Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po | Mana yang Lebih Baik ?

Sebelum membeli hp Android atau iPhone ada baiknya kamu tak hanya memperhatikan spesifikasi, kamera, dan desain. Perhatikan juga baterainya. Berapa besar kapasitas baterainya ? Jenis baterai apa yang digunakan ? Apakah Li-Ion atau Li-Po. Memangnya apa sih perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po ? Semua ini akan Sultan bahas di artikel ini.

Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Seperti yang kita tahu, baterai adalah salah satu faktor penting yang ada di hp. Tanpa baterai, tentu hp secanggih apapun tidak akan bisa digunakan. Semakin ke sini, kapasitas baterai pada hp semakin besar. Jika 2 atau 3 tahun lalu kapasitas rata-rata baterai hp masih berada di kisaran 2000 mAh hingga 3000 mAh, sekarang sudah mencapai 4000 mAh hingga 5000 mAh. Kapasitas baterai hp yang besar tentu akan memudahkan aktivitas sehari-hari. Kini semakin banyak orang yang menilai baik atau tidak hp dari kapasitas baterainya.

Selain menilai hp dari kapasitas baterainya, kita juga harus tahu jenis baterai yang digunakan. Baterai Li-Ion dan Li-Po adalah jenis baterai yang paling banyak digunakan pada hp. Apa sih perbedaan antara Li-Ion dan Li-Po ?

Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Selain kapasitas, jenis baterai harus kamu perhatikan sebelum membeli hp. Baik baterai jenis Li-Ion atau Li-Po keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada baiknya kamu memilih jenis baterai yang paling cocok dengan pola penggunaan atau kebiasaan. Apa sih perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po ? Kita lihat dulu dari pengertian keduanya.

Pengertian Baterai Li-Ion

Baterai Li-Ion atau Lithium-Ion adalah jenis baterai yang menggunakan senyawa lithium sebagai bahan elektroda. Baterai Li-Ion bekerja dengan cara menggerakan ion lithium dari elektroda negatif ke positif saat dilepaskan. Ion kemudian akan kembali lagi saat diisi ulang. Baterai Li-Ion adalah baterai yang paling banyak digunakan di perangkat elektronik seperti: hp, tablet, hingga laptop. Baterai Li-Ion berbentuk kotak dan bisa menyimpan daya listrik lebih banyak.

Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Pengertian Baterai Li-Po

Perbedaan baterai Li-Ion dan Li-Po adalah dari pengertiannya. Tidak seperti Li-Ion, baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer adalah baterai yang bersifat cair. Baterai jenis ini menggunakan elektrolit polimer padat dan bisa menghantarkan data lebih cepat. Baterai Li-Po adalah pengembangan dari Li-Ion. Baterai Li-Po lebih ramah lingkungan dibanding Li-Ion.

Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Dibanding Li-Ion, baterai Li-Po lebih ramping. Baterai jenis ini paling banyak dipakai di hp kelas flagship. Baterai Li-Po fisiknya lebih fleksibel. Karena berbentuk cairan atau gel, baterai jenis ini mudah dibentuk sehingga cocok untuk hp yang tipis. Selain itu, baterai ini juga lebih tahan lama dan siklus isi ulangnya lebih panjang.

Kelebihan dan Kekurangan Baterai Li-Ion vs Li-Po

Baterai hp jenis Li-Ion dan Li-Po memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja ?

Kelebihan Baterai Li-Ion

Berikut ini kelebihan baterai Li-Ion pada hp atau perangkat elektronik lainnya.

  • Bisa menampung daya listrik lebih besar dibanding Li-Po
  • Lebih mudah dirawat
  • Harga lebih murah dibanding Li-Po
  • Cocok untuk perangkat hp, nirkabel, dan perangkat elektronik lainnya.

Kekurangan Baterai Li-Ion

Adapun kekurangan baterai hp Li-Ion dibanding baterai Li-Po adalah:

  • Tidak tahan panas
  • Saat didistribusikan dalam jumlah besar membutuhkan prosedur khusus
  • Isi ulang baterai berlebihan akan mengurangi daya tahan baterainya sendiri
  • Rentan meledak oleh karena jangan pernah diutak-atik.

Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Kelebihan Baterai Li-Po

Dibanding baterai Li-Ion, baterai Li-Po memiliki beberapa kelebihan. Apa saja ?

  • Lebih ramah lingkungan
  • Lebih tipis dan fleksibel bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Lebih aman, tidak mudah terbakar
  • Lebih ringan
  • Lebih sering digunakan pada hp flagship.

Kekurangan Baterai Li-Po

Dibalik kelebihannya, baterai jenis Li-Po juga punya kekurangan, yaitu:

  • Biaya manufaktur atau pembuatan lebih mahal
  • Harga baterai lebih mahal dibanding Li-Ion
  • Hindari isi ulang saat baterai sudah habis karena bisa merusak baterai
  • Siklus hidup baterai lebih panjang hingga 2x lebih lama dari Li-Ion
  • Membutuhkan charger khusus supaya bisa menyalurkan daya secara optimal.

Kesimpulan Perbedaan Baterai Li-Ion dan Li-Po

Jadi mana jenis baterai yang paling baik untuk Hp ? Tentunya tergantung hp itu sendiri jawabnya. Baterai Li-Ion paling banyak digunakan di hp kelas menengah bawah karena harganya lebih murah. Selain spesifikasinya juga lebih cocok untuk hp dengan harga terjangkau. Sedangkan, baterai Li-Po lebih cocok untuk hp flagship. Hp flagship biasanya memiliki bodi yang tipis. Oleh karena itu, supaya bisa mempertahankan bodinya tipis, maka mau tidak mau harus menggunakan baterai Li-Po. Ditambah lagi, karena charger untuk isi baterai Li-Po lebih mahal, makanya lebih cocok untuk hp kelas flagship atau menengah atas.

Leave a Comment