Review Asus Zenfone Max Pro M1 (Spesifikasi dan Harga Terbaru)

Jajaran smartphone keluaran Asus bisa dibilang melewati jalan yang naik turun di pasar Indonesia. Memang perusahaan asal Taiwan ini telah menetaskan beberapa smartphone yang sukses bersaing di kelas menengah dengan seri Zenfone-nya. Meskipun demikian, pesaing lain seperti Xiaomi dan Lenovo hampir menggeser Asus keluar dari kelas “ramah di kantong” dengan kehilangan cukup banyak pelanggan. Hal ini yang kemudian memaksa Asus untuk menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan smartphone Asus Zenfone Max Pro M1.

Review Asus Zenfone Max Pro M1

Kemudian seri Zenfone dari Asus menghadirkan fitur inovatif dengan eksperimen yang cukup menarik perhatian seperti Zenfone Zoom dan Zenfone AR. Selain itu terdapat pula seri Zenfone Max yang menghadirkan kapasitas baterai yang lebih besar dengan daya yang bisa digunakan lebih lama.

Smartphone keluaran terbaru yakni Zenfone Max Pro M1 dibekali dengan baterai yang tak tanggung-tanggung yakni 5.000 mAh dan ditargetkan untuk menjadi smartphone terjangkau dengan mempersembahkan keseluruhan fitur yang mumpuni. Dengan banderol harga mulai dari Rp2.299.000 untuk varian 3GB/32GB, dan Rp2.799.000 untuk varian 4GB/64GB, hingga Rp3.299.000 untuk varian tertinggi 6GB/64G, smartphone ini siap untuk dibawa bersaing dengan kompetitor terkuat yakni Redmi 5 Plus dan Redmi Note 5 yang telah menjadi pilihan populer di segmen ini.

Smartphone terbaru dari Asus ini dirancang secara khusus untuk dapat meraih peringkat terbaik di segmennya, namun bisakah hal tersebut dilakukan? Mari kita lihat lebih jauh.

Desain Zenfone Max Pro M1

Asus Zenfone Max Pro M1 memang memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama dengan smartphone lainnya di segmennya, yang mana bukan nilai bagus dan bukan nilai buruk juga. Smartphone ini memiliki kualitas fisik yang solid serta frame berbahan aluminium yang digunakannya dapat menambahkan kekuatan fisiknya. Dengan bobot sekitar 180 gram, Max Pro M1 termasuk smartphone yang berat dan terasa lebih tebal karena baterainya yang besar. Namun demikian, smartphone ini akan tetap terasa nyaman ketika Anda menggenggamnya di tangan.

Review Asus Zenfone Max Pro M1

Dibekali dengan layar berasio aspek 18:9 yang panjang dengan sudut tumpul, Asus mengklaim bahwa smartphone ini menggunakan kaca lengkung 2.5D protektif berdaya tahan tinggi, tetapi tidak ada penjelasan lebih spesifik mengenai kaca tersebut.

Bagian belakang smartphone ini menggunakan pelat metal dengan tampilan matte lembut dan terasa halus namun sangat mudah tertempel bekas jari. Jika kamu ingin membuat smartphone ini tampak keren setiap saat, maka kamu harus sering-sering mengelapnya. Kemudian desain belakang yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah kamera dari smartphone ini yang terdiri dari dua kamera yang tertanam rata dengan bentuk bodi, atau dengan kata lain kamera tersebut tidak menonjol keluar. Hal tersebut membuat smartphone ini tampak lebih rapi dan tak mengganggu ketika diletakkan di permukaan datar.

Layar Zenfone Max Pro M1

Dengan mengikuti tren yang mulai populer di akhir tahun 2017 kemarin, Asus Zenfone Max Pro M1 menghadirkan layar berukuran 5,99 inci beresolusi Full HD+ dengan rasio aspek 18:9. Nah, tetapi smartphone ini belum mengikuti tren terbaru alias tidak ada jidat hitam atau sering disebut notch. Asus mengklaim bahwa layar panel LCD tersebut dapat menyajikan rasio kontras 1500:1 dengan kecerahan maksimal 450 nits. Selain itu terdapat pula lapisan oleophobic untuk dapat menangkal noda dari sidik jari.

Review Asus Zenfone Max Pro M1

Memang layar tersebut menjadi fitur yang sangat menarik dari smartphone ini dengan kecerahan dan kejelasan yang cukup hebat. Bahkan di bawah terik sinar matahari, layar ini tetap dapat menampilkan gambar dengan baik. Tak hanya itu, sudut pandangan layar ini juga termasuk luas dan lebih baik apabila dibandingkan dengan hp lain di kelasnya. Rasio kontrasnya sangat baik, namun tetap bukan saingan bagi layar AMOLED.

