Skip to content
Home ยป Info ยป Kenapa Brand Anda Harus Jualan Online di e-Commerce ?

Kenapa Brand Anda Harus Jualan Online di e-Commerce ?

Saat ini kita temukan banyak perusahaan atau brand yang mulai jualan online di e-commerce atau marketplace. Jualan online baik di toko online sendiri atau e-commerce adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan omset dan pasar. Dengan berjualan online, perusahaan bisa menawarkan produk dan jasanya ke konsumen di seluruh daerah dengan biaya lebih murah.

Alasan Brand Jualan Online di e-Commerce

Jualan online di marketplace bukan hanya ikut-ikutan tren. Tetapi juga sebuah kebutuhan di era digital ini. Brand Anda harus tetap beradaptasi dengan kemajuan zaman. Tujuannya supaya tetap berada di top of mind masyarakat dan menjangkau lebih banyak konsumen baru.

Kebutuhan jualan online dan offline bisa disesuaikan dengan kondisi bisnis. Anda tentu bisa menggabungkan kedua model jenis bisnis ini dengan konsekuensi tertentu. Model bisnis offline dan online jika digabung bisa maksimalkan keuntungan perusahaan. Namun untuk perusahaan yang terbiasa jualan secara fisik (offline), ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum beralih ke online.

Kenapa Brand Anda Harus Jualan Online di e-Commerce ?

Perusahaan yang menjual produk dan jasanya langsung ke konsumen perlu mencoba jualan secara online. Anda bisa buat situs web sendiri untuk jualan online, Namun ada juga opsi lain yaitu buka akun toko (penjual) di e-commerce. Berikut ini alasan kenapa perusahaan Anda harus jualan online di e-commerce:

1. Meningkatkan Image Perusahaan

Perusahaan atau brand yang jualan online di marketplace memudahkan pelanggan menemukan katalog produknya. Pembeli juga lebih merasa aman saat bertransaksi karena tahu produknya dikirim langsung oleh produsen. Anda juga bisa memberikan informasi lengkap tentang produk dan jasa yang dijual. Website e-commerce sudah punya fitur testimoni pelanggan supaya pelanggan bisa lihat review produk lebih jelas.

Baca Juga  Hp Snapdragon 845 Paling Murah (di bawah 5 jutaan)

2. Terima Order 24 Jam Setiap Hari

Salah satu kelebihan jualan online di marketplace adalah bisa melayani pelanggan kapan saja dan di mana saja. Anda bisa atur agar toko buka dan melayani pesanan 24 jam setiap hari. Atau bisa buka toko tanpa tergantung jam kerja atau hari libur. Biasanya saat toko di e-commerce tutup, Anda tetap bisa terima pesanan. Proses pemesanan dan pembayaran di e-commerce berlangsung otomatis. Saat operasional toko dibuka kembali, pesanan bisa Anda proses untuk kemas dan kirim.

3. Menurunkan Biaya Operasional

Brand yang menggunakan e-commerce untuk jualan online dapat membantu untuk menghemat biaya operasional. Tidak perlu lagi bayar sewa tempat usaha, bayar listrik, air, telepon, dan gaji karyawan penjaga toko. Saat jualan online di e-commerce, Anda hanya perlu menyediakan informasi produk akurat, harga menarik dan up to date, serta pastikan stok barang tersedia.

4. Meningkatkan Daya Saing Brand

Jualan online di e-commerce memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Situs e-commerce bisa dibuka oleh banyak orang dan beragam dari segi geografis dan demografisnya. Anda bisa pasang iklan di situs e-commerce supaya promo muncul di halaman depan atau hasil pencarian teratas. Tawarkan promo menarik dan yang memberi nilai tambah, seperti: diskon, gratis ongkos kirim (ongkir), dan garansi.

5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan berjualan online, Anda bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Proses tanya jawab tentang keunggulan produk bisa lebih cepat melalui fitur chat. Proses pemesanan dan kirim bisa dipantau oleh pelanggan. Informasi tentang produk bisa ditulis lengkap untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Disediakan Badge khusus yang menandakan akun penjual official sehingga konsumen bisa lebih percaya saat transaksi. Review produk juga lebih natural karena berasal langsung dari konsumen.

Baca Juga  Kelebihan & Kekurangan Jaringan 4G LTE pada HP / Smartphone

Keuntungan Jadi Seller di e-Commerce

Sebagai brand besar, Anda harus memperhitungkan segala langkah untuk memaksimalkan laba. Membuka channel online untuk berjualan juga butuh pertimbangan. Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda jualan online di e-commerce ketimbang jualan di website sendiri:

Jualan Online di e-Commerce Lebih Menguntungkan

  • Tidak perlu mengeluarkan biaya pembuatan dan perawatan website
  • Tidak perlu mencari hosting dan domain sendiri untuk website
  • Tidak perlu mengurus proses pembayaran, pengiriman, layanan pelanggan
  • Tidak repot menyediakan proteksi dari penipuan
  • Tidak butuh investasi biaya tinggi untuk pemasaran dan meningkatkan trafik
  • Tidak perlu bersaing dengan platform e-commerce yang sudah terkenal.

Jualan online di situs e-commerce memungkinkan brand dapat memanfaatkan platform situs online yang sudah punya nama, brand recognition tinggi, konsumen loyal, dan kepercayaan lebih tinggi. Tidak perlu buat situs online dari nol untuk mendapatkan keuntungan dari jualan online.

Sumber: https://www.bhinneka.com/blog/alasan-buka-toko-online-di-marketplace/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *