Review HP Gaming: Razer Phone (Harga dan Spesifikasi)

Razer Phone merupakan sebuah perangkat smartphone yang diperuntukan bagi kamu yang doyan nge-game. Bagi kamu yang gamer pasti udah nggak asing lagi dengan merek ini. Merek ini udah berpengalaman menproduksi periferal gaming kelas wahid yang udah sering digunakan untuk kompetisi. Razer mencoba peruntungannya di dunia smartphone dengan Razer Phonenya ini karena pasar mobil gaming udah semakin berkembang. Nah, kali ini Sultan mau ngebahas smartphone besutan Razer ini nih, dan mau buktiin apakah Razer mampu memberikan performa dan kenyamanan dalam mobile gaming? Mari kita bahas guys!

Spesifikasi Razer Phone

Platform
OSAndroid 7.1 Nougat
ProsesorQualcomm MSM8998 Snapdragon 835
KecepatanOcta-core (4×2.35 GHz Kyro & 4×1.9 GHz Kyro)
GPUAdreno 540
Memori
RAM8 GB
Memori Internal64 GB
Memori EksternalmicroSD, up to 400 GB (SIM 2 slot)
Kamera
Depan8 MP (f/2.0)
Belakang12 MP (f/1.8, 25mm, 1/2.6), 2x optical zoom, phase detection autofocus, OIS, dual-LED dual-tone flash.
Video[email protected]
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Layar
TipeIGZO IPS LCD
Luas5.7 inci (72.7% screen to body ratio)
Resolusi1440 x 2960 pixels, 16:9 ratio (~515 ppi density)
Bodi
Dimensi158.5 x 77.7 x 8 mm (5.81 x 2.70 x 0.33 inci)
Berat197 g
BateraiLi-Ion 4000 mAh non-removable
Pilihan WarnaBlack
Konektivitas
SIMNano-SIM
JaringanGSM/HSPA/LTE
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, LE
GPSA-GPS
NFCYes
Port
USBType-C 1.0 reversible connector
Lainnya
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass,
TeknologiFast battery charging 24W (Quick Charge 4+)

Harga Razer Phone

Akhir-akhir ini biasanya produk-produk yang diberi label gaming pasti dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Seperti produk laptop dan smartphone dari ASUS yang diberi label ROG (Republic of Gamers) yang dijual dengan harga 10 juta keatas, begitu juga Razer Phone ini. Razer Phone dihadirkan di beberapa store di Indonesia dengan harga 9,5 jutaan. Walaupun harganya tidak semahal iPhone bahkan harganya masih sedikit di bawah harga baru iPhone 7. Kamu tertarik dengan HP razer ini? Kamu bisa mengeluarkan kocek sebesar Rp 9,5 juta rupiah untuk perbuahnya.

Performa Razer Phone

Apa yang muncul di kepalamu ketika mendengar sebuah produk dengan label gaming? Desain futuristik? Spesifikasi tinggi? Bermain game tanpa ngelag pada pengaturan grafik rata kanan? Ya Razer Phone merupakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepalamu. Razer Phone menggunakan prosesor dengan platform Qualcomm MSM8988 Snapdragon 835 yang memiliki inti berjumlah 8 buah (4×2.35 Kyro dan 4×1.9 Kyro). Di samping itu, smartphone gaming besutan produsen yang udah banyak membuat produk-produk seperti keyboard dan mouse ini ditanamkan memori sebesar 8 GB RAM dan memori internal sebesar 64 GB. Kalau kamu merasa kurang dengan memori internalnya, kamu bisa menambahkan dengan microSD hingga 400 GB.

Untuk gaming, dengan perpaduan prosesor Snapdragon 835 dan GPU Adreno 540, Razer Phone udah tentu bisa mainin game-game dengan grafis 3D dengan detil tinggi seperti Titan Fall: Assault, Injustice 2, dan beberapa game keren lainnya. Razer Phone juga dilengkapi dengan fitur pengaturan refresh rate pada layar. Kamu bisa mengaturnya hingga ke 120 Hz. Tentunya ketika main game yang mendukung refresh rate tinggi seperti Tekken, Titanfall: Assault, Real Racing 3, dan Final Fantasy XV: Pocket Edition, kamu bakal nemuin performa gaming yang mulus tanpa lag, stutter, dan screen tearing. Tapi sayangnya nggak semua game mendukung refresh rate tinggi. Untuk menghemat baterai pengguna bisa mengatur refresh rate ke paling terkecil karena 120 Hz cukup memakan banyak daya.

Review Razer Phone

Desain dan Layar Razer Phone

Razer Phone hadir dengan desain yang garang dengan warna hitam dove dan logo Razer di belakangnya. Bentuknya yang kotak dengan sudut yang nggak melengkung menurut Sultan agak kurang enak kalau dipakai game dengan waktu lama. Untuk layar Razer Phone muncul dengan resolusi 1440 x 2560. Udah tentu dengan resolusi segitu bakal munculin gambar tajam yang enak buat streamig YouTube ato Netflix. Razer nggak menggunakan layar Super AMOLED selayaknya beberapa smartphone flagship milik beberapa merek seperti Samsung, Asus , dan lain-lain

Material yang digunakan untuk smartphone ini, Razer menggunakan alumunium. Bodinya cukup kokoh walaupun memiliki bobot yang cukup berat untuk HP berdimensi ukuran 158.5 x 77.7 x 8 mm. Refresh ratenya pun bisa pengguna atur hingga ke 120 Hz. Layarnya hadir dengan ukuran 5.7 inci dengan rasio 16:9.

Review Razer Phone

Kamera Razer Phone

Razer Phone Hadir dengan kamera ganda untuk kamera belakang yang memiliki resolusi 12 MP dengan aperture f/1.8, 25 mm dan f/2.4. Selain itu kamera depan memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.0. Kamera utamanya memiliki fitur geo-tagging, fokus sentuh, pendeteksi wajah, panorama, dan HDR. Meurut Sultan fiturnya cukup banyak.

Untuk merekam video pengguna bisa merekamnya hingga ke resolusi 2160p dengan frame rate sebesar 30 fps. Menurut Sultan performa kameranya biasa aja. Bila dibandingkan dengan beberapa HP seperti Samsung Galaxy S8 atau S7, kameranya nggak sehebat produk flagship dari Samsung tersebut.

Demikian review Sultan buat Razer Phone ini. Buat kamu yang tertarik, mungkin Sultan bilang tunggu update-an dari Razer karena beberapa darinya butuh perbaikan.

 

Leave a Comment