Pengertian Android Murni (Stock) dan Kelebihan & Kekurangan

Pernah dengar yang namanya hp Android murni atau Android Stock ? Bagi kamu yang masih asing dengan nama ini, Sultan akan kasih tahu apa itu hp dengan Android murni alias Stock Android. Seperti yang kita ketahui, bahwa Android adalah sistem operasi hp terbanyak di dunia saat ini. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang bersifat Open Source.

Pengertian Android Murni Serta Kelebihan dan Kekurangan

Karena bersifat open source maka vendor atau merk hp pintar atau smartphone dunia bisa menggunakan sistem operasi ini di produk mereka. Supaya hp yang dikeluarkan setiap vendor terlihat “unik” tak jarang sistem operasi Android dipoles ulang lalu kemudian ditambahkan beberapa fitur baru. Menambahkan fitur baru ke dalam sistem operasi Android tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Hp yang memiliki tampilan antarmuka (UI) yang sudah diubah ini bukan tergolong hp dengan Android murni. Nah kalau begitu apa itu hp Android murni alias Android Stock ?

Pengertian Hp Android Murni / Android Stock

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan dengan mudah bahwa hp Android murni adalah hp yang punya sistem operasi Android yang tidak dipoles sama sekali. Sistem operasi yang digunakan benar-benar murni alias tidak diubah dari asalnya. Bisa dibilang, sistem operasi Android yang digunakan di hp Android murni adalah versi original.

Pengertian Android Murni Kelebihan dan Kekurangan

Saat ini ada beberapa merk hp terkenal dunia yang menggunakan sistem operasi Android murni alias stock, contohnya adalah: Xiaomi, Nokia, Motorola, OnePlus, HTC, dan tentunya Google Pixel alias yang punya Android sendiri. Mengingat Android versi murni punya beberapa kelebihan, maka hal inilah yang menjadi alasan kenapa ada vendor hp yang mau menggunakan sistem operasi original dari Android. Apa sih kelebihan dan kekurangan Android murni ?

Kelebihan & Kekurangan Hp Android Murni / Android Stock

Pernah ada rakyat Sultan yang bertanya, “Lho, kalau Android-nya tidak dipoles berarti vendor hpnya males ngembangin fitur dan UI dong ?”…Tentu saja bukan gitu, sebenarnya ada beberapa alasan kenapa beberapa vendor hp lebih memilih menggunakan Android murni daripada Android polesan. Berikut ini adalah kelebihan hp dengan sistem operasi Android murni alias stock Android.

Pengertian Android Murni Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Android Murni (Stock)

  • Lebih Sedikit Bloatware (Aplikasi Bawaan). Android modifikasi punya banyak aplikasi bawaan dari vendor hp itu sendiri untuk memaksimalkan fungsi UI-nya. Namun sayangnya, kebanyakan bloatware sebenarnya tidak dibutuhkan oleh pengguna. Lebih parahnya lagi bloatware akan membebani RAM dan kinerja sistem secara keseluruhan. Hp Android murni hanya punya aplikasi bawaan dari Google saja dan mayoritas aplikasi itu sangat berguna untuk pengguna
  • Lebih Cepat. Karena lebih minim bloatware maka kapasitas RAM hp Android murni lebih lega dibanding hp dengan Android modifikasi. Hal inilah yang membuat kinerja hp Android Stock atau murni lebih kencang
  • Tetap Up to Date dengan Android Terbaru. Hp dengan Android modifikasi akan kesulitan mendapatkan update terbaru karena sejumlah fitur baru di update Android harus diselaraskan dengan fitur bawaan yang dimiliki perusahaan manufaktur. Namun hal ini tidak berlaku di hp dengan Android murni. Karena update sistem operasi langsung datang dari Google, maka kamu bisa langsung menjajal versi Android terbaru lebih cepat
  • Lebih Aman. Meskipun Google terus berupaya menambal keamanan dari sistem operasi Android, namun karena Android modifikasi tidak bisa langsung menerapkan perubahan secara instan, maka akan sangat rentan oleh gangguan malware. Untungnya, hp dengan Android Stock alias murni bisa langsung menerapkan setiap pembaruan sehingga keamanannya lebih terjamin.

Pengertian Android Murni Kelebihan dan Kekurangan

Meskipun memiliki banyak kelebihan bukan berarti Android versi murni tidak memiliki kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan dari sistem operasi Android murni alias Android Stock.

Kekurangan Android Murni (Stock)

  • Sulit dikustomisasi. Tak bisa dipungkiri, sistem operasi Android banyak disukai orang karena tampilan UI nya bisa diubah sesuka hati. Namun ini ternyata tidak berlaku di hp Android versi murni. Hp yang menggunakan sistem operasi murni ini tidak bisa diubah tampilan antarmukanya. Bahkan, Google tidak menyediakan opsi untuk mengubah tampilan ikon dan mengubah ukurannya
  • Tidak Banyak Fitur Menarik. Namanya juga versi Android original, makanya tampilan dan fitur yang dibawa sistem operasi Android Stock atau murni lebih sederhana dan ringkas. Berbeda dengan Android modifikasi, kamu mungkin bisa menikmati banyak fitur unik dengan hpmu karena fitur-fitur tersebut sudah dimasukan oleh vendor hp melalui proses modifikasi Android
  • Boros Kuota. Dengan memiliki hp Android murni, kamu harus siap dengan konsekuensi kuota lebih cepat habis. Hal ini dikarenakan setiap pembaharuan terbaru akan kamu terima lebih cepat dan pasti akan datang setiap saat jika Google menemukan banyak celah (bug). Ukuran file pembaruan yang didownload pun kadang besar, jadi akan memangkas kuota internet kamu. Maka dari itu, disarankan untuk hubungkan hp ke WiFi untuk update sistem operasi ke versi terbaru.

Android Murni vs Android Modifikasi, Mana Lebih Baik ?

Kita sampai ke poin kesimpulan. Pertanyaan terakhir adalah mana yang lebih baik pakai hp Android murni atau hp Android modifikasi ? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan. Jika kamu menginginkan performa hp yang lebih responsif, aman, dan ingin mencicipi sistem operasi Android terbaru maka pilihannya jatuh ke hp Android Stock atau murni. Namun jika kamu ingin hp dengan fitur yang lebih canggih dan beragam, maka hp Android modifikasi adalah pilihan yang lebih baik.

Pengertian Android Murni Kelebihan dan Kekurangan

Di samping itu, karena sistem operasi Android stock atau murni tidak bisa dimodifikasi, mau tidak mau beberapa hp kelas flagship lebih memilih Android modifikasi. Misalkan saja, Samsung Galaxy Note 9, tanpa modifikasi Android, tentu penggunanya tidak bisa menjajal stylus S Pen di hpnya. Maka dari itu, biasanya hp yang menggunakan Android stock alias murni adalah hp yang tidak memiliki banyak fitur unik, alias hanya untuk penggunaan sehari-hari atau standar saja.

Leave a Comment