Review: Motorola Moto Z2 Play (Spesifikasi dan Harga)

Motorola Moto Z2 Play dirilis tepat setahun lalu untuk wilayah Asia Tenggara. Seri sebelumnya yakni Moto Z Play terbukti dengan ketahanan baterai yang luar biasa. Motorola mencoba meneruskan warisan dari seri terdahulu seri Z Play. Sultan kali ini akan mencoba membahas seri smartphone Motorola Moto Z2 Play dan membuktikan apakah keunggulan seri sebelumnya diteruskan pada seri Z2 Play mulai dari performa, ketahanan baterai, dan hasil jepretan kamera. Ayo sama-sama ikut Sultan ngulik HP besutan Motorola ini.

Spesifikasi Motorola Moto Z2 Play

Platform
OSAndroid 7.1.1 Nougat
ProsesorQualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 625
KecepatanOcta-core 2.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Memori
RAM4 GB/3 GB
Memori Internal32 GB/64 GB
Memori EksternalmicroSD, up to 256 GB (SIM 2 slot)
Kamera
Depan5 MP (f/2.2, 1.4µm), dual-LED dual-tone flash, 1080p
Belakang12 MP (f/2.0, 1/2.3″, 1.55µm), phase detection and laser autofocus, dual-LED, dual-tone, flash
Video[email protected], [email protected], [email protected]
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, auto-HDR, panorama
Layar
TipeSuper AMOLED
Luas5.5 inci (70.1% screen to body ratio)
Resolusi1080 x 1920 pixels, 16:2 ratio (~401 ppi density)
Bodi
Dimensi156.2 x 76.2 x 6 mm (6.15 x 3.00 x 0.24 inci)
Berat145 g
BateraiLi-Ion 3000 mAh non-removable
Pilihan WarnaLunar Gray, Fine Gold, Nimbus Blue
Konektivitas
SIMSingle/Dual SIM
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE, EDR, aptX
GPSA-GPS, GLONASS, BDS2
NFCYes
PortJack Audio 3.5mm
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, magnetic connector
Lainnya
Sensorfingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
TeknologiFast battery charging (Quick Charge 3.0)

Harga Motorola Moto Z2 Play

Motorola Moto Z2 Play merupakan smartphone modular generasi kedua yang masuk ke kelas flagship. Motorola mencoba menjadi lebih inovatif dan bersaing dari segi teknologi, fitur, desain, bahkan harga untuk produk-produk terbarunya. Dengan menggandeng Lenovo, perusahaan asal Amerika Serikat ini mencoba untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dengan teknologiterkini. Seri Moto Z2 Play sudah tersedia di Pasaran Indonesia dengan harga Rp 4,7 jutaan. Sebagai smartphone kelas menengah, kamu akan disuguhkan dengan fitur-fitur dan teknologi premium.

Performa Motorola Moto Z2 Play

Motorola Moto Z2 Play menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dapat diupgrade ke seri 8.0 (Oreo). Smartphone besutan produsen alat telekomunikasi asal Amerika Serikat ini menggunakan chipset Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626 yang memiliki 8 inti dengan kecepatan 2.2GHz Cortex-A53. Untuk grafik, perangkat ini menggunakan Adreno 506. Moto Z2 Play tidak mengalami banyak peningkatan dari segi perangkat kerasnya. Namun kemampuannya cukup bisa diandalkan dan dipertanggung jawabkan.

Moto Z2 Play hadir dalam dua versi yakni dengan memori internal 64 GB dengan 4 GB RAM dan juga memori internal 32 GB dengan 3 GB RAM. Sebagai smartphone kelas menengah, Moto Z2 Play tergolong cukup hebat dalam performa. Bagi kamu yang suka nge-game, Z2 Play dapat menjalankan game-game dengan grafis keren seperti Injustice 2, Asphalt 8, Mobile Legends, dan beberapa game lain dengan lancar jaya. Dalam memainkan game-game tersebut, Sultan jarang menemukan lag dan stutter.

Review Moto Z2 Play

Display dan Desain Moto Z2 Play

Motorola Moto Z2 Play dibekali dengan layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Panel pada layer ini memiliki teknologi Super AMOLED. Bagi kamu yang suka streaming YouTube atau Netflix, mata kamu bakal dimanjakan sama Z2 Play. Tidak hanya menonton film/video, bermain game juga semakin nikmat dengan layar yang dipersembahkan oleh Z2 Play. Untuk smartphone sekelasnya, layar Moto Z2 Play masih menggunakan Corning Gorilla Glass 3 yang mana smartphone lain sudah menggunakan proteksi Corining Gorilla Glass seri di atasnya. Namun tetap, HPmu akan selalu terlindung dari goresan.

Desain Moto Z2 Play mirip dengan pendahulunya, namun yang sedikit membedakan dengan seri Z Play ialah ketebalan HPnya. HP kelas menengah ini memiliki kesan lebih elegan ketimbang seri pendahulunya. Bobot yang dimiliki juga lebih ringan yakni hanya 145g. Namun yang Sultan sayangkan adalah bodi bagian belakang yang dengan mudah terlihat bekas jari tercetak sehingga bagi pengguna yang ingin menghindari hal tersebut harus menggunakan Mods modular.

Review Moto Z2 Play

Kamera Motorola Moto Z2 Play

Peningkatan yang cukup signifikan ada pada kamera Moto Z2 Plus. Motorola kali ini memberikan kamera dengan resolusi lebih kecil daripada seri sebelumnya. Kamera utama Moto Z2 Plus hanya beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.7. Hasil yang didapatkan juga lebih baik dari kamera yang dimiliki Moto Z Play. Fitur autofocusnya pun meningkat, sehingga mengambil foto makro pun bisa lebih ciamik.

Bagi kamu yang gemar membuat video, Moto Z2 Play mengizinkan kamu untuk merekam video di resolusi hingga 4K pada 30fps. Di samping itu kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Kamera depannya juga memumngkinkan penggunanya untuk merekam video diresolusi fullHD.

Review Moto Z2 Play

Baterai Motorola Moto Z2 Play

Seri pendahulunya dikenal sebagai smartphone yang memiliki ketahanan baterai yang lama. Moto Z2 Play ingin meneruskan warisan dari Z Play. Dalam keadaan menyala, tanpa bermain game, Moto Z2 Play mampu bertahan hingga 12 jam. Nggak hanya daya tahannya saja. Mengisi dayanya pun terbilang cepat. Kamu bakal menemukan fitur fast charging pada perangkat ini. Dalam waktu 45 menit daya yang terisi sebanyak 48% – 50%.

Bagaimana, sudah cukup kan review yang Sultan berikan buat kamu, nah bagi kamu yang pingin smartphone ini dan budgetnya udah ada buat apa nunggu lagi?

 

Leave a Comment