Review Oppo F7 Terbaru (Harga, Fitur & Spesifikasi)

Review Oppo F7 – Di kuartal dua 2018, Oppo meluncurkan Oppo F7 di Indonesia. Smartphone ini punya desain yang tak biasa karena layar full screen miliknya jadi terasa lebih luas karena layar dibuat berponi di bagian atas. Selain itu, kamera depan Oppo F7 juga memiliki resolusi super besar, bahkan terbesar di dunia saat ini.

Spesifikasi yang ditawarkan Oppo F7 terbilang oke punya. Menurut penyelidikan Sultan, Oppo F7 ini menjadi smartphone pertama di dunia yang punya prosesor super canggih MediaTek Helio P60. Kenapa canggih? Ini karena P60 sudah dibekali teknologi kecerdasan buatan sehingga bisa bikin Oppo F7 lebih pintar dari Hp pintar kebanyakan.

Penasaran seperti apa hebatnya review Oppo F7 ini? Yuk simak ulasan Sultan berikut ini.

Spesifikasi Oppo F7

Platform
OS Color OS 5.0 berbasis Android 8.1
Prosesor MediaTek Helio P60
Kecepatan Octa-core MTK P60 2.0 GHz
GPU ARM Mali-G72 MP3 800 MHz
Memori
RAM 4GB
Memori Internal 64GB
Memori Eksternal microSD, up to 256GB
Kamera
Depan 25 MP F/2.0
Belakang 16 MP F/1.8
Video 1080p@30fps
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
Tipe LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna
Luas 6.23 inci (15.8 cm)
Resolusi Full HD+, 2280 x 1080 piksel
Bodi
Dimensi 156 x 75.3 x 7.8 mm
Berat 158 g
Baterai 3400 mAh
Pilihan Warna Solar Red, Moonlight Silver, Diamond Black
Konektivitas
SIM Dual Nano SIM
Jaringan GSM/WCDMA/LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band 2.4/5 GHz
Bluetooth 4.2
GPS Yes
NFC
Port Jack Audio 3.5 mm
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
Sensor Fingerprint (rear-mounted), Magnetic Induction, Light Sensor, Proximity Sensor, G-Sensor

Desain dan Layar Oppo F7

Oppo F7 dibekali desain tidak biasa. Layar full screen yang diusungnya ditambah dengan layar berponi di bagian atas sehingga membuat tampilan layar lebih luas. Layar berponi inilah yang membuat Oppo F7 memiliki rasio layar 19:9, lebih luas dibanding smartphone standar yang masih 18:9 atau 16:9. Permukaan depannya pun terlihat sangat didominasi layar karena memang layar Oppo F7 menutupi hingga 88% permukaan bodi depannya.

Mengenai ukuran layar dan desain, meskipun Oppo F7 dibekali layar seluas 6.23 inci namun itu tidak membuat bodi smartphone terasa bongsor. Ini karena setiap mm bodi dimaksimalkan untuk layar sehingga tidak ada sisa ruang yang terbuang percuma. Bahkan menariknya, ukuran Oppo F7 ini tidak jauh beda dengan smartphone standar berlayar 5.5 inci lho. Nah, buat kamu yang ingin smartphone berlayar besar tapi tetap ringkas dan nyaman digenggam, Oppo F7 bisa jadi pilihan yang tepat.

Kamera Depan Oppo F7

Seperti apa review kamera Oppo F7 ? Hal luar biasa ditawarkan Oppo untuk pecinta selfie. Untuk pertama kalinya, Oppo membenamkan kamera beresolusi 25 MP di kamera depan. Resolusi kamera super besar ini pastinya sangat mantap kalau dipakai foto selfie. Selain hasil jepretannya terlihat tajam, resolusi super besar juga membuat foto lebih terang.

Untuk menyempurnakan kualitas jepretan kamera depan, Oppo F7 sudah dibekali Teknologi AI Beauty 2.0. Teknologi kecerdasan buatan ini mampu mengenali karakter wajah, tekstur, dan warna kulit wajah setiap orang melalui 296 titik pengenalan. Setelah mampu mengenali wajah subjek, Oppo F7 akan menyesuaikan efek Beautify yang paling pas, sehingga hasil foto selfie akan terlihat cantik natural. Selain itu, ada juga AI Learning yang bisa mengingat pengaturan kamera yang biasa dipakai. Jadi ketika nanti kamu ingin foto selfie lagi, smartphone secara otomatis menyeting kamera sesuai kebiasaanmu.

Kamera Belakang Cerdas Oppo F7

Tak cuma kamera depan yang dibekali kecerdasan buatan. Kamera belakang Oppo F7 juga dibekali teknologi kecerdasan buatan bernama AI Scene Recognition. Teknologi ini membantu kamera untuk mengenali hingga 16 jenis pemandangan dan objek berbeda. Secara otomatis kamera mengatur tingkat keseimbangan warna, kecerahan, eksposur dan kontras di setiap gambar yang kamu ambil. Inilah yang membuat memotret di Oppo F7 lebih mudah.

Performa Oppo F7: MediaTek Helio P60 + RAM 4GB

Oppo F7 ditenagai dapur pacu MediaTek terbaru yaitu Helio P60. Prosesor berotak delapan ini punya dua buah core AI khusus yang berfungsi meningkatkan efisiensi kerja prosesor sekaligus membuatnya lebih cerdas. Prosesor generasi terbaru di dalam Oppo F7 membantu meningkatkan respon aplikasi hingga 37% lebih cepat dan pengolahan gambar 46% lebih cepat. Oppo F7 pun dibekali fitur Game Acceleration sehingga dapat bekerja lebih cepat dan mulus saat memainkan game Android kelas berat.

Supaya Oppo F7 mampu menjalankan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan, prosesor ditemani oleh RAM berkapasitas 4GB. Selain itu, untuk menampung foto, video, dan aplikasi favoritmu, F7 menyediakan banyak ruang penyimpanan berkat memori internal 64 GB yang bisa diekspansi dengan MicroSD hingga 256 GB.

Baterai Oppo F7

Kemudian dari sektor daya, Oppo F7 dibekali baterai berkapasitas 3400 mAh. Fitur Smart Battery Management mempelajari pola penggunaan dan kebiasaan kamu saat menggunakan smartphone. Setelah itu, sistem Oppo F7 akan menyesuaikan pemakaian baterai sesuai kebiasaanmu dengan cara menunda atau menutup aplikasi yang jarang digunakan. Cara ini diklaim efektif untuk menghemat baterai.

Fitur Menarik di Oppo F7

Tak ketinggalan, selain membawa sensor pemindai sidik jari di bodi belakang, Oppo F7 juga dibekali fitur pengenal wajah. Dengan mengandalkan kamera depan beresolusi tinggi dan teknologi AI Recognition, F7 dapat mengenali pemiliknya dengan cepat. Smartphone ini mampu mengenali hingga 128 titik unik di wajahmu, jadi smartphone ini dijamin tidak akan salah mengenali siapa pemiliknya.

Harga Oppo F7 Terbaru

Semenjak pertama kali diluncurkan, Oppo F7 dilepas ke pasaran dengan harga yang cukup menarik yakni Rp 3.5.000. Mengingat spesifikasi yang ditawarkan cukup menarik dan kualitas kamera yang mungkin tak perlu diragukan lagi, harga hp Oppo sebesar itu sepertinya masih cukup layak untuk kamu beli. Oppo F7 ini Sultan rekomendasikan untuk kamu yang suka smartphone unik dengan kamera di atas rata-rata.

Categories: Oppo Review
Related Post