Review Meizu 16th Spesifikasi Flagship Terbaru, Harganya ?

Meizu 16th diluncurkan bersama 2 hp lain yaitu Meizu C9 dan Meizu M6T. Ke-3 hp Meizu terbaru diperkenalkan setelah kurang lebih 6 bulan vakum tidak meluncurkan hp baru sama sekali. Setelah Meizu berhasil membenahi manajemen, kini brand terkenal asal Guangdong, China siap bersaing di panasnya persaingan pasar hp Indonesia. Sebagai pemain lama, Meizu siap bersaing ketat dengan vendor hp lain asal China seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Salah satu hp andalan Meizu untuk menandakan comeback-nya ke pasar Indonesia adalah Meizu 16th. Hp 16th didesain untuk menyasar segmen menengah atas. Dari segi spesifikasi, 16th punya spesifikasi kelas flagship yang canggih dan kencang. Penasaran berapa harga dan spesifikasi Meizu 16th ?

Harga Meizu 16th Terbaru

Meizu 16th dijual dengan harga perdana Rp 7.999.000. Di kisaran harga yang sama, hp ini punya banyak pesaing kuat, salah satunya adalah Asus ZenFone 5Z. Jika dibandingkan ZenFone 5Z, Meizu seri 16th memang punya beberapa fitur canggih. Selain itu, dari desain hp ini juga tidak mau ikut-ikutan dengan hp lain yang kebanyakan mengusung layar poni. Dari segi desain layar dan spesifikasi, hp ini lebih mirip Samsung Galaxy S9 versi murah. Penasaran seperti apa spesifikasinya ?

Spesifikasi Lengkap Meizu 16th

Platform
OS Android 8.0 Oreo
Prosesor Qualcomm Snapdragon 845
Kecepatan Octa-core (4 x 2.8 GHz & 4 x 1.7 GHz Kryo 385)
GPU Adreno 630
Memori
RAM 6GB/8GB
Memori Internal 64GB/128GB
Memori Eksternal
Kamera
Depan 20MP F2.0, AI Face
Belakang 12MP F1.8 + 20MP F2.6, 3x Optical Zoom Mode, OIS Main Camera
Video 1080p@30fps
Fitur 3x Optical Zoom Mode, Laser Focus, Dual ISP, Intelligent Bokeh Mode, ArcSoft
Layar
Tipe Super AMOLED
Luas 6.0 Inci
Resolusi Full HD+, 2160 x 1080 piksel
Bodi
Dimensi 150.5 mm x 73.2 mm x 7.3 mm
Berat 152 g
Baterai Li-Ion 3010 mAh
Pilihan Warna Moonlight White, Midnight Black
Konektivitas
SIM Dual SIM
Jaringan GSM/HSPA/LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
NFC
Port Jack Audio 3.5mm
USB 2.0, Type-C 1.0

Layar Super AMOLED dan Minim Bezel

Meizu 16th memiliki layar seluas 6 inci. Layar berjenis Super AMOLED besutan Samsung COF menghasilkan warna yang lebih lembut dan detail lebih tajam. Tak seperti hp kebanyakan, Meizu seri 16th tidak mau ikut-ikutan mengusung layar berponi. Tampilan layar hp ini lebih mirip Samsung Galaxy S9 atau Galaxy Note 9. Layar hp ini tidak berponi namun bezel di setiap sisinya dibuat setipis mungkin. Di kiri dan kanan tebal bezel hanya 1.43 mm sementara di atas tebal bezelnya hanya 7 mm.

Cover depan hp didominasi 89.57% oleh layar. Tidak ada tombol navigasi di bawah layar. Untuk memudahkan Anda bernavigasi Meizu menggunakan mode gesture Meizu Flyme. Kamu bisa menggunakan beberapa gesture jari untuk kembali ke halaman utama, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, dan lain sebagainya. Keuntungan dari mode gesture pada hp ini adalah memudahkan kamu untuk pindah ke halaman atau aplikasi lain tanpa harus menyentuh tombol navigasi yang biasanya diletakan di bawah layar.

Sensor Sidik Jari di Dalam Layar

Meizu 16th punya fitur canggih kekinian yaitu sensor sidik jari di dalam layar. Fitur yang pertama kali ada di Vivo V11 Pro ini memudahkan kamu untuk buka kunci layar dan masuk aplikasi yang terkunci. Untuk buka kunci layar cukup sentuh area tertentu di layar. Respon sensor sidik jari cukup cepat untuk membuka kunci layar. Sensor sidik jari di dalam layar disesuaikan ulang agar bisa dipasang di dalam panel layar Super AMOLED yang tipis.

Performa Kencang Meizu 16th, Secanggih Apa ?

Meizu 16th diperkuat processor Qualcomm Snapdragon 845. Processor dengan CPU Kryo 385 kelas flagship ini punya kecepatan super tinggi hingga 2.8 GHz. Tambahan GPU Adreno 630 generasi terbaru dengan fabrikasi 10nm menghasilkan grafis super halus saat bermain game kelas berat. Tak sampai di situ, performa processor yang kencang juga dibantu RAM besar 8GB agar memudahkan bekerja multitasking. Yang menarik, ROM kapasitas 128 GB siap untuk menampung semua data dan aplikasi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Suhu panas adalah masalah yang paling banyak dikeluhkan pengguna hp, terlebih saat main game berat. Supaya hp tidak cepat panas, Meizu menambahkan komponen Water Cooling di processor. Komponen pendingin ini terbuat dari pipa tembaga setipis 0.4 mm. Saat suhu processor atau SoC memanas, uap air di dalam pipa pendingin akan membawa panas lebih cepat keluar processor. Setelah panas yang dibawa uap air didinginkan dan berubah menjadi cair kembali, uap akan kembali lagi mendinginkan processor.

Spesifikasi Kamera Meizu 16th

Meizu 16th mengusung sistem dual kamera dengan resolusi masing-masing 12MP dan 20MP.  Kamera utamanya beresolusi 12MP dengan bukaan lensa F1.8. Sementara itu, kamera beresolusi 20MP punya bukaan lensa F2.6. Kamera 12MP dengan bukaan lensa lebar menghasilkan foto jelas saat diambil di pencahayaan rendah. Kamera 20MP dengan bukaan lensa lebih sempit bisa menghasilkan foto jelas saat diambil di kondisi outdoor siang hari.

Sebagai tambahan, sensor SONY IMX380 dikombinasikasi dengan IMX350 supaya bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh profesional seperti diambil dengan kamera digital. Meizu 16th juga dilengkapi kemampuan optical zoom hingga 3x. Kemudian supaya gambar yang dijepret terlihat baik, gambar yang diambil kamera diproses oleh ISP 280 Spectre di dalam Snapdragon 845 agar terlihat lebih detail dan efek yang diterapkan lebih natural.

Sama seperti hp kebanyakan, Meizu 16th juga didukung teknologi AI (kecerdasan buatan). Teknologi AI Engine yang ada di Snapdragon 845 dapat mengenali objek. Setelah hp mengenali objek, hp secara otomatis aplikasikan pengaturan yang paling tepat secara otomatis. Sebagai contoh misalnya kamera ini mengenali objek adalah bayi, hp akan secara otomatis mematikan lampu flash supaya tidak menyilaukan mata bayi tersebut. Teknologi AI juga hadir di kamera depan beresolusi 20MP. Teknologi AI dengan ArcSoft dapat mengenali usia, jenis kelamin, dan kulit subyek lalu mengaplikasikan efek Beautify yang paling sesuai.

Kesimpulan: Apakah Meizu 16th Layak Dibeli ?

Hp Meizu 16th cukup pantas untuk dijadikan hp kelas flasghip. Performa tinggi berkat processor Snapdragon 845, RAM besar, dan kamera canggih menjadikan alasan kenapa hp ini pantas bersanding dengan hp kelas menengah atas lain. Pesaing yang paling kuat untuk Meizu 16th di kelas harga 7 jutaan adalah Asus ZenFone 5Z. Dibanding ZenFone 5Z, kapasitas ROM Meizu 16th lebih kecil.

Selain itu, Meizu 16th juga tidak memiliki lensa wide-angle dan hanya fokus ke kamera dengan dua bukaan lensa berbeda. Namun tak bisa dipungkiri, kelebihan Meizu 16th dari ZenFone 5Z ada di layar. Meizu seri 16th sudah menggunakan layar Super AMOLED dan teknologi sensor sidik jari di dalam layar. Jadi apakah Meizu 16th layak dibeli ? Jawabannya adalah iya, terutama jika Anda mendambakan hp kelas flagship dengan performa kencang dan layar memukau.

Categories: Meizu Review
Related Post