3 Cara Menambah RAM Android Tanpa Root di Semua Merk Hp

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk menyimpan memori sementara dari aplikasi atau program tertentu dari sistem operasi. Peran RAM sangat vital pada hp Android. Hp yang punya RAM besar akan lebih mudah menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Sementara itu, jika kapasitas RAM di hp kecil maka untuk menjalankan beberapa aplikasi saja akan membuat hp terasa lemot. Lalu bagaimana cara menambah RAM Android ? Apakah RAM Android bisa ditambah ?

Apakah RAM Android Bisa Ditambah ?

Jawabannya adalah tidak. RAM sudah tertanam langsung ke dalam mainboard hp. RAM tidak bisa dilepas pasang dan diganti dengan kapasitas lebih besar seperti kartu MicroSD. Misalnya kamu punya hp Android dengan RAM 2GB, untuk menaikkan kapasitas RAM menjadi 3GB atau 4GB sangat tidak memungkinkan. Jika kamu ingin menambah RAM Android, tak ada cari lain selain membeli hp baru.

Cara Menambah RAM Android

Namun jika ditanya apakah kapasitas RAM yang terbatas bisa diperluas ? Jawabannya adalah bisa. Jika kapasitas RAM Android kecil, untuk menjalankan beberapa aplikasi tentu akan membuat RAM langsung penuh. Jika RAM penuh, hp akan lemot dan perlu di restart. Hp Android lemot tentu sangat menyebalkan dan menggangu aktivitas sehari-hari.

Cara Menambah RAM Android yang Benar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, RAM Android tidak bisa ditambah. Jika kamu punya hp Android dengan RAM kecil, cara terbaik untuk membuat hp tidak lemot adalah dengan memperluas kapasitas RAM. Sultan kali ini punya 3 cara andalan untuk memperluas kapasitas RAM yang ada di hp Android kamu. Apa saja ?

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Semakin banyak aplikasi yang diinstal di hp, maka semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan kapasitas RAM. Oleh karena itu, jika kamu ingin hemat kapasitas RAM Android, lebih baik uninstal aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Cara uninstal aplikasi di hp Android sangatlah mudah, caranya:

  • Masuk ke Setting atau Pengaturan lalu masuk ke Aplikasi
  • Pilih aplikasi yang ingin diuninstal
  • lalu klik uninstal.

2. Disable Aplikasi Bawaan

Tak hanya aplikasi instalan, aplikasi bawaan Android juga memakan RAM. Apalagi ada beberapa aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh pengguna. Nah jika ada satu dua aplikasi bawaan yang tidak bisa di-uninstal dan tidak terlalu dibutuhkan kamu bisa men-disable aplikasi tersebut. Disable aplikasi bawaan akan mematikan aplikasi. Cara ini cukup membantu untuk memperluas kapasitas RAM Android kamu.

  • Masuk ke Play Store
  • Swipe ke kanan atau tekan tombol menu (3 garis horizontal di sudut kiri atas)
  • Masuk ke menu Help & Feedback
  • Pada kolom pencarian, ketik “Disable App”
  • Pilih topik yang sesuai
  • Klik link (tautan) ke “Tap to go to Application Settings”
  • Pilih aplikasi yang bisa di-disable
  • Tekan tombol “disable.”

Cara Menambah RAM Android

3. Gunakan Aplikasi Booster untuk Android

Cara lain untuk memperluas kapasitas RAM Android yang kecil adalah dengan instal aplikasi Booster di hp kamu. Aplikasi Booster biasanya punya fitur RAM Booster yang berfungsi menghapus aplikasi tidak penting yang memakan kapasitas RAM hp kamu. Salah satu aplikasi Booster terbaik untuk hp Android adalah Speed Booster dari Cheetah Mobile. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan di semua merk hp Android.

Cara Menambah RAM Android

Setelah aplikasi terinstal, aktifkan dari temukan fitur RAM Booster. Fitur RAM Booster akan mendeteksi aplikasi mana yang sedang berjalan di latar belakang. Dengan menekan tombol bersihkan, kamu bisa menghapus data dan mematikan aplikasi yang berjalan di background. Fitur RAM Booster mencegah hp kamu lemot dan ngelag. Tanpa perlu root kamu bisa menambah RAM Android dengan cara memperluas kapasitas RAM yang sudah ada.

Kesimpulan

Cara menambah RAM Android sangat tidak dimungkinkan mengingat komponen RAM sudah tertempel pada mainboard hp. Mencopot RAM dari mainboard sama dengan merusak hp kamu sendiri. Jika kamu ingin menambah RAM Android tidak ada cara lain selain upgrade ke hp baru yang punya RAM besar. Namun jika kamu tidak ingin ganti hp baru, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting, disable aplikasi bawaan yang tidak terlalu dibutuhkan, dan memasang aplikasi booster untuk hp Android.

Leave a Comment