4 Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge dengan Mudah

iPhone tidak bisa di charge padahal sudah dicolok listrik semalaman ? Yak permasalahan klasik ini memang cukup sering dialami oleh pengguna hp baik Android maupun iPhone. Hp tidak bisa di charge adalah salah satu masalah yang paling sering dialami setelah menggunakan hp dalam waktu lama.

Penyebabnya ada banyak dan untuk mengetahui apa penyebabnya, kamu perlu memperhatikan beberapa komponen iPhone yang berhubungan dengan pengisian daya. Kalau iPhone kamu mengalami masalah ini, jangan buru-buru bawa ke service center karena siapa tahu bisa diperbaiki sendiri.

Ciri-Ciri Charger iPhone Rusak

Beberapa pengguna iPhone, terutama tipe lama kerap kali mengalami keluhan iPhone tidak bisa dicharge. Ciri-ciri iPhone yang paling umum dialami pengguna adalah:

  • Pengisian daya lebih lama karena port sudah rusak
  • Kabel charger mudah lepas karena port charger longgar
  • iPhone tidak bisa dicharge meskipun sudah diganti dengan charger baru
  • Sambungan listrik dari kabel sering putus nyambung
  • Baterai cepat terisi, tapi juga cepat habis.

Cara Memperbaiki iPhone Tidak Bisa di Charge

1. Cek Kabel dan Adaptor Charger

Kalau iPhone tidak bisa di charge, coba cek kondisi kabel USB dan adaptor charger. Meskipun dikenal sebagai hp mahal, bukan berarti semua komponen pendukung iPhone punya kualitas bagus. Kabel charger iPhone paling sering dikeluhkan banyak pengguna karena mudah rusak.

Penyebab kabel charger iPhone mudah rusak adalah karena tidak menggunakan bahan PVC sehingga mudah terkelupas. Selain itu, leher kabel tidak dilengkapi strain relief sehingga ketika kabel tertekuk, bagian leher (sambungan kabel ke konektor) kabel lebih mudah patah.

Nah jika kamu menemukan kerusakan pada kabel atau adaptor charger, wajar saja iPhone tidak bisa di charge. Untuk memastikan kabel dan adaptor rusak, gunakan untuk isi daya iPhone lain.

Jika hp Apple lain tidak bisa di charge juga, bisa dipastikan kabel dan adaptor kamu rusak. Segera beli kabel dan adaptor baru yang bersertifikat MFI (Made for iPhone/iPad/iPod).

2.  Cek Port Lightning

Kalau kabel dan adaptor charger kamu tidak bermasalah, bisa jadi penyebab hp tidak bisa di charge adalah karena port pengisian daya atau charger port kotor. Port charger yang kotor karena debu bisa menggangu proses pengisian daya. Debu yang menumpuk pada konektor bisa menghalangi arus listrik antara pin konektor pada iPhone dan pin charger pada kabel USB.

Cara membersihkan port Lightning pada iPhone sangat mudah. Pertama siapkan kain tipis halus dan bersih. Bersihkan setiap celah port Lightning dengan seksama. Setelah itu, tiup port Lightning dengan mulut atau blower kecil. Jika kondisi port sudah bersih, coba colokan kabel charger ke iPhone kembali.

3. Coba Reset Ulang iPhone

Jika hp Apple kamu masih tidak bisa di charge, coba restart ulang hp kamu. Jika setelah di restart iPhone tetap tidak bisa diisi ulang dayanya, coba reset ulang iPhone kamu. Reset atau factory reset adalah mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik.

Factory reset akan menghapus semua setingan dan eror yang terjadi pada iPhone. Factory reset perlu dicoba karena siapa tahu penyebab iPhone tidak bisa di charge adalah karena ada eror pada iPhone.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan data-data iPhone sudah di backup ke komputer atau layanan iCloud. Cara factory reset iPhone berbeda-beda tergantung tipe atau model iPhone. Untuk mengetahui cara factor reset iPhone lebih lengkap bisa klik di sini.

4. Update iOS iPhone

Pada Oktober 2018, pengguna iPhone Xs dan Xs Max mengalami bug serius yang menyebabkan perangkat tidak bisa di charge secara normal. Walaupun sudah dicolok ke listrik, layar tidak menunjukan status baterai sedang terisi.

Yang lebih parah, meskipun sudah diisi ulang lama baterai iPhone tidak bisa di charge sama sekali. Setelah diselidiki, ternyata penyebab masalah ini adalah karena ada bug pada sistem operasi iOS 12 yang dirilis sebulan sebelumnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Apple langsung merilis update terbaru sistem operasi iOS 12.01. Pembaharuan sistem operasi ini memperbaiki masalah charging pada iPhone Xs dan Xs Max saat dihubungkan ke listrik.

Dari kejadian ini, bisa disimpulkan bahwa tidak selamanya penyebab hp gak bisa di charge karena masalah hardware. Faktor software (piranti lunak) bisa juga menjadi penyebab hp Apple tidak bisa di charge.

Cek Spesifikasi Hp iPhone Terbaru

Informasi mengenai bug pada piranti lunak iOS pada iPhone bisa kamu cari tahu dari forum atau portal berita. Atau jika ada pengguna hp di sekitarmu yang mengalami hal serupa, bisa jadi penyebab sebenarnya iPhone tidak bisa di charge adalah karena ada permasalahan di piranti lunak.

Tips Mencegah Charger iPhone Rusak

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah iPhone tidak bisa di charge, yaitu:

  • Rutin membersihkan port charger iPhone agar bebas debu yang menghambat arus listrik
  • Gunakan konektor charger magnetik untuk mencegah lubang charger cepat aus (longgar)
  • Gunakan aksesoris kabel dan kepala charger original atau sudah berlisensi MFi (Made for iPhone)
  • Jangan sering cabut pasang kabel charger, tunggu sampai baterai terisi penuh
  • Untuk iPhone terbaru, Anda bisa gunakan wireless charging untuk mengurangi frekuensi cabut pasang kabel charger.

Sejauh pengetahuan Sultan, Apple cukup cepat merespon dan memperbaiki bug di iOS. Jadi tak perlu khawatir kalau ada kendala pada iOS di iPhone, yang perlu dilakukan adalah sabar menunggu update iOS terbaru.

Categories: Info
Related Post