Review Oppo Reno3 Pro: Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Terbaru

Oppo Reno3 Pro hadir sebagai smartphone kelas menengah atas yang ditujukan untuk kamu yang gemar fotografi. Hal ini bisa dilihat dari slogan yang diusung, “Clear in every shot”. Maka dari itu, bagi kamu ingin meraskaan performa ciamik ala smartphone harga di bawah Rp 10 jutaan, Reno3 Pro bisa dijadikan pilihan. Nggak Cuma itu saja, meski slogannya ingin menyampaikan bahwa Reno3 Pro sangat handal dalam jepret-menjepret, ponsel dari Oppo ini juga mumpuni untuk bermain game.

Oppo Reno3 Pro

Chipset yang digunakan adalah chipset anyar dari MediaTek yakni Helio P95. Selain itu, dalam serinya satu ini, Oppo juga ingin menunjukkan bahwa smartphone kelas menengah juga layak untuk memiliki layar Super AMOLED dan juga desain stylish nan premium. Untuk lebih lengkapnya, Sultan akan membahas smartphone satu ini pada artikel Oppo Reno3 Pro ini. Bagi kalian yang penasaran tentang hp ini, yuk ikuti ulasannya hingga akhir.

Harga Oppo Reno3 Pro

Lini Reno sendiri sudah dirilis pada tahun 2019 silam untuk menggantikan seri F dan R yang merupakan seri kelas menengah atas dengan fitur-fitur dan desain yang premium. Maka dari itu, untuk performa dan kualitas kameranya sangat bisa diandalkan. Ponsel besutan Oppo satu ini hadir dengan dua varian warna elegan yaitu Auroral Blue, Sky White dan Midnight Black.

Oppo Reno3 Pro

Di dalam paket penjualannya kamu akan mendapatkan sebuah unit ponsel, kabel data USB to USB type-c, charger adapter VOOC 4.0, earphone stereo jack 3.5 mm, casing silicon, buku manual, dan pin ejector. Selain itu, untuk kapasitas memori internal, Oppo memberikan kamu 2 opsi, diantaranya 128 GB dan 256 GB. Namun, yang banyak di pasaran kini adalah versi 256 GB-nya. Sedangkan untuk harga, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp 6.999,000.

Spesifikasi Smartphone Oppo Reno3 Pro

Berikut ini spesifikasi lengkap Oppo Reno3 Pro.

ChipsetMediatek Helio P95
CPUOcta-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
RAM8GB
Memori Internal128 GB, 256 GB
Memori EksternalmicroSDXC
Kamera Depan44 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/2.65″, 0.7µm
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Belakang64 MP, f/1.7, 27mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
13 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm, AF
2 MP B/W, f/2.4, (depth)
Format Video[email protected], [email protected], [email protected]
Teknologi LayarSuper AMOLED Display
Ukuran Layar6.4 inci, 20:9
Resolusi LayarFHD+, 2400 x 1080 piksel
Dimensi158.8 x 73.4 x 8.1 mm
Berat175 g
Baterai4025 mAh
WiFiWLAN 802.11a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
BluetoothBluetooth 5.0
NFCYes
GPSGPS, AGPS, GLONASS, BDS, GALILEO
Audio JackYes, 3.5mm
PortType-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go

Ukuran dan Desain

Pada segi desain, smartphone dari Oppo ini mengusung desain punch-hole lens dengan model lensa yang menyatu dengan layar. Sepertinya untuk pasar smartphone Android, desain layar dengan notch atau water drop sudah mulai ditinggalkan, dan mulai beralih ke desain layar penuh dengan kamera yang menyatu. Apabila melihat desain Reno3 Pro ini, Sultan jadi teringat dengan desain Samsung Galaxy S10 Plus yang keluar setahun lalu. Kameranya diletakkan di pojok kiri atas layar, kamera tersebut berjumlah dua buah.

Akan tetapi, ada kekurangan dari desain ini, yakni kurang maksimalnya visual yang dihasilkan karena dua buah kamera yang diletakkan di pojok kiri. Meski begitu, untuk menonton video atau bermain game, smartphone satu ini masih tergolong nyaman karena desain layar penuh dengan bezel tipis. Sedangkan untuk ukurannya, bagi Sultan Oppo Reno3 Pro masih nyaman digenggaman. Reno3 Pro hadir dengan dimensi 158.8 x 73.4 x 8.1 mm dan berat 175 gram. Layarnya juga mengusung panel Super AMOLED dan resolusi Full HD+ sehingga kamu nggak hanya mendapatkan visual yang jernih, namun juga tajam dan luas.

