Home » Tips & Trik » 7 Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Awet di Tahun 2021

7 Tips Memilih Powerbank yang Bagus dan Awet di Tahun 2021

Bagaimana tips  memilih powerbank yang bagus ? Seberapa sering kamu menggunakan smartphone ? Semakin sering pakai smartphone baterai lebih cepat habis. Kalau baterai hp sering dikuras sampai habis, bisa merusak baterai itu sendiri. Untuk mencegah baterai hp habis sampai 0%, ada baiknya kamu isi baterai hp dengan powerbank saat dayanya sudah 30%.

Di pasaran ada banyak powerbank murah dan original. Bagaimana cara memilih powerbank yang bagus dan murah ? Seperti apa kriteria powerbank yang cocok untuk smartphone tahun 2021 ?

Tips Memilih Powerbank yang Murah dan Bagus

1. Beli Powerbank dari Merk Ternama

tips memilih powerbank

Merk powerbank murah di pasaran ada banyak. Tapi pastikan kamu beli powerbank dari merk yang terkenal agar terjamin kualitasnya. Produk bermerk sudah melalui standar pengujian yang ketat. Jika kamu beli powerbank dari toko online, beli di toko official atau toko yang punya rating bagus.

Ada beberapa merk powerbank yang murah dan bagus, seperti: Vivan, Hippo, Acmic, Xioami, dan Realme. Merk powerbank yang bagus tersebut punya build quality yang bagus dan berkualitas. Powerbank bermerk juga lebih tahan lama dibanding powerbank merk abal-abal.

2. Pilih Powerbank dengan Baterai Lithium Polymer

tips memilih powerbank yang bagus

Jenis baterai powerbank yang dipakai di pasaran adalah baterai Lithium Ion (Li-Ion). Powerbank dengan baterai Li-Ion juga lebih murah dibanding baterai Lithium Polymer (Li-Po). Powerbank dengan baterai Li-Ion kurang stabil sehingga bisa menyebabkan baterai lebih cepat panas dan mudah bermasalah. Baterai Li-Ion juga lebih rawan meledak.

Baterai Li-Po lebih stabil dan tahan lama. Baterai ini juga tidak mudah mengalami kebocoran elektrolit. Oleh karena itu baterai Li-Po lebih tahan lama dan lebih bagus dibanding baterai Li-Ion.

3. Sesuaikan Kapasitas dengan Kebutuhan

Memilih powerbank gak boleh asal-asalan. Jangan asal pilih kapasitas besar doang. Supaya lebih efisien dan efektif lebih baik pilih powerbank dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan powerbank hanya bisa mengisi daya baterai hp sebesar 70% dari total daya yang dimiliki. Gampangnya, beli powerbank dengan kapasitas 2x lebih besar dari baterai hp kamu. Misal baterai smartphone kamu memiliki baterai 6000 mAh, beli powerbank minimal 10.000 mAh.

4. Pilih Powerbank dengan Fast Charging

tips memilih powerbank terbaik

Setiap hp memiliki kebutuhan arus daya berbeda. Mengisi baterai dengan daya lebih rendah membuat charging lebih lama dan baterai cepat habis. Sedangkan, jika diisi dengan daya lebih tinggi baterai hp bisa lebih cepat rusak. Kebanyakan hp saat ini membutuhkan arus sebesar 2A (Ampere). Oleh karena itu, beli powerbank yang punya output daya 2A.

Buat kamu yang punya hp dengan fitur Fast Charging, beli powerbank yang mendukung Fast Charging. Misalnya Powerbank dengan Quick Charge 3.0, Fast Charging 18W, atau Power Delivery. Isi baterai hp Fast Charging dengan powerbank Fast Charging bisa lebih cepat.

5. Pilih Powerbank dengan Indikator LED

Sebaiknya pilih powerbank dengan indikator LED. Indikator ini memudahkan kamu untuk mengetahui kapasitas baterai yang tersisa. Indikator LED juga berfungsi sebagai notifikasi. Indikator akan memberi tahu kamu saat baterai penuh atau kapasitas baterai mulai habis. Tanpa indikator LED, kamu akan kesulitan mengetahui kapan baterai powerbank habis atau kapan powerbank selesai dicharge.

6. Beli Powerbank dengan Proteksi Keamanan

tips memilih powerbank yang murah

Fitur proteksi keamanan sangat penting untuk mencegah powerbank meledak. Fitur keamanan yang penting untuk powerbank adalah Short Circuit Protection dan Over Charging Protection. Short Circuit Protection berfungsi melindungi powerbank dan smartphone dari kerusakan akibat arus pendek atau korsleting. Sedangkan Over Charging Protection berfungsi untuk mendeteksi baterai, jika sudah penuh powerbank akan otomatis menghentikan pengisian daya.

7. Perhatikan Bentuk Dimensi Powerbank

Yang terakhir, tips memilih powerbank yang bagus adalah perhatikan bentuknya. Untuk kamu yang suka mobile lebih baik beli powerbank yang kecil. Powerbank mini bisa dikantongi ketika dibawa-bawa. Namun powerbank mini biasanya punya kapasitas baterai lebih kecil. Sedangkan jika kamu jarang keluar rumah atau kantor, kamu bisa pilih powerbank yang lebih besar. Selain itu, pastikan letak port USB Input dan Output ada di atas supaya mudah saat diisi ulang atau saat charge baterai gadget.

Kesimpulan

Tips memilih powerbank sebenarnya sangat sederhana. Yang penting kamu beli powerbank dari merk ternama pasti sudah dijamin kualitasnya. Selain itu, prioritas lain yang perlu diperhatikan saat memilih powerbank adalah perhatikan daya input dan output karena harus sesuai dengan kebutuhan smartphone kamu. Semoga tips memilih powerbank bermanfaat untuk kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *