Home » Info » 7 Aplikasi Cari Jodoh (Online Dating) Paling Populer di 2021

7 Aplikasi Cari Jodoh (Online Dating) Paling Populer di 2021

Mencari pasangan di tengah kondisi pandemi tentu menyulitkan. Terlebih lagi sekolah, kampus, mall, dan semua tempat hiburan tutup sehingga sulit untuk mencari kenalan baru. Tapi jangan khawatir, karena sekarang ada aplikasi cari jodoh online atau aplikasi online dating untuk hp Android dan iOS. Beberapa aplikasi online dating di bawah ini bisa membantumu mencari teman kencan yang sesuai dengan kriteriamu.

Banyak orang menggunakan aplikasi cari jodoh online untuk cari teman, pacar, hingga untuk menjalin hubungan serius. Terlebih saat pandemi Covid 19 saat ini, semakin banyak orang menggunakan aplikasi-aplikasi cari jodoh ini karena sulit mencari teman kencan baru di luar rumah. Supaya kamu lebih gampang cari jodoh, berikut ini Sultan rekomendasikan aplikasi cari jodoh yang paling banyak digunakan di tahun 2021.

1. Tinder – Aplikasi Cari Jodoh Populer

aplikasi cari jodoh

Tinder adalah aplikasi cari jodoh online yang paling populer. Aplikasi ini bisa membantumu mencari teman kencan, pacar, pasangan hidup, atau sekedar kenalan baru. Aplikasi Tinder banyak digunakan oleh orang-orang yang baru pertama kali mencoba mencari pacar secara online.

Setiap pengguna Tinder memiliki kolom profil yang bisa diisi dengan informasi singkat. Informasi tersebut akan membantu pengguna lain untuk memutuskan apakah akan berteman denganmu atau tidak. Menariknya, kamu bisa integrasikan Instagram dengan Tinder, sehingga tidak perlu repot upload foto-foto tentang dirimu.

Saat menggunakannya, kamu hanya perlu “swipe” ke kanan untuk “Like” jika menemukan orang yang disukai. Atau swipe ke kiri jika tidak tertarik. Jika kamu berdua saling “Like” maka kamu bisa lanjut ngobrol melalui fitur Chat yang sudah disediakan.

2. Tantan – Aplikasi Kencan Online untuk Remaja

aplikasi kencan online

Tantan adalah aplikasi kencan online yang cukup populer di kalangan remaja. Aplikasi cari jodoh online untuk hp Android dan iOS ini memungkinkan kamu bisa mencari teman, pacar, atau pasangan untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Sebagian besar pengguna Tantan adalah orang-orang berusia 20-an.

Tantan menggunakan sistem swipe dan match. Saat ada dua pengguna menyukai satu sama lain, mereka bisa mulai percakapan melalui chat. Di Tantan kamu bisa membuat profil untuk membantu orang-orang mengenalimu lebih cepat. Kamu juga bisa melihat berapa orang menyukai profilmu, tapi gak bisa melihat siapa yang Like. Kamu hanya bisa melihat angkanya saja. Di Tantan, kamu juga bisa membuat status seperti di media sosial.

Tantan bisa membantumu mencari teman atau pasangan dengan hobi dan minat yang sama. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, desainnya minimalis, dan termasuk mudah digunakan oleh pemula.

3. OkCupid – Aplikasi Online Dating untuk Android & iOS

aplikasi cari jodoh online

Tidak seperti Tinder, aplikasi kencan online ini memberi kebebasan bagi penggunanya untuk bisa chat tanpa harus “match” terlebih dulu. Untuk mencegah kekurangan keamanan pada OkCupid yang terdahulu, pengguna bisa kirim pesan walau belum match namun pesan tidak akan muncul di kotak masuk penerima sebelum match. Di OkCupid pengguna harus menjawab beberapa pertanyaan untuk memfilter pencarian pasangan yang cocok dan relevan.

OkCupid dapat didownload di Google Play Store atau App Store. OkCupid memiliki fasilitas virtual dating yang memudahkan kamu berkencan dari rumah masing-masing. Kamu juga bisa melakukan chat, video call, dan lainnya sampai kamu berdua memutuskan untuk ketemuan.

4. Badoo – Aplikasi Cari Jodoh Online yang Aman

aplikasi online dating

Badoo merupakan aplikasi cari jodoh online yang bisa diinstal di hp Android atau iOS. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store dan App Store. Pengguna Badoo bisa melakukan chat tanpa harus “match” terlebih dulu. Salah satu kelebihan dari Badoo adalah memudahkan kamu mencari pasangan atau teman kencan dari luar negeri.

Badoo menekankan kejujuran pada para penggunanya. Pengguna harus melalui 3 tahap verifikasi saat mendaftar. Dengan begitu, semua pengguna di aplikasi Badoo sudah terverifikasi dan aman. Aplikasi Badoo punya fitur Blur Intimate Photos yang secara otomatis mendeteksi foto tidak senonoh dan memperingati user lain agar tidak membukanya sebelum membuka foto.

