Cara Cek Garansi iPhone Pakai IMEI/Nomor Seri Secara Online

Mengingat iPhone, iPad, atau iPod adalah produk gadget yang cukup mahal harganya, maka garansi adalah salah satu hal penting yang penting. Garansi produk akan membuatmu lebih tenang karena jika suatu saat iPhone rusak kamu bisa memperbaikinya secara gratis di service center Apple terdekat. Sebelum membeli iPhone, kamu harus perhatikan apakah garansi yang didapat berlaku di Indonesia. Bagaimana cara cek garansi iPhone yang benar ?

Secara umum, semua produk Apple baik itu: iPhone, iPad, iPod, komputer mac, Apple Watch, dan Apple TV sudah dilengkapi garansi selama 1 tahun. Nah kali ini, Sultan akan berbagi tips cara mengetahui status garansi produk Apple dan kapan garansi produk berakhir. Informasi garansi bisa kamu gunakan jika suatu saat kamu berencana untuk klaim garansi atau menjualnya dengan garansi resmi Apple yang masih berlaku supaya harga jualnya lebih mahal. Cara cek garansi iPhone atau produk Apple lainnya sangat mudah. Bahkan kamu bisa melakukannya secara online. Bagaimana caranya ?

Persiapan Sebelum Cek Garansi iPhone

Sekedar informasi, Apple jarang menggunakan kartu garansi berbentuk dokumen yang harus kamu isi dan dikirim ke alamat tertentu. Semua informasi tentang garansi tersimpan di dalam Serial Number atau IMEI. IMEI adalah nomor kode yang ada di setiap perangkat elektronik. Nomor IMEI bersifat unik, artinya setiap produk iPhone di dunia ini punya nomor IMEI berbeda-beda. Bagaimana cara mengetahui nomor IMEI atau Serial Number dari iPhone atau perangkat Apple milikmu ?

Cara Cek Garansi iPhone

Pertama, nomor IMEI atau Serial Number bisa ditemukan di dus boks produk. Kedua, kamu juga bisa menemukan nomor IMEI jika iPhone disinkronisasi ke iTunes. Ketiga, nomor IMEI bisa ditemukan dengan cara masuk ke Pengaturan > Umum > Mengenai (About). Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa ketahui cara mengecek IMEI di iPhone melalui artikel berikut ini. Setelah kamu mengetahui Serial Number atau IMEI dari iPhone, selanjutnya ikuti langkah berikut ini.

Cara Cek Garansi iPhone Secara Online

Cara cek garansi iPhone secara online sangat mudah. Setelah mendapatkan nomor IMEI atau Serial Number, buka web browser dan klik link berikut ini. Jangan khawatir, link cek garansi berikut resmi dari website Apple. Dari link tersebut kamu bisa cek garansi iPhone dan termasuk kapan garansi berakhir. Setelah masuk ke laman, paste IMEI atau Serial Number ke kolom yang disediakan. Setelah itu, masukan kode captcha dan klik tombol “Lanjutkan.”

Cara Cek Garansi iPhone

Jika IMEI dan Serial Number sudah terverifikasi, kamu akan dibawa ke halaman informasi garansi dari produk Apple yang kamu beli. Ada 3 informasi yang akan diberikan, yaitu: Valid Purchase Date, Telephone Technical Support, dan Repairs and Service Coverage. Berikut penjelasannya:

  • Valid Purchase Date: Menandakan produk sudah pernah dibeli dan diaktivasi oleh pengguna sebelumnya. Informasi ini menjelaskan bahwa iPhone yang dimaksud pernah terhubung ke Apple melalui Apple ID. Jika kamu membeli iPhone baru dan belum diaktifkan, maka akan muncul tulisan “Please activate your iPhone” dengan ikon warna oranye. Sebaliknya, jika membeli iPhone bekas maka akan muncul keterangan “Active” karena sebelumnya sudah pernah diaktivasi oleh pengguna lama
  • Telephone Technical Support: Berisi informasi dukungan layanan bantuan melalui telepon. Setiap produk baru yang dibeli akan mendapat layanan telepon oleh tim Apple selama 90 hari pertama. Setelah lewat dari batas waktu yang ditentukan, dukungan telepon akan habis masa berlakunya
  • Repairs and Service Coverage: Keterangan ini berisi informasi masa garansi produk Apple yang kamu miliki. Biasanya masa garansi untuk produk Apple selama 1 tahun. Jika produk Apple kamu masih dalam masa garansi, maka statusnya akan “Active.” Kamu bisa melihat kapan masa garansi habis dengan melihat waktu di “Estimated Expiration Date:……”

Cara cek garansi iPhone, iPad, atau produk Apple lainnya sangatlah mudah. Ini karena Apple memiliki fitur atau fasilitas untuk cek garansi melalui online. Perlu diingat, sebelum membeli iPhone, kamu harus perhatikan garansinya. Sebelum membuka kotak iPhone, ada baiknya kamu cek apakah masa garansinya sesuai dengan yang dijanjikan. Nomor IMEI bisa kamu temukan di dus boks sehingga bisa kamu cek langsung status garansinya.

Leave a Comment