edit tadi
  7. Kemudian klik Add
  8. Foto-foto tersebut akan dikemas dalam bentuk paket stiker dan bisa langsung digunakan untuk chatting.

Beberapa aplikasi pembuat stiker WhatsApp sudah memiliki fitur sendiri untuk mengupload stiker ke WA. Biasanya tombol tersebut sudah ada di dalam aplikasi. Jika aplikasi pembuat stiker WA kamu sudah memiliki fitur ini, kamu tidak membutuhkan aplikasi Stiker Pribadi untuk WhatsApp untuk upload hasil stiker.

Jika ingin hasil stiker WA lebih rapih, kamu bisa olah foto yang ada dengan aplikasi photo editing profesional di PC seperti Adobe Photoshop. Selain hasilnya lebih rapih, edit foto di PC juga lebih fleksibel sehingga kamu bisa menambahkan filter atau teks di stiker WA. Setelah itu, sesuaikan ukuran file stiker WhatsApp dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selamat mempraktekan cara membuat stiker WhatsApp (WA) di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *