Skip to content
Home » Tutorial » Cara Format Kartu Micro SD di HP Android (Cuma 5 Menit)

Cara Format Kartu Micro SD di HP Android (Cuma 5 Menit)

Bagaimana cara format kartu micro SD di hp Android ? Sebagian besar pengguna Android diberikan pilihan untuk menggunakan kartu Micro SD agar bisa menambahkan ruang penyimpanan bagi semua file multimedia yang dimiliki. Dengan begitu kamu bisa merasa lega kembali ketika memori hp kamu mulai penuh dengan foto atau video yang disimpan.

Namun ada beberapa saat ketika kamu perlu untuk mem-format atau menghapus isi dari kartu Micro SD tersebut. Nah Sultan akan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk itu. Simak lebih lanjut ya untuk mengetahui cara format Micro SD di hp kamu.

Sebelum kamu mengikuti prosedur format kartu Micro SD, sebaiknya kamu melakukan backup terhadap kartu Micro SD tersebut untuk menyimpan segala file atau informasi penting yang ingin kamu simpan. Nah jika kamu sudah membackup semua file penting tersebut di tempat yang aman, kini kamu dapat memilih untuk mem-format Micro SD menggunakan komputer, atau pun bisa secara langsung dari hp kamu.

Jika kamu ingin mem-format kartu Micro SD menggunakan komputer, maka kamu harus pastikan untuk memilih format kartu dengan benar baik itu ExFAT atau FAT32. Lain halnya jika kamu mem-format Micro SD dari hp, kamu tak perlu khawatir karena hp kamu akan membereskannya secara otomatis.

Cara Format Kartu Micro SD di HP Android

Setiap hp Android memiliki tampilan antarmuka yang sedikit berbeda antara satu dengan yang lainnya, namun kamu tak perlu khawatir karena menu Setting di setiap hp kurang lebih sama. Langkah yang perlu kamu lakukan antara lain adalah:

Baca Juga  2 Cara Hard Reset Advan Terbaru (HP Lama Jadi Baru)

Cara Format Kartu SD di HP

 

  1. Buka aplikasi Settings pada hp kamu
  2. Cari dan temukan Storage kemudian tekan
  3. Di dalamnya kamu akan menemukan informasi file apa yang paling banyak memakan tempat
  4. Dari situ kamu bisa menggulirkan menu hingga menemukan opsi Erase SD card atau Format SD card
  5. Kamu akan diminta konfirmasi untuk hapus kartu Micro SD
  6. Jika sudah, hp kamu akan memulai proses format kartu Micro SD.

Setelah dihapus, kartu Micro SD akan kosong seperti baru. Proses ini tidak akan mengganggu penyimpanan internal hp kamu. Sebelum menghapus kartu Micro SD, pastikan kamu sudah backup semua data penting di kartu Micro SD.

Cara Format Micro SD di PC atau Laptop

Ada suatu ketika di mana mungkin hp kamu tidak bisa mendeteksi kartu Micro SD meskipun kamu sudah mencoba berbagai macam cara. Jika demikian maka kamu perlu mencabutnya dari hp kemudian menghubungkannya ke sebuah komputer atau laptop.

Cara Format Kartu SD di HP

Kamu memerlukan sebuah alat tambahan jika komputer atau laptop kamu tidak memiliki port yang bisa dimasukkan kartu Micro SD. Jangan lupa juga bahwa kamu memerlukan sebuah adaptor yang memungkinkan kartu microSD kamu bisa dibaca di komputer.

Tanpa port dan adaptor tersebut, maka kamu mungkin tak akan bisa membaca isi kartu Micro SD yang kamu miliki. Langkah untuk mem-format kartu Micro SD menggunakan komputer Windows adalah sebagai berikut:

  1. Sambungkan kartu microSD ke komputer menggunakan adaptor yang cocok
  2. Buka My Computer dengan cara klik pada tombol Start dan klik pada Computer
  3. Atau bisa dengan cara tombol pintas yakni Windows key + E
  4. Pastikan bahwa kartu Micro SD kamu muncul pada menu utama di My Computer
  5. Kartu Micro SD kamu masuk ke dalam list Devices with removable storage
  6. Klik kanan pada pilihan tersebut untuk melihat menu konteks yang tersedia
  7. Klik Format untuk membuka opsi format.
Baca Juga  Cara Backup Data Android Sebelum Reset Paling Aman & Mudah

Ketika akan mem-format, pastikan bahwa File System telah diset pada FAT32 yang mana adalah standar untuk Windows 7 dan versi Windows terbaru. Perlu diingat untuk tidak menggunakan NTFS karena hp kamu tidak dapat mengenalinya.

Kamu juga bisa memberi tanda centang pada opsi Quick Format yang bertujuan untuk membatasi proses format pada hal yang inti saja sehingga proses pun dapat berjalan dengan lebih cepat.

Setelah semua pengaturan sudah benar, maka kini kamu bisa memulai proses format dengan cara klik pada tombol Start dan tunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah, kamu bisa mengeluarkannya dari komputer dan memasukkannya kembali ke hp kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.