Review Samsung Galaxy S9 terbaru (Harga dan Spesifikasi)

Samsung merupakan salah satu produsen HP smartphone paling terkenal sejagad raya. Siapa sih yang nggak kenal produk-produknya? Kini Samsung Galaxy S9 baru saja diluncurkan yang tentunya dengan teknologi terbaru walaupun Samsung Galaxy S8 diluncurkan tahun lalu dan animonya sangat baik. Seri Samsung Galaxy S9 ini berbarengan dengan dirilisnya produk dari saingannya, Apple yaitu iPhone X.

Spesifikasi Samsung Galaxy S9

Platform
OSAndroid 8.0 Oreo
ProsesorExynos 9810
KecepatanOcta-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G72 MP18
Memori
RAM4GB
Memori Internal64GB/128GB/256GB
Memori EksternalmicroSD, up to 400 GB (SIM 2 slot)
Kamera
Depan8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), autofocus
Belakang12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF), phase detection autofocus, OIS, LED flash
Video2160p@60fps, 1080p@240fps, 720p@960fps, HDR, dual-video rec.
FiturGeo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, Auto HDR, panorama
Layar
TipeSuper AMOLED
Luas5.8 inci (83.6% screen to body ratio)
Resolusi1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~570 ppi density)
Bodi
Dimensi147.7 x 68.7 x 8.5 mm (5.81 x 2.70 x 0.33 inci)
Berat163 g
BateraiLi-Ion 3000 mAh non-removable
Pilihan WarnaMidnight Black, Coral Blue, Titanium Gray, Lilac Purple, Burgundy Red, Sunrise Gold
Konektivitas
SIMSingle/Dual SIM
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFCYes
PortJack Audio 3.5mm
USB3.1, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
SensorIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
TeknologiFast battery charging (Quick Charge 2.0)

Qi/PMA wireless charging

Bixby natural language commands and dictation

Desain dan Display Samsung Galaxy S9

Desain pendahulunya yakni Samsung Galaxy S8 mendapat banyak pujian karena keeleganan dan bentuk yang futuristik. Tidak seperti pesaingnya yang memiliki layar penuh, Samsung Galaxy S9 ini tetap konsisten memiliki tampilan yang mirip seperti pendahulunya yakni S8. Samsung menjawab kritikan dan masukan dari para reviewer dan pemakai produknya yang merasa penempatan sensor pemindai sidik jari di Samsung Galaxy S8 kurang nyaman, dan akhirnya Samsung benahi posisi sensornya di seri Galaxy S9 agar lebih nyaman dan mudah untuk dijangkau.

Samsung Galaxy S9 memiliki layar sebesar 5.8 inci. Dan untuk display, seperti pendahulunya, S9 menggunakan layar AMOLED dengan resolusi 2960×1440. Layarnya besar, sehingga kamu bisa menikmati pengalaman bermain game, nonton video, dan browsing lebih maksimal. Walaupun dengan layar dan besar Sultan ngerasa menggenggam seri Flagship ponsel pintar terbaru besutan Samsung ini dengan nyaman.

Review Samsung Galaxy S9

Kamera Samsung Galaxy S9

Buat kamu yang suka motret, Samsung Galaxy S9 akan ngasih kamu fasilitas kamera yang jernih. Kamu nggak perlu beli kamera untuk foto atau merekam video. Samsung Galaxy S9 memiliki mode F1.5 aperture yang mampu membuat foto lebih jelas dan cerah dalam kegelapan. Selain itu kamu juga bisa dapatkan gambar yang tajam di siang hari dengan mode F2.4 aperture. Kamera belakang samsung memiliki resolusi 12 MP dan depan 8 MP. Fitur lain yang diberikan Samsung ialah Emoji. Kamu bisa membuat dirimu jadi sosok 3D yang lucu. Namun, fitur emoji yang diberikan Samsung pada seri ini terinspirasi oleh teknologi iPhone yakni AR Emoji.

Bagi kamu yang doyan merekam kegiatan sehari-hari kamu entah itu untuk vlog yang bakal kamu upload di YouTube ataupun cuma buat dokumentasi pribadi, Galaxy S9 ngasih kamu fitur Super Slow-Mo yang mendukung resolusi HD. Video yang kamu rekam bisa lebih artistik dengan fitur ini. Kamu bisa juga merekam video dengan resolusi HD di frame rate 60fps dengan kamera belakang. Sedangkan untuk kamera depan kamu dapat merekam dengan resolusi 1440p di frame rate 30fps.

Review Samsung Galaxy

Review Samsung Galaxy S9

Performa Samsung Galaxy S9

Ponsel pintar terbaru keluaran Samsung ini ditenagai dengan prosesor Exynos 9810 Octa-Core (4×2.7 GHz). Performa yang ditunjukkan sama S9 bisa dibilang cukup jauh dari seri sebelumnya. Performa prosesor Exynos 9810 ini bisa bersaing dengan pesaingnya, iPhone X. Prosesor yang dipasang di Samsung Galaxy S9 mampu melibas game-game terkenal seperti PUBG, Tekken, dan Injustice 2. Kamu bakal nikmatin performa maksimal bermain game tanpa harus ngalamin lag atau stutter. Namun sayangnya, setelah 30 menit S9 akan ngalamin peningkatan temperatur dibaterainya.

Fitur Bixby Samsung Galaxy S9

Fitur lain yang dikasih Samsung S9 buat kamu ialah asisten pribadi, Bixby yang sebelumnya pernah ada di seri S8. Yang kita ketahui sebelumnya, fitur Bixby ini menuai kritik sebelumnya di S8 karena nggak secanggih Google Assistant yang udah tersedia buat OS Android. Bixby belum bisa mengintrepetasikan suara secara maksimal. Bixby seringkali nggak nangkep pertanyaan yang Sultan utarakan.

Baterai Samsung Galaxy S9

Untuk baterai, Galaxy S9 menggunakan Li-Ion 3000 mAh yang non-removable. Dibanding dengan seri sebelumnya, bisa dibilang daya tahan baterai pada S9 cenderung tidak setahan lama S8. Ketika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, daya tahan baterai yang udah Sultan coba di HP ini cuma 7 jam 23 menit aja. Sedangkan untuk seri S8 daya tahan baterainya 12 persen lebih tinggi yakni 8 jam 22 menit. Hal ini terjadi karena lonjakan daya dari inti prosesor Exynos M3 yang digunakan sama Galaxy S9 ini.

 

HP seri flagship terbaru dari Samsung ini dibanderol dari harga Rp 11jutaan hingga Rp 12,5jutaan. Cukup oke dari segi harga dan performa yang diberi. Cukup sampai sini aja ya guys, terimakasih udah ngikutin review Sultan kali ini.

Leave a Comment