Performa Zenfone Max Pro M1

Asus Zenfone Max Pro M1 ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 636, prosesor yang sama digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 5. Dengan chipset 14nm, prosesor tersebut tampaknya dapat mengalirkan tenaga yang secara signifikan lebih baik apabila dibandingkan dengan Snapdragon 625. Hal tersebut dikarenakan prosesor ini menggunakan inti Kryo khusus dari Qualcomm untuk dapat mendorong tenaga yang lebih besar secara efisien.

Review Asus Zenfone Max Pro M1

Perangkat ini hadir dalam tiga varian memori berbeda yang antara lain adalah 3 GB RAM dengan 32 GB penyimpanan internal, 4 GB RAM dengan 64 GB penyimpanan internal, dan 6 GB RAM dengan 64 GB penyimpanan internal. Kemudian kamu juga memiliki opsi untuk memperbesar ruang penyimpanan tersebut menggunakan kartu microSD hingga 2 TB.

Smartphone ini dapat bekerja dengan cukup baik. Mulai dari untuk bermain game, multitasking, dan juga aktivitas harian semuanya dapat dikerjakan dengan mudah menggunakan Zenfone Max Pro M1 yang dibekali dengan pengalaman mulus dari stock Android. Sebagai tambahan, ketika digunakan untuk bermain game dalam waktu yang cukup lama, smartphone ini akan terasa agak panas tetapi tidak sampai menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kamu.

Zenfone Max Pro M1 boleh saja bangga dengan baterainya yang berkapasitas super besar yakni 5.000 mAh. Akan tetapi baterai tersebut nyatanya tidak dapat menyajikan daya pakai yang luar biasa. Dengan frame yang lebih tipis dan kapasitas baterai yang berada di bawahnya, smartphone lain dapat menghasilkan daya pakai yang tak kalah dengan smartphone ini. Memang smartphone ini dapat bertahan selama seharian dengan pola penggunaan yang cukup intens dan tetap menyisakan beberapa persen untuk bertahan hingga besoknya. Namun sepertinya Asus perlu melakukan optimasi terhadap konsumsi dayanya melalui pembaharuan software. Kemudian dalam hal pengisian ulang, smartphone ini dibekali dengan charger 2A/10W yang dapat mengisi daya baterainya mulai dari nol hingga 100 persen dalam waktu kurang dari tiga jam.

Kamera Zenfone Max Pro M1

Asus Zenfone Max Pro M1 menghadirkan konfigurasi kamera ganda di bagian belakang yang terdiri dari kamera prime 13 MP dengan aperture f/2.2 dan kamera sekunder 5 MP.

Review Asus Zenfone Max Pro M1

Di siang hari yang cerah, smartphone ini dapat menangkap gambar dengan sangat baik. Kamera tersebut dapat menghasilkan foto dengan kualitas detail yang tinggi dan juga sangat cerah. Namun sama halnya dengan smartphone lain di kelasnya, kamera Zenfone Max Pro M1 cukup kesusahan menemukan fokus ketika suasana sudah mulai gelap. Ketika sudah mendapatkan fokusnya, hasil fotonya dinilai masih banyak noise dan dengan detail yang kurang tajam.

Kamera belakang dari smartphone ini memiliki kemampuan untuk dapat merekam video dalam resolusi 4K. Namun hal tersebut tak didukung dengan adanya opsi stabilisasi yang tersedia.

Kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0 mampu memuaskan para pecinta selfie dengan hasilnya. Detail yang ditampilkan cukup bagus dan dengan warna dan eksposur yang cukup juga. Fungsi beautification pada kamera ini juga tidak terkesan terlalu dibuat-dibuat dan masih terlihat alami.

Spesifikasi Zenfone Max Pro M1

Platform
OSAndroid 8.1 Oreo
ProsesorQualcomm SDM636 Snapdragon 636
KecepatanOcta-core 1.8 GHz Kryo 260
GPUAdreno 509
Memori
RAM3GB/4GB/6GB
Memori Internal32GB/64GB
Memori EksternalmicroSD, up to 400 GB (dedicated slot)
Kamera
Depan8 MP (f/2.2, 1.0µm), LED flash
16 MP, LED flash – 6 GB RAM model only
BelakangDual: 13 MP (f/2.2, 1.12µm) + 5 MP (f/2.4, 1.12µm), phase detection autofocus, LED flash
Video2160p@30fps, 1080p@30/60fps
Fitur8 MP (f/2.2, 1.0µm), LED flash
16 MP, LED flash – 6 GB RAM model only
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Luas5.99 inches, 93.1 cm2 (~77.0% screen-to-body ratio)
Resolusi1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~402 ppi density)
Bodi
Dimensi159 x 76 x 8.5 mm (6.26 x 2.99 x 0.33 in)
Berat180 g
BateraiNon-removable Li-Po 5000 mAh battery
Pilihan WarnaMeteor Silver, Deepsea Black
Konektivitas
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
NFCNo
PortJack Audio 3.5mm
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, gyroscope, ambient light sensor

 

Leave a Comment