Pengguna Badoo bisa mencari pasangan yang cocok di sekitarmu. Kamu bisa swipe kanan untuk Like dan swipe kiri jika tidak menyukai profil orang tersebut. Selain bisa chatting, pengguna juga bisa melakukan Video Call saat melakukan kencan virtual.

5. Bumble – Aplikasi Kencan Online dengan Timer

aplikasi jodoh online

Bumble adalah aplikasi kencan online yang mengutamakan inisiatif wanita. Aplikasi ini memiliki sistem chat dan interaksi yang baru. Di aplikasi ini, wanita harus mengirim pesan ke pria terlebih dulu. Aplikasi pria yang match tidak membalas pesan dalam waktu 24 jam, maka status “match” akan hilang.

Konsep Timer dalam aplikasi ini mendorong user pria untuk segera merespon pesan yang dikirim wanita. Bumble adalah aplikasi cari jodoh gratis yang mengedepankan emansipasi wanita, kesetaraan gender, dan sikap saling menghormati. Bumble punya 3 macam pencarian yaitu Date, BFF, dan Bizz.

Pengguna Bumble bisa melakukan video chat untuk merespon orang yang Match. Kamu juga bisa kirim video dan tag favourite foto yang disuka saat melakukan chatting. Kamu bisa menyembunyikan profile melalui Snooze Mode selama yang kamu inginkan. Bumble bisa diintegrasikan dengan Spotify dan Instagram untuk memudahkan mencari teman atau pasangan secara online.

6.  Taaruf ID – Aplikasi Cari Jodoh Muslim

aplikasi cari jodoh islam

Taaruf ID adalah aplikasi cari jodoh untuk umat muslim atau penganut agama Islam. Aplikasi ini ditujukan untuk kamu yang sedang mencari jodoh untuk menikah. Aplikasi ini membantu kamu yang terlalu sibuk bekerja sehingga tidak punya waktu untuk kenalan dan cari jodoh untuk menikah. Selain itu, buat kamu yang memikirkan faktor usia saat mencari jodoh, aplikasi Taaruf ID bisa membantu.

Taaruf ID adalah aplikasi cari jodoh buatan Indonesia. Aplikasi ini banyak digunakan oleh pengguna beragama Islam. Taaruf ID akan merekomendasikan pasangan sesuai preferensi kamu. Karena mengedapankan konsep islami, aplikasi ini tidak menghimbau pengguna saling bertemu berduaan. Disarankan untuk membawa wali jika ingin ketemuan dengan orang yang kamu suka di aplikasi Taaruf ID.

7. Jodoh Kristen – Aplikasi Cari Pasangan Agama Kristen

aplikasi cari jodoh kristen

Jodoh Kristen adalah aplikasi online dating untuk mencari pasangan dari agama Kristen Protestan atau Katolik. Aplikasi ini banyak dipakai oleh pengguna beragama Kristen. Aplikasi ini menerapkan sistem kecocokan dengan mempertimbangkan kriteria kedua belah pihak. Ketika kriterianya cocok maka kedua pengguna bisa melanjutkan obrolan via chat atau tatap muka melalui kencan.

Aplikasi Jodoh Kristen mengutamakan norma-norma dalam Alkitab. Staf dalam aplikasi ini akan memberi tempat yang aman dan bersih untuk ketemuan. Staf di belakang layar juga menyaring profil pendaftar dan meninjau setiap foto. Staf juga siap menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu. Selain bisa cari jodoh, aplikasi Jodoh Kristen juga bisa membantu kamu cari sahabat baru, teman doa, atau teman persekutuan.

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Kencan Online

Aplikasi cari jodoh memang cukup rawan karena di dalamnya terdapat banyak oknum penipu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini tips aman dalam menggunakan aplikasi kencan online.

  1. Jangan Mudah Percaya. Banyak oknum yang menggunakan foto, biodata, atau profil palsu untuk menarik lawan jenis. Tidak jarang banyak kata manis atau pujian dilontarkan demi mendapat keuntungan sepihak kepada calon korban di aplikasi cari jodoh. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jangan mudah percaya pada orang yang “match” denganmu. Jangan mudah tergiur oleh rayuan.
  2. Jangan Baper. Salah satu tips penting untuk aman dalam aplikasi cari jodoh online adalah jangan baper atau kebawa perasaan. Kebanyakan orang menggunakan kata-kata manis di profil dan saat chat. Tujuannya oknum tersebut tidak lain untuk menarik perhatian dan membuat korbannya percaya. Jika ingin serius, kenali lebih dekat di dunia offline. Jika memungkinkan, kenali orang yang “match” lebih dalam di luar aplikasi online dating.
  3. Jangan Memberi Informasi Terlalu Detil. Jangan kasih alamat lengkap dan semua informasi yang berkaitan dengan pribadi kamu.Tujuannya agar kamu tidak diteror oleh oknum dalam aplikasi kencan online yang ingin berbuat kejahatan.
  4. Ajak Teman atau Keluarga saat Ketemuan. Ajak keluarga, teman, atau orang yang kamu percaya saat ketemuan. Tujuannya agar kerabatmu bisa melindungi kamu saat ketemu dengan orang aneh atau oknum di online dating yang ingin berbuat hal tidak menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *