Cara Menghitung Inci Layar Hp / Smartphone Android & iPhone

Cara Menghitung Inci Layar Hp – Saat ini ukuran layar hp atau smartphone Android dan iPhone semakin lama makin besar. Jika dulu hp atau smartphone memiliki ukuran layar rata-rata 3 hingga 4 inci, saat ini ukuran layar jadi semakin besar hingga ada yang menyentuh 6 inci lebih. Ukuran layar yang semakin besar ini dikarenakan kini makin banyak konsumen yang menginginkan tampilan visual lebih luas. Selain itu, jika dulu hp atau smartphone hanya digunakan chatting atau browsing, kini konsumen ingin smartphone juga bisa untuk menonton film dan bermain game. Jadi secara otomatis, jika ukuran layar semakin besar tentu makin memuaskan.

Pernahkah kamu penasaran bagaimana cara menghitung inci layar hp yang benar. Kenapa ukuran hp bisa berbeda-beda meskipun ukuran layarnya sama ? Berikut ini HPSultan akan menjelaskan cara menghitung berapa inci layar hp atau smartphone.

Cara Menghitung Inci Layar Hp atau Smartphone

Sebelum mempelajari bagaimana cara menghitung inci layar hp, sebelumnya kamu harus tahu satuan inci dalam cm. Satuan inci biasa digunakan secara global untuk mengitung panjang unit elektronik. Sedangkan perhitungan inci di Indonesia sendiri tidak terlalu familiar karena lebih sering menggunakan cm (centimeter). Inci biasanya ditulis dengan simbol tanda petik ganda (“), misalnya 4″, 5″, atau 6”. Jika dikonversi ke cm, 1 inci sama dengan 2.54 cm. Nah setelah tahu satuan inci, selanjutnya kita bahas bagaimana cara hitung berapa inci layar hp kamu.

Hitungan luas layar inci pada hp atau smartphone Android dan iOS tidak dihitung dari panjang x lebar seperti saat kita menghitung luas persegi panjang. Ukuran inci layar hp dihitung dari panjang diagonalnya. Diagonal layar Hp adalah sisi miring dari layar. Jika ingin menghitung ukuran layar hp, kamu bisa gunakan penggaris. Hitung dari ujung kanan bawah layar ke ujung kiri atas layar. Contohnya seperti di gambar berikut ini:

Cara menghitung inci layar smartphone android iphone

Cara Menghitung Ukuran Rasio Layar Hp atau Smartphone

Selain inci, saat mengukur layar hp atau smartphone biasanya kita akan menemukan istilah rasio. Rasio layar adalah perbandingan antara panjang dan lebar layar. Rasio layar smartphone pada umumnya 16:9. Jadi misalnya panjang layar adalah 10 cm maka lebarnya adalah 5.625 cm. Saat ukuran layar hp atau smartphone semakin besar rasio layar yang banyak digunakan produsen adalah 16:9. Meskipun panjang dan lebar layar setiap produk berbeda namun jika dihitung rasionya tetap sama yakni 16:9.

Kenapa Semua Rasio Layar Hp atau Smartphone Sama ?

Alasan kenapa semua produsen ‘sepakat’ membuat smartphone dengan rasio layar yang sama adalah karena mempertimbangkan konten web atau tampilan sistem operasi. Tampilan sistem operasi populer saat ini dirancang agar pas ditampilkan pada layar dengan rasio 16:9. Oleh karena itu, jika ada produsen yang tidak membuat layar dengan perbandingan rasio yang sama, tampilan antarmuka sistem operasi dan aplikasi akan terlihat aneh.

Apa itu Rasio Layar 18:9 pada Hp atau Smartphone ?

Rasio layar 18:9 adalah ukuran perbandingan panjang dan lebar terbaru yang menjadi tren di smartphone atau hp pintar keluaran terbaru. Perbandingan rasio layar ini mulai diperkenalkan ke pasaran luas pada 2017. Jika dilihat dari segi fisik, layar dengan rasio 18:9 cenderung lebih panjang atau tinggi. Kenapa produsen mulai membuat layar berasio 18:9 ? Alasannya adalah karena saat ini konsumen semakin menginginkan layar yang lebih luas atau lebar dan memiliki resolusi lebih tinggi.

Cara menghitung inci layar hp smartphone android iphone terbaru

Salah satu kelebihan layar dengan rasio 18:9 dibanding 16:9 adalah dapat menampung piksel lebih banyak supaya gambar terlihat lebih tajam. Jika dulu layar berasio 16:9 hanya dibekali resolusi HD atau Full HD, kini berkat layar 18:9, resolusi layar bisa lebih tinggi menjadi HD+ atau Full HD+. Resolusi dan jumlah piksel yang lebih banyak membuat gambar pada layar terlihat lebih detail sehingga browsing dan nonton film jadi lebih nyaman.

Lalu jika ditanya apakah ukuran layar 5.8 inci dengan rasio 16:9 sama dengan layar 5.8 inci berasio 18:9 ? Jawabannya adalah tidak. Kamu perlu ingat kembali bahwa ukuran layar adalah panjang diagonal dari layar itu sendiri. Walau sama-sama memiliki luas 5 inci, namun karena perbandingan panjang dan lebarnya berbeda maka dari segi fisik kedua layar ini juga terlihat berbeda. Layar 18:9 terlihat lebih ‘kurus’ dan tinggi dibanding 16:9.

Cara menghitung inci layar hp smartphone android iphone

Lebih Baik Hp Layar Besar atau Kecil ?

Jika ditanya manakah yang lebih baik, layar berukuran besar atau kecil? Jawabannya adalah tergantung usernya itu sendiri. Ada orang yang lebih suka hp berlayar kecil 4 – 5 inci karena lebih mudah digenggam dan dikantongi. Tapi ada juga orang yang lebih suka layar besar 5.5 – 6 inci karena lebih puas untuk digunakan menonton atau bermain game. Jadi jika kamu termasuk orang yang lebih suka hal praktis, dan lebih intens komunikasi melalui WhatsApp, BBM, SMS, atau telepon Hp berlayar kecil cukup ideal. Namun jika kamu lebih sering menonton, browsing, dan main game pilihlah hp berlayar besar karena lebih memuaskan. Tapi Hp layar besar ternyata juga punya kekurangan di antaranya adalah: susah dikantongi dan cenderung lebih boros baterai apalagi jika resolusinya juga tinggi.

Apa itu Layar dengan Minim Bezel ?

Nah, selain ukuran dan rasio layar ada juga istilah layar minim bezel atau biasa disebut Fullview atau Full Screen. Bezel sendiri adalah frame atau bingkai yang ada di sisi kiri, kanan, atas, dan bawah layar. Frame atau bezel bisa dianggap sebagai penyebab kenapa ukuran smartphone lama-lama semakin besar. Layar besar yang dibarengi bezel tebal membuat ukuran hp terasa semakin bongsor. Hp yang besar tentu tidak nyaman untuk digunakan bukan? Oleh karena itu, banyak produsen yang mulai berinovasi untuk membuat hp ringkas namun memiliki ukuran layar besar.

Cara menghitung inci layar hp

Cara yang paling efektif mewujudkan inovasi tersebut adalah dengan memangkas tebal bezel di setiap sisi layar. Jadi intinya, space kosong yang selama ini ditempati bezel digunakan untuk layar. Karena bezel semakin tipis dan semua bagian kosong dimanfaatkan untuk layar sehingga hp atau smartphone berukuran kecil sekarang bisa ‘menampung’ ukuran layar yang lebih besar. Beberapa contoh hp yang sudah mengadopsi desain layar minim bezel ini adalah Oppo F7 dan F7 Pro. Selain itu, Oppo juga punya varian hp lain yang bezel di setiap sisinya nyaris 0% alias tidak ada sama sekali yaitu Oppo Find X. Tak hanya Oppo, ada juga produsen lain yang menciptkan smartphone dengan layar minim bezel, kamu bisa membaca artikelnya di sini.

Cara menghitung inci layar hp smartphone android Oppo Find x Terbaru

Layar dengan ukuran layar besar tentu memberi kepuasan sendiri bagi penggunanya. Terutama jika pengguna Hp tersebut suka browsing, streaming video, atau main game. Namun di sisi lain, Hp berlayar besar sepertinya kurang cocok untuk orang dengan mobilitas tinggi. Alasannya adalah karena hp layar besar cenderung sulit dikantongi. Solusi yang paling tepat jika kamu menginginkan hp ringkas dengan layar besar adalah membeli Hp dengan layar minim bezel atau Full Screen (layar penuh). Semoga artikel cara menghitung inci layar hp, rasio, dan layar minim bezel bermanfaat untuk menambah pengetahuanmu.

Leave a Comment