Spesifikasi Kamera Depan dan Belakang

Nah ini yang menjadi daya jual utama dari Reno3 Pro. Ya, karena image kamera selfie bagus yang melekat pada smartphone Oppo juga. Namun, untuk seri Reno3 Pro ini, kameranya memang nggak main-main. Dari segi desainnya saja, Oppo ingin menunjukkan kamera selfienya dengan dua buah kamera di bagian depan. Kamera tersebut juga hadir dengan lensa 44 MP dan 2 MP yang disertai dengan fitur wide angle dan juga bokeh. Selain itu, Oppo juga menyertakan fitur Ultra Night Selfie yang membuat hasil foto selfie semakin jernih di keadaan cahaya minim. Ditambah lagi dengan sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence (AI)) yang canggih mampu menghasilkan konstruksi warna yang sangat baik.

Oppo Reno3 Pro

Kita beralih ke kamera belakang yang juga sama-sama keren. Oppo memberikan empat buah kamera yang nggak tanggung-tanggung. Kamera belakangnya hadir dengan konfigurasi 64 MP wide angle f/1.8, 1/1.72 sensor, 0.8µm, kamera telephoto 13 MP f/2.4, sensor 1/3.4, 1.0 µm, ultra-wide 8 MP f/2.2, sensor ¼.0 µm, dan mono 2 MP, 1.75 µm. Kamera belakang yang disematkan pada smartphone satu ini memiliki fitur ultra dark mode yang mampu memotret pada keadaan cahaya minim dengan ketajaman yang lebih.

Performa, Skor AnTuTu, dan Baterai

Oppo Reno3 Pro ditenagai chipset anyar kelas high-end dari Mediatek, yaitu Helio P95. Chipset ini sangat mendukung teknologi AI untuk fotografi dan juga gaming. Maka dari itu, nggak perlu ditanyakan mengapa hasil jepretan yang dihasilkan smartphone satu ini sangat memuaskan. Bagi kamu yang suka main game, Reno3 Pro akan menunjang kebutuhan gaming kamu. Ponsel besutan Oppo satu ini dibekali dengan fitur Hyper Boost yang memungkinkan kamu mendapatkan frame rate stabil pada 30 fps.

Apabila merujuk pada uji coba dengan menggunakan AnTuTu v8, ponsel ini mendapatkan skor 214,547 poin. Pada divisi baterai, ini yang menurut Sultan cukup tanggung. Alih-alih menggunakan kapasitas baterai yang lebih besar, Reno3 Pro masih menggunakan baterai berkapasitas 4026 mAh yang mana lebih kecil dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Namun, meski begitu, daya tahan baterai yang dimiliki oleh Reno3 Pro sangat bisa diandalkan.

Kelebihan dan kekurangan Hp Oppo Reno3 Pro

Berikut Sultan rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Oppo Reno3 Pro.

Kelebihan Oppo Reno3 Pro

  • Layar yang sudah mengusung panel Super AMOLED
  • Daya tahan baterai yang baik
  • Pengisian daya baterai yang cepat
  • Kualitas kamera selfie dan belakang yang memuaskan
  • Sensor sidik jari yang sangat responsive
  • Nyaman digenggam.

Kekurangan Oppo Reno3 Pro

  • Rekaman video FHD hanya mencapai 30 fps
  • Kualitas rekaman low-light yang kurang baik
  • Chipset Mediatek Helio P95
  • Tidak disertai NFC.

Kesimpulan

Sebagai smartphone kelas menengah atas, Oppo Reno3 Pro memberikan teknologi kamera yang sangat memuaskan. Terlebih kini harganya sudah turun. Yang Sultan sayangkan adalah dari segi chipsetnya. Ketika Reno2 menggunakan Snapdragon 730G, seri Reno3 Pro malah menggunakan Mediatek Helio P95. Meski begitu, overall, dari segi performa dan kamera Reno3 Pro patut diacungi jempol.

Leave a Comment