Review Vivo Y83 vs Vivo V9, Spesifikasi & Harga Terbaru 2019

Vivo Y83 diluncurkan tak lama setelah Vivo V9. Walaupun memiliki desain yang sama karena usung layar berponi, namun keduanya memiliki spesifikasi yang jauh berbeda. Dengan harga jual yang lebih murah dibanding V9, Y83 secara tidak langsung dinobatkan menjadi versi “Lite” dari V9. Jika dilihat dari depan, Y83 nyaris tidak bisa dibedakan dengan V9. Namun jika dari belakang sangat jelas terlihat perbedaan di antara keduanya.

Vivo Y83 Layar Poni

Tidak seperti V9 yang memiliki dua kamera belakang, Vivo Y83 hanya memiliki satu kamera saja. Selain itu jika kamu memegang keduanya, Y83 terasa sedikit lebih kecil. Ini karena ukuran layar yang hanya berbeda sedikit dengan V9. Vivo Y83 adalah pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan sensasi ala Vivo V9, namun dengan harga lebih murah. Tidak seperti Vivo V9 yang fokus ke kamera, Vivo Y83 lebih menitikberatkan kepada performa.

Seperti apa kelebihan Vivo Y83 ini? Yuk sama-sama intip review kelebihan dan spesifikasi smartphone ini bersama Sultan.

Harga Vivo Y83

Pada tahun 2019, Vivo Y83 resmi dijual dengan harga Rp 2.799.000. Harganya memang lebih murah dibanding Vivo V9 karena ada beberapa penurunan spesifikasi. Beberapa kekurangan Vivo Y83 dibanding V9 yang Sultan catat di antaranya adalah: ukuran dan resolusi layar lebih rendah, memori internal lebih kecil, dan resolusi kamera depan dan belakang lebih kecil. Namun di luar itu, baik dari segi spesifikasi dan fitur keamanan Vivo Y83 dan V9 hampir sama baiknya.

Spesifikasi Vivo Y83

Platform
OSAndroid 8.1 (Oreo)
ProsesorMediatek Helio P22
KecepatanOcta-core 2.0 GHz
GPUPowerVR GE8320
Memori
RAM4GB
Memori Internal32 GB
Memori EksternalMicroSD up to 256 GB
Kamera
Depan8 MP, F2.2
Belakang13 MP, F2.2
Video[email protected]
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeIncell
Luas6.22 inci
ResolusiHD+ 1520 x 720 piksel
Bodi
Dimensi155.2 x 75.2 x 7.7 mm
Berat150 g
Baterai3260 mAh
Pilihan WarnaBlack and Red
Konektivitas
SIMSingle SIM/Dual SIM
JaringanGSM/WCDMA/LTE
WLAN802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
NFC
Port3.5 mm audio jack
USBMicro USB 2.0
Lainnya
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity

Layar Full View Berponi

Vivo Y83 merupakan varian smartphone kedua setelah V9 yang mengusung layar berponi. Meskipun sama-sama berponi, namun kualitas layar Y83 lebih rendah dibanding V9. Y83 dibekali layar bernama Full View Display seluas 6.22 inci, atau berbeda sedikit dari V9 yang seluas 6.3 inci. Resolusi layarnya pun lebih rendah yakni hanya HD+.

Vivo Y83 Layar Poni

Meskipun lebih rendah, namun layar Full View menawarkan sensasi visual yang lebih memuaskan. Berkat layar berponi, Y83 memiliki tampilan layar yang 15.5 % lebih luas dibanding smartphone biasa berasio 16:9. Pemanfaatan setiap celah ruang yang begitu cermat membuat rasio layar ke bodinya bisa dimaksimalkan hingga 88%.

Vivo Y83 Layar Poni

Untuk memaksimalkan layarnya yang luas, Vivo menyertakan fitur Split Screen. Fitur ini bisa membagi layar menjadi dua, sehingga kamu bisa melihat dua halaman aplikasi berbeda dalam satu layar. Sambil menonton video kamu bisa membalas pesan teman di layar yang sama. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang gak suka diganggu saat sedang asyik menonton.

Prosesor Octa-Core + RAM 4GB

Vivo Y83 ditenagai prosesor MediaTek Helio P22 yang merupakan prosesor kelas menengah pertama yang dibuat dengan teknologi 12 nm. Ukuran lebih kecil dan jumlah transistor lebih banyak membuat kinerja Y83 lebih efisien. Prosesor ini memiliki 8 buah inti (Cortex-A53) berkecepatan hingga 2.0 GHz. Prosesor yang kencang juga ditunjang oleh RAM besar 4GB dan memori internal 32 GB. Jika dirasa kurang cukup, kamu bisa menambah kapasitas memori internal dengan MicroSD hingga 256 GB.

Vivo Y83 Layar Poni

Kamera dengan AI Face Beauty

Vivo Y83 memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Sama seperti V9, kamera Y83 juga sudah terintegrasi dengan teknologi kecerdasan buatan AI Face Beauty. Teknologi ini membuat kamera bisa mendeteksi jenis kelamin, usia, warna, tekstur kulit, dan kondisi pencahayaan di sekitar. Setelah itu, smartphone secara otomatis memilihkan efek Beautify paling tepat sehingga nantinya hasil foto sefiemu tidak hanya cantik namun juga alami.

Vivo Y83 Layar Poni

Vivo Y83 juga dibekali fitur Potrait Mode. Fitur ini dapat mengaburkan latar belakang di belakang subyek mirip seperti efek bokeh ketika kamu memotret dengan kamera SLR. Beralih ke kamera belakang, Y83 dibekali kamera utama beresolusi 13 MP. Kameranya sudah didukung fitur PDAF yang bisa menangkap fokus subyek dengan cepat.

Sensor Sidik Jari + Face Access

Sensor sidik jari yang jadi fitur keamanan standar smartphone terkini tak lupa disematkan pada Y83. Dengan sidik jari, kamu bisa membuka smartphone dan buka aplikasi dengan cepat. Selain sidik jari, Vivo Y83 juga dibekali fitur pengenal wajah. Kamera depan berfungsi menangkap dan mengenali wajahmu. Setelah wajahmu dikenali oleh mesin, smartphone akan membuka kuncinya secara instan.

Vivo Y83 Layar Poni

Leave a Comment