Review Samsung Galaxy S9 Plus (Harga dan Spesifikasi), Bagaimana di Tahun 2020?

Samsung Galaxy S9+ merupakan smartphone seri flagship terbaru dari Samsung. Setahun sebelumnya, Samsung merilis Galaxy S8 dan S8+. Kayanya Samsung kali ini ingin bersaing dengan rivalnya yaitu iPhone yang setelanh merilis 8 dan 8 Plus, mengeluarkan iPhone X. Galaxy S8 dan S8+ mendapat animo yang baik dimasyarakat. Bagaimana dengan S9 dan S9+? Apakah akan diterima dengan baik juga kah?

Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus

Platform
OSAndroid 8.0 Oreo
ProsesorExynos 9810
KecepatanOcta-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G72 MP18
Memori
RAM6GB
Memori Internal64GB/128GB/256GB
Memori EksternalmicroSD, up to 400 GB (SIM 2 slot)
Kamera
Depan8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), autofocus, [email protected], dual video call, auto HDR
BelakangDual Camera 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF) & 12MP (f/2.4, 52mm, 1/3.6”, 1µm, AF) phase detection autofocus, OIS, LED flash, 2x optical flash
Video[email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec.
FiturGeo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama
Layar
TipeSuper AMOLED
Luas5.8 inci (83.6% screen to body ratio)
Resolusi1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~570 ppi density)
Bodi
Dimensi158.1 x 73.8 x 8.5 mm (6.22 x 2.91 x 0.33 inci)
Berat189 g
BateraiLi-Ion 3500 mAh non-removable
Pilihan WarnaMidnight Black, Coral Blue, Titanium Gray, Lilac Purple, Burgundy Red, Sunrise Gold
Konektivitas
SIMSingle (Nano-SIM)/Hybrid Dual SIM
JaringanGSM/HSPA/LTE/CDMA/EVDO
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
PortJack Audio 3.5mm
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
SensorIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
Teknologi Fast battery charging (Quick Charge 2.0)

Qi/PMA wireless charging

Bixby natural language commands and dictation

Harga Samsung Galaxy S9 Plus

Harga yang ditawarkan Samsung untuk produk flagship terbarunya ini cukup signifikan yakni hingga 2 juta rupiah dengan seri yang keluar sebelumnya. Pada awal perilisan, Samsung membanderol harga Galaxy S9+ sebesar Rp 12 juta, sedangkan untuk seri ini mereka membanderol 13 sampai 14.5 juta rupiah. Kalau kamu yang udah punya Galaxy S8+, menurut Sultan kamu nggak perlu beli lagi seri ini sih.

Daftar Harga Hp Samsung Terbaru

Desain dan Layar Samsung Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9+ memiliki bodi yang tidak jauh berbeda dengan pendahulnya, S8+. Mungkin karena seri sebelumnya mendapatkan banyak pujian dari penggemar dan konsumennya. Namun, ada sedikit perubahan pada Galaxy S9+ yaitu pada letak pemindai sidik jari. Pada seri terbarunya, Samsung meletakkan pemindai sidik jarinya di bawah kamera sehingga lebih mudah dijangkau dengan jari telunjuk kamu. Dimensi ukurannya pun tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya, namun Samsung Galaxy S9+ memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil (walaupun nggak ketara). Walaupun ukurannya lebih kecil sedikit, Galaxy S9+ memiliki bobot yang lebih berat yakni 189g.

Display yang digunakan pun sama, Super AMOLED dengan ukuran yang sama juga. Untuk proteksi bagian belakang, Samsung, seperti sebelumnya, masih menggunakan Gorilla Glass 5. Resolusinya pun masih dengan 1440 x 2960 piksel dengan rasio 18.5:9. Layar sebesar 6.2 inci tentunya udah manjain kamu ketika streaming YouTube atau Netflix.

