Cara Blokir YouTube di Hp Android dengan Mudah (100% Ampuh)

Halo semua, kali ini HPSultan mau membahas bagaimana cara blokir YouTube di Hp Android dan Playstore. Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan semua informasi bisa dicari dalam waktu singkat. Apalagi dengan berkembangnya gadget atau Hp Android, cukup dengan bermodalkan pulsa kamu sudah bisa berjuta-juta konten di internet dari tangan sendiri. Dengan Hp Android, kamu tidak hanya bisa mengakses website saja namun juga bisa social media, foto, dan video dari layanan streaming populer YouTube.

Cara blokir YouTube di Hp Android

YouTube adalah layanan streaming video online yang memungkinkan setiap orang di dunia bisa berbagi dan menonton konten video. Video dari YouTube juga sering dijadikan media pembelajaran karena melalui video kita bisa berbagi tips dan tutorial dengan lebih atraktif. Selain itu, kita juga bisa menonton berbagai macam hiburan seperti Vlog, dokumentari, kartun atau animasi, dan lain sebagainya. Meski  banyak hal positif yang bisa diambil dari YouTube, namun ternyata ada juga hal negatifnya, terutama bagi anak-anak. Apa saja dampak positif dan negatif YouTube ?

Dampak Positif & Negatif YouTube (Perlukah Blokir YouTube?)

Dengan YouTube, kamu tidak perlu lagi mencari-cari cara untuk menangani suatu masalah. Cukup dengan buka YouTube kamu bisa menemukan beragam macam tutorial atau tips menangani masalah. Berikut ini dampak positif YouTube:

Dampak Positif YouTube

  • Mendorong orang-orang supaya bisa belajar secara otodidak. Kini untuk belajar masak memasak kamu tidak perlu mencari orang yang ahli. Kamu bisa belajar cara memasak yang benar dan mempelajari resep makanan melalui streaming video di YouTube. Tak hanya memasak, kamu juga bisa pelajari banyak hal dari YouTube, dengan begini kamu bisa terdorong untuk belajar secara otodidak
  • Media pembelajaran siswa siswi. YouTube dapat membantu siswa atau siswi mempelajari suatu materi pembelajaran secara visual. Melalui video, materi pembelajaran akan lebih mudah diserap. Selain itu, banyak pembuat konten YouTube yang membuat materi video pembelajaran yang lebih atraktif supaya penonton bisa lebih mudah memahami materi pembelajaran
  • Sumber pengetahuan umum. Kini untuk mempelajari suatu budaya, riwayat hidup tokoh terkenal, atau bahkan kehidupan flora dan fauna di alam bebas bisa dipelajari langsung melalui YouTube. Jadi kamu tidak perlu capek mencari konten di website, semua yang kamu butuhkan bisa ditonton langsung di YouTube
  • Mendorong Orang untuk Lebih Kreatif. Banyak kreator YouTube yang mengemas videonya secara kreatif agar menarik banyak orang untuk menontonnya. Karena banyaknya kreatifitas yang tersaji di YouTube, penonton setia YouTube akan terangsang supaya bisa berpikir kreatif untuk menciptkan konten hiburan yang lebih seru. YouTube juga bisa dijadikan acuan bagaimana cara membuat konten video lucu dan menarik dengan durasi terbatas.

Dampak Negatif YouTube

  • Banyak Konten bermuatan SARA. Tak bisa dipungkiri, di YouTube masih banyak konten berbau SARA (Seks, Agama, Ras, Antargolongan). Konten yang menyinggung SARA ini tentu sangat berbahaya jika ditonton oleh anak-anak. Tidak seperti TV yang memiliki badan sensor untuk menyensor SARA, YouTube kurang handal untuk menyaring konten mana saja yang berbau SARA. Selama ini YouTube hanya mengandalkan bahasa pemrograman dan laporan pengguna untuk memblokir konten negatif. Konten SARA bisa muncul hingga jutaan setiap harinya, maka bisa saja ada satu dua konten negatif yang tak sengaja ditonton oleh anak
  • Banyak konten mengandung kekerasan. Baik secara verbal maupun fisik, konten kekerasan di YouTube sangat banyak jumlahnya. Kemampuan menyaring konten kekerasan di YouTube juga terbatas. Konten yang mengandung kekerasan sangat berbahaya bagi anak-anak karena mereka bisa mencontohnya
  • Membuat Orang Mudah Terpengaruh Budaya Negatif. Budaya negara lain yang sering bersebrangan oleh budaya Indonesia memang sangat baik untuk dipelajari. Namun, jika orang yang menonton belum bisa membatasi diri atau mengetahui mana yang baik dan buruk bisa saja terpengaruh oleh budaya luar yang mungkin lebih bebas.

Anak-anak yang belum memiliki Hp Android biasanya meminjam Hp orangtuanya untuk menonton YouTube. Nah jika kamu gak mau anak-anak terpengaruh dampak negatif YouTube, kamu bisa lho mengetahui cara blokir YouTube di Hp Android dengan mudah. Selain itu, jika anak kamu punya Hp sendiri kamu bisa blokir YouTube di Hp anakmu dengan cara berikut ini:

Cara Blokir YouTube di Hp Android

Jika kamu tidak ingin anak-anak mengakses YouTube kamu bisa melarang mereka untuk tidak menginstal aplikasi YouTube di Hp Android mereka. Namun jika anakmu masih meminjam Hpmu sendiri untuk akses YouTube kamu bisa menyembunyikan YouTube di Hp Android supaya tidak bisa digunakan oleh mereka.

Cara Menyembunyikan YouTube di Hp Android

YouTube merupakan salah satu aplikasi bawaan Android. Oleh karena itu, beberapa tipe Hp mungkin tidak akan mengizinkan kamu untuk meng-uninstalnya. Supaya anak atau orang lain tidak bisa mengakses YouTube dari Hp Android, kamu bisa menyembunyikan aplikasi tersebut. Kamu bisa instal beberapa aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi seperti: Hide App-Hide Application atau Privacy Hider. Kedua aplikasi tersebut HPSultan cukup baik untuk menyembunyikan aplikasi seperti YouTube. Karena merupakan aplikasi resmi di PlayStore, maka semua tipe Hp Android bisa memasangnya. Selain bisa menyembunyikan YouTube, aplikasi tersebut juga bisa menyembunyikan notifikasi sehingga Hp kamu terlihat benar-benar tidak memiliki YouTube.

Cara Mengunci YouTube di Hp Android

Cara menyembunyikan aplikasi di Hp Android di atas mungkin agak menyulitkan kamu karena harus instal aplikasi segala. Nah, kalau kamu gak mau pasang aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan YouTube dari Hp Android, kamu bisa kunci saja aplikasi tersebut. Fitur pengunci aplikasi mungkin tersedia di hampir semua tipe Hp Android. Rata-rata fitur tersebut dinamakan App Lock.

Cara blokir YouTube di Hp Android

Untuk mengakses fitur App Lock kamu bisa pergi ke menu Settings atau Pengaturan lalu cari opsi App Lock. Fitur ini akan mengunci akses ke YouTube dan aplikasi lain yang dikunci. Jadi jika ingin membuka YouTube, pengguna harus memasukan PIN, Password, atau pindai sidik jari. Jadi dengan fitur ini, kamu dapat menjaga anak atau teman agar tidak membuka YouTube atau aplikasi tertentu yang ada di Hp Androidmu. Cara blokir YouTube di Hp Android ini cukup mudah dan tak perlu pasang aplikasi tambahan.

Cara Blokir YouTube dari Konten Dewasa (SARA)

Jika kamu tetap ingin membiarkan anak mengakses YouTube, kamu bisa mengawasi apa yang ditonton anak di YouTube, atau membatasi konten yang ditampilkan di feed YouTube. Cara blokir YouTube di Hp Android dari konten dewasa atau berbau SARA adalah:

  • Dari halaman awal aplikasi, klik ikon akun kamu. Biasanya berbentuk foto bulat di ujung kanan atas
  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Pilih General atau Pengaturan Umum
  • Gulir halaman sampai menemukan Restricted Mode atau Pembatasan Mode
  • Aktifkan Restricted Mode.

Cara blokir YouTube di Hp Android

Restricted Mode akan menyembunyikan video-video yang berpotensi mengandung kekerasan, konten dewasa, dan berbau SARA. Fitur ini mungkin tidak bisa 100% menyembunyikan semua video yang mengandung konten yang berbahaya. Oleh karena itu, dibutuhkan partisipasi kamu untuk melaporkan jika suatu saat menemukan video yang berisi konten berbahaya bagi anak-anak.

Tips YouTube Aman untuk Anak

Tak bisa dipungkiri, YouTube memberikan akses ke setiap orang untuk mempelajari banyak hal baru, menikmati hiburan, dan memperluas wawasan. Namun konten yang mengandung kekerasan, SARA, dan pornografi tak bisa dihilangkan secara menyeluruh dari YouTube. Supaya anak-anak bisa tetap aman saat menonton video di YouTube kamu bisa memasang aplikasi YouTube Kids di Hpmu.

Cara blokir YouTube di Hp Android Kids

Aplikasi YouTube Kids adalah aplikasi yang paling aman untuk anak-anak. Aplikasi ini hanya menayangkan konten yang cocok untuk anak-anak saja, seperti animasi, media hiburan anak, dan konten edukasi. Aplikasi ini tidak akan menampilkan konten dewasa atau konten yang cocok ditonton oleh orang dewasa. Aplikasi YouTube Kids akan menyesuaikan konten yang ditayangkan dengan usia anak. Aplikasi ini dapat blokir video YouTube dari channel tertentu. Selain itu, ada juga fitur Timer untuk membatasi waktu menonton YouTube.

Cara Blokir Aplikasi di Playstore

Tak hanya YouTube, banyak aplikasi berbahaya bagi anak-anak berkeliaran di PlayStore. PlayStore adalah pusat aplikasi di Hp Android. Melalui PlayStore kamu bisa menemukan beragam jenis aplikasi yang bisa diinstal di Hp Android. Untuk membatasi aplikasi yang bisa diinstal dan cara blokir aplikasi berbahaya di Hp Android, kamu bisa lakukan langkah berikut ini:

  • Klik aplikasi PlayStore
  • Klik Opsi Menu Pengaturan yang dilambangkan dengan 3 buah garis horizontal
  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings
  • Pilih opsi ON pada Parental Control.

Cara blokir YouTube di Hp Android

Cara ini cukup ampuh untuk membatasi aplikasi yang bisa diinstal di Hp Android. Saat Parental Control aktif, semua aplikasi yang berbau konten dewasa dan kekerasan akan dihilangkan dari list aplikasi PlayStore. Cara ini bisa digunakan untuk melindungi anak dari konten dewasa yang ada di internet.

Cara blokir YouTube di atas cukup mudah kamu lakukan. Langkah di atas bisa kamu langsung terapkan untuk melindungi anak dari konten berbahaya, dewasa, dan berbau SARA. Selain itu, untuk melindungi privasi kamu saat menggunakan YouTube, kamu bisa menghapus riwayat penelurusan di Hp Android. Caranya bisa dengan klik link berikut ini >> Cara Menghapus Riwayat YouTube di HP. Lindungi anak-anak dari konten berbahaya, mengandung muatan seks, kekerasan, dan SARA dengan membatasi aplikasi dan konten yang bisa diakses melalui internet. Caranya ada banyak, bisa mulai dengan mengunci YouTube atau menyembunyikan aplikasi di PlayStore. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca.

Leave a Comment