Review Samsung Galaxy S9 Plus

Kamera Samsung Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9+ hadir dengan kamera belakang ganda. Ini yang membedakannya dengan S8+. Kamera ganda belakannya memiliki aperture diantaranya f/2.4 dan f/1.5. Ini yang membedakan S9+ dengan adiknya, Samsung S9. Namun, kedua aperture ini akan nggak kerasa keberadaannya ketika kamu pakai mode Auto. Aperture pun dapat kamu atur secara manual ketika kamu pindah ke mode profesional. Mode profesional ini menurut Sultan keren banget. Kenapa? Karena kamu bisa mendapatkan gambar yang kamu mau bahkan ketika cahayanya minim. Hebatnya lagi ketika kamu zoom pun, gambar yang tertangkap nggak terlalu buram.

Review Samsung Galaxy S9 Plus

Merekam video dengan kamera pada smartphone ini bisa diandalkan banget. Kamu bisa merekam video sesukamu hingga resolusi 4K di framerate 60fps. Bagi kamu yang mau videonya kelihatan lebih artistik, kamu bisa menggunakan fitur slow motion dan time lapse. Sultan yakin video yang kamu buat jadi makin lebih punya storytelling dengan menggunakan fitur ini.

Perfoma

Sama seperti adiknya, S9+ menggunakan prosesor yang sama yakni Exynos 9810 yang memiliki inti 8 buah (4×2.7GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55). Untuk GPUnya Galaxy S9+ ditenagai oleh Mali-G72 MP18. Ini yang membuat Galaxy S9+ unggul disisi performa ketimbang pendahulunya, S8+. Untuk skenario gaming, smartphone ini mampu menjalankan game-game terkenal dengan grafik keren seperti Tekken, PUBG, Asphalt 8, dan lain-lain tanpa mengalami lag. Samsung Galaxy S9+ menggunakan sistem operasi Android 8.0 (Oreo). Seri Android ini merupakan seri terkini. 

Review Samsung Galaxy S9 Plus

Video Samsung Galaxy S9 Plus

Fitur Tambahan

Bixby merupakan asisten virtual buatan Samsung. Fitur ini sebenarnya udah ada pada Galaxy S8/8+. Namun fitur ini masih perlu banyak disempurnakan. Menurut Sultan Bixby ini nggak secanggih Google Assistant yang sebenarnya tersedia juga di sistem operasi Android. Untuk mengintepretasikan suara, Bixby belum bisa berjalan secara maksimal. Banyak kata-kata yang belum bisa terdeteksi oleh Bixby.

Bixby juga disertai dengan fitur Bixby vision yang memiliki fungsi:

  1. Mengidentifikasikan gambar atau produk yang mirip dengan objek yang ada di foto.
  2. Menerjemahkan teks secara langsung dan real-time
  3. Kamu bisa mengidentifikasikan beberapa lokasi yang dekat dengan kamu
  4. Memindai kode QR.

Review Samsung Galaxy S9 Plus

Selain Bixby, Galaxy S9+ juga memiliki fitur AR Emoji. Fitur ini mirip dengan fitur yang dimiliki oleh iPhone X. Dengan fitur ini kamu bisa menggunakan avatar yang bentuk atau wajahnya dapat kamu dapat dari hasil potretan wajah kamu. Kamu bisa mengirimkan animasi tersebut dengan format GIF.

Bagaimana Smartphone Ini di Tahun 2020?

Meskipun sudah keluar seri Galaxy S20, sebenarnya, Galaxy S9 Plus bisa kamu jadikan alternatif untuk kamu yang ingin merasakan performa smartphone flagship walaupun teknologinya sudah dari 2 tahun lalu. Untuk menjalankan aplikasi hiburan seperti game berat, smartphone ini sudahlah cukup. Apalagi harganya sudah turun.

 

4 thoughts on “Review Samsung Galaxy S9 Plus (Harga dan Spesifikasi), Bagaimana di Tahun 2020?”

Leave